Pengaruh Optimisme Terhadap Kesejahteraan Psikologis dalam Menghadapi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Abstrak: Pandemi covid-19 mengharuskan siswa belajar secara daring ataupun hybrid yang menyebabkan siswa mengalami masalah kesehatan mental terutama pada kesejahteraan psikologis. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh optimisme terhadap kesejahteraan psikologis siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang dalam menghadapi covid-19. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain ex post facto. Skala kesejahteraan psikologis dengan jumlah 48 item memiliki rentang nilai koefisien validitas 0,198 hingga 0,620 dan reliabilitas 0,865 sehingga dapat dikatakan valid dan reliabel. Selanjutnya Skala optimisme berjumlah 40 item memiliki rentang nilai koefisien validitas 0,200 hingga 0,664 dan reliabilitas 0,862 sehingga dapat dikatakan valid dan reliabel. Melalui teknik sampel tersebut diperoleh data sebanyak 161 siswa kelas X dari populasi 300 siswa kelas X SMA Negeri 1 Gondang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala optimisme dan skalakesejahteraan psikologis. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimisme berpengaruh terhadap kesejahteraan psikologis dengan koefisien determinasi (R2 = 0,252, ρ < 0,05). Artinya optimisme memberikan kontribusi terhadap kesejahteraan psikologis sebesar 25,2%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu melakukan penelitian dengan topik ini namun menggunakan metode penelitian lainnya seperti metode eksperimen. Bagi guru BK dapat membuat layanan BK yang membantu siswa dalam meningkatkan optimisme dan kesejahteraan psikologis siswa. Guru BK dapat memberikan layanan dasar maupun layanan responsif.
Kata kunci: optimisme, kesejahteraan psikologis, covid-19
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.