Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Untuk Membantu Meningkatkan Keterampilan Prososial Siswa

Main Article Content

Rika Rizkia
Kadek Suranata
Gede Nugraha Sudarsana

Abstract

This study aimed to develop and test the effectiveness of guiding sociodrama technique groups to improve student’s prosocial skills.. This type of research is research and development (R&D using 4D development procedures (Define, Design, Develop, and Desseminate). This research involves 5 people as research subjects including 3 lecturers of counseling guidance FIP Undiksha and 2 teachers of counseling guidance MAN 1 Jembrana. Based on expert calculations, the CVR (content validity ratio) got the result of 25. Furthermore, calculating the CVI (Content Validity Index) value based on expert assessment calculations, it was obtained a CVI of 1 , this value is included in the very appropriate category. Furthermore, the effectiveness of this guidebook involves involving 25 students as subjects. Of the 33 items of instruments used to assess content validity (CVI), it is stated that the guide book is based on group guidance theory with sociodrama techniques to improve students' prosocial skills. Has good validity for each item. Testing this hypothesis shows shows that the development of group guidance guidebooks with sociodrama techniques to improve students' prosocial skills with a t-count of 6.765 with a significance level of 0.05 and an ES value = 0,937 which is included in the high ES category. This handbook that has been produced can be used as an instrument for other researchers who will conduct experimental research on prosocial skills.


 


Abstrak:


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan teknik bimbingan kelompok sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan prososial siswa. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). yang menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate). Penelitian ini melibatkan 5 orang sebagai subjek peneliti diantaranya 3 orang dosen bimbingan konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru bimbingan konseling MAN 1 Jembrana. Berdasarkan perhitungan pakar didapatkan CVR (content validity ratio) mendapatkan hasil 25. Selanjutnya menghitung nilai CVI (Content Validity Index)  berdasarkan perhitungan penilaian pakar didapatkan CVI sebesar 1 , nilai ini termasuk kedalam kategori sangat sesuai. Selanjutnya keefektifitasan buku panduan ini melibatkan melibatkan 25 orang siswa sebagai subjek. Dari 33 butir instrument yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), dinyatakan buku panduan berlandaskan teori bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan prososial siswa. Memiliki validitas yang baik untuk setiap butirnya. Pengujian hipotesis ini menunjukan bahwa pengembangan buku panduan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan prososial siswa dengan t-hitung 6,765 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES = 0.937 yang termasuk kategori ES tergolong tinggi. Buku panduan yang telah dihasilkan ini dapat dijadikan sebagai instrument bagi peneliti lain yang akan melakukan penelitian eksperimen mengenaiketerampilan prososial.

Article Details

Section
Articles

References

Dantes. (2017). Desain Eksperimen Dan Analisis Data. In PT Raja Grafindo Persada.
Sari, ErlinaPermata. "Pengembangan model layanan bimbingan kelompok
Dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan sikap prososial." Jurnal Bimbingan Konseling 2.2 (2013).
Hadori, Mohamat. "PerilakuPrososial (Prosocial Behavior)." JurnalLisan al
Hal 6.1 (2014).
Laswhe, H, C. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28, 563–578. https://doi.org/10.3412/jsb.16.926
Maklum.2011.Prosedur Pelaksanaan Teknik Sosiodrama..Diakses pada tanggal 17 Mei 2014.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian &Evolusi ( Research and Develoment ) ( sofia yustiyani suryandari (ed.); 1st ed.). ALFABETA.
Hadori, Mohamat. "PerilakuPrososial (Prosocial Behavior)." JurnalLisan al
Hal 6.1 (2014)