Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar

Main Article Content

Mihdatun Nisa
Alfiandy Warih Handoyo
Putri Dian Dia Conia

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of group guidance with problem solving techniques to increase learning independence in class X students of SMK Negeri 3 Serang City in the 2022/2023 academic year. The study used a pre-experimental method with one group pre-test and post-test design. Determination of the research sample using purposive sampling. The results of the pre-test showed that from a total of 227 students, 20 were in the low category, 180 were in the medium category, and 27 were in the high category. The results showed that the average pre-test was 50.6%, while the post-test increased by 77.5%. Testing the research hypothesis using the Wilcoxon Signed Rank Test, there are differences in the learning independence of students before and after treatment is carried out through group guidance with problem solving techniques. With Asymp results. Sig. (2-tailed) of 0.005 is lower than 0.05, then Ha is accepted and Ho is rejected. Thus, these results indicate that group guidance with problem solving techniques can increase the learning independence of class X students at SMK Negeri 3 Serang City in the 2022/2023 academic year.


Abstrak:


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan kemandirian belajar pada peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023.  Penelitian menggunakan metode pra-eksperimen dengan one group pre-test and post-test design. Penentuan sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Hasil pre-test menunjukkan dari total 227 peserta didik 20 berada pada kategori rendah, 180 berada pada kategori sedang, dan 27 berada pada kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre test sebesar 50,6% sedangkan post test terjadi peningkatan sebesar 77,5%.  Uji hipotesis penelitian menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, terdapat perbedaan kemandirian belajar peserta didik sebelum dan setelah dilaksanakan treatment melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Dengan hasil Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 lebih rendah dari 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas X SMK Negeri 3 Kota Serang tahun ajaran 2022/2023.

Article Details

Section
Articles

References

Abadi, B. C., & Wibawa, S. C. (2017). Penerapan Self Directed Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Komputer Jaringan. Jurnal IT-EDU, 2(1), 162-170.
Alexander., F. M. (2017). Pengunaan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII. Jurnal ALIBKIN, 5(3), 1-14.
Aulia, Z., & Armiati. (2019). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK Negeri 1 Padang Panjang. Jurnal EcoGen, 2(5), 811-821.
Bungangu, H., Kambey, M., & Sanger, R. (2021). Hubungan Kemandirian dan Fasilitas Dengan Prestasi Belajar Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Jurnal Edunitro, 1(2), 35-42.
Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ering, N. S., Mustapa, K., & Jura, M. R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Self Direct Learning Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur Atom di Kelas X SMAN 9 Palu. Jurnal Akademika Kim, 6(4), 227-231.
Febriana, S., Juliejantiningsih, Y., & Lestari, F. W. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Institut Indonesia Semarang. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 88-96.
Gusnita., Melisa., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Jurnal BSIS, 3(2), 286-296.
Hartoni, M. T. (2016). Kecemasan Bimbingan Skripsi dan Problem Solving pada Mahasiswa yang Sedang Menempuh Skripsi. Dectoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang.
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154.
Hasanah. (2019). Learning Time Management of Full Day School Students in Junior High School and Its Implication to Guidance and Counseling. Jurnal NeoKonseling, 1(3), 1-7.
Izdiharunnisa. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Strategi Coping Pada Siswa SMK Negeri 8 Medan. Skripsi, Universitas Sumatera Utara.
Maladani, A. A., & Binasar, S. S. (2021). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Bening, 5(1), 37-46.
Mustofa, A. B., & Widyasatuti, D. A. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving: Upaya untuk Meningkatkan Kontrol Diri dalam Menggunakan Media Sosial pada Siswa SMP. PROSIDING, 1(1), 35-42.
Prayitno. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok yang Behasil: Dasar dan Profil. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rosidah, A. (2016). Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Terisolir. Jurnal Fokus Konseling, 2(2), 136-143.
Saadah, A. N., Retnaningdyastuti., & Dian, P. (2020). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Dalam Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 11-19.
Sandyariesta, D., Yuliejantiningsih, Y., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas X. Empati-Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 118-128.
Sari, A., Muhsin, M., & Rozi, F. (2017). Pengaruh Motivasi, Sarana Prasarana, Efikasi Diri, dan Penyesuaian Diri Terhadap Kemandirian Belajar. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 923-935.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahputra, D. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Bimbingan Belajar Terhadap Kemampuan Memahami Jurnal Penyesuaian Pada Siswa SM Melati Perbaungan. Jurnal At-Tawassuth, 11(2), 368-388.
Syasra, W. (2015). Perbedaan Self Directed Learning Siswa SMAN 1 Pekanbaru Dan Siswa SMKN 1 Pekanbaru. Skripsi thesis, UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Wastono, F. (2015). Peningkatakan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pada Mata Diklat Teknologi Mekanik Dengan Metode Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(4), 397-400.
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Kampus IAIN Palopo.