Pengembangan Modul Layanan Konseling Individu Berbasis Art Therapy Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa Korban Bullying

Main Article Content

Nurul Fathia Heryadi
Alfiandy Warih Handoyo
Putri Dian Dia Conia

Abstract

This study aims to develop a media module for individual counseling services and art therapy to reduce the social anxiety of students who are victims of bullying. In this study using the ADDIE development model, which includes several stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The instrument used to measure social anxiety is the questionnaire measuring social anxiety (SAS-A). The data obtained were then analyzed using qualitative and quantitative data analysis. Based on the results of the study, the following results were obtained, 1) the results of the validation test from media & material experts, language, and practitioners got an average score of 91% which means the module is feasible to use because it meets the module eligibility criteria 2) get a decrease in the average score of the pretest & posttest results from 44% to 26%. Based on these results, it can be concluded that the development of individual counseling service module media and art therapy to reduce social anxiety of students who are victims of bullying can be accepted to be implemented into guidance and counseling services.


Abstrak:


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media modul layanan konseling individu dan art therapy untuk mereduksi kecemasan sosial siswa korban bullying. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yang meliputi beberapa tahap yaitu Analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Instrumen yang digunakan untuk mengukur kecemasan sosial ialah angket alat ukur kecemasan sosial (SAS-A). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut, 1) hasil uji validasi dari ahli media&materi, bahasa, serta praktisi mendapatkan rata-rata nilai 91% yang berarti modul layak untuk digunakan karena memenuhi kriteria kelayakan modul 2) mendapatkan penurunan rata-rata skor hasil pretest & posttest dari 44% ke 26%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan media modul layanan konseling individu dan art therapy untuk mereduksi kecemasan sosial siswa korban bullying dapat diterima untuk diimplementasikan kedalam layanan bimbingan dan konseling.

Article Details

Section
Articles

References

Argiati. (2010). Studi Kasus Perilaku Bullying Pada Siswa Sma Di Kota Yogyakarta. Jurnal Penelitian Bappeda Yogyakarta, 05.
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, L. (2019). Pengaruh Art Thetapy Untuk Menurunkan Kecemasan Sosial Korban Bullying Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam (Jppi), 16(02).
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 04(02).
Hurlock, E. B. (2017). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Pt Gelora Aksara Pratama.
Jatmiko, A. (2016). Sense Of Place Dan Social Anxiety Bagi Mahasiswa Baru Pendatang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 03(02), 225.
Komala, R. D., & Nellyaningsih. (2017). Tinjauan Implementasi Personal Selling Pada Pt. Astra Internasional Daihatsu Astra Biz Center Bandung Pada Tahun 2017. Jurnal Fakultas Ilmu Terapan Universitas Telkom, 03(02).
Lating, A. D. (2016). Konflik Sosial Remaja Akhir (Studi Psikologi Perkembangan Masyarakat Negeri Mamala Dan Morella Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah). Jurnal Al-Iltizam, 01(02).
Mulyati, H., Fitri, S., & Akbar, Z. (2020). Pelatihan Keterampilan Sosial Untuk Mengatasi Kecemasan Sosial Pada Anak Menjelang Bebas Di Lpka. Jurnal Edukasi, 06(01).
Pujiati, I., & Noviandari, H. (2018). Pengaruh Konseling Cognitive Behavior Teknik Restructuring Untuk Mereduksi Kecemasan Sosial Siswa. Open Since Journal, 07(01), 41.
Radhiah, C. A. (2020). Hubungan Antara Bullying Dengan Kecemasan Sosial Pada Siswa Smp Korban Bullying Di Kota Sabang. Skripsi, 1.
Sholihah, I. N. (2017). Kajian Teoritis Penggunaan Art Therapy Dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Dan Konseling Di Smk. International Conference.
Sulistyanti, E. (2017). Layanan Konseling Art Therapy Untuk Mengatasi Trauma Anak Korban Bullying Disekolah. International Conference, 27-30.
Suryaningrum, C. (2016). Efikasi Diri Dan Kecemasan Sosial: Studi Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Dan Psikologi Terapan, 04(02).
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Remaja Dalam Melakukan Bullying. Jurnal Penelitian & Ppm, 04(02).