Pengaruh Media Kantong Bilangan Animasi Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Paud Kasih Ibu Subo
Main Article Content
Abstract
This development research is aimed at improving the learning outcomes of number recognition in Ibu Subo's Early Childhood Education with the help of number bag media. By using development research design, this research involves several subjects, namely (1). validation subjects consisting of media experts, material experts and practitioners, (2) the subject of the trial, namely small group trials and large group trials, there are two types of data, namely qualitative and quantitative. Data collection techniques used in this study are observation techniques, and questionnaires (questionnaires). The instrument used in this study was a questionnaire. The analysis shows the contribution obtained from the use of pocket animation media on the learning outcomes of recognizing numbers at the Kasih Ibu Subo PAUD. These results are proven by the validity of a very good score from the experts with the validity of media experts getting a score of 91%, the results of the validity of material experts getting a score of 95%, the results practitioner validity obtained a score of 90.5%. So the application of this animated number bag media is said to be "valid" with qualifications that are very suitable to be used in Kasih Ibu Subo PAUD as a learning medium.
Abstrak:
Penelitian pengembangan ini ditujukan untuk meningkatkan hasil belajar pengenalan bilangan di Paud Kasih Ibu Subo dengan bantuan media kantong bilangan. Dengan menggunakan desain penelitian pengembangan, penelitian ini melibatkan beberapa subjek yaitu (1). subjek validasi yang terdiri dari ahli media, ahli materi dan ahli praktisi, (2)subjek Uji coba yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar terdapat dua jenis data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, dan angket (kuesioner). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesoner. Analisa mennjukkan kontribusi yang diperoleh dari penggunaan media animasi kantong pada hasil belajar mengenal bilangan pada PAUD Kasih Ibu Subo Hasil tersebut di buktikan dengan validitas skor sangat baik dari para ahli dengan validitas ahli mediadiperoleh skor 91%, hasil validitas ahli materi diperoleh skor 95%, hasil validitas praktisi diperoleh skor 90,5%. Maka penerapan media kantong bilangan animasi ini di katakan “valid” dengan kualfikasih sangat layak digunakan di PAUD Kasih Ibu Subo sebagai media pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
2018/2019. Jurnal Tumbuh Kembang, Volume 5, Nomor 2, November 2018, Volume 5, 1-153.
Kosilah, K., & Septian, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139-1148.https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/214
Witrimus, R. (2011). Pengaruh Permainan Memancing Ikan terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD SPS Mutiara Belia Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 3, No 1, Oktober 2019, Vol 3, 20-28.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940-1945.
rawesti, L. N. I., & Dewi, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Stick Pouch (Kantong Stik) sebagai Media Pengembangan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak Usia Dini. TULIP (Tulisan Ilmiah Pendidikan), 9(2), 39-52.
Fitri Anwar, R. (2021). Media Number Sense Untuk Mengenalkan Bilangan Pada Anak Usia Dini Dengan Multisensori. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 5(2), 55-64.
Prawesti, L. N. I., & Dewi, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Stickpouch (Kantong STIK) Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Anak TK. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(1), 24-38.
Ma'rifah, N. U. R. U. L. (2019). Efektivitas Media Kantong Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B Di Paud Terpadu'aisyiyah Kota Cirebon.
Yuniarni, D. Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Melalui Media Kantong Ajaib Usia 4-5 Tahun Di Paud Sejahtera. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(8).
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940-1945.
Rochimah, S. (2019).Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SD Sumberagung Peterongan Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Lestari, E. D., Handayani, T., & Sulistiani, S. (2019). Penggunaan media kantong bilangan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi pengurangan pada siswa kelas 1-a sdn tlogomas 2 kota malang.
et. al. Ruli Dwi Nastiti, “Development Module of Reaction Rate Based on Multiple Representations,” Jurnal Pendidikan Kimia 1, no. 2 (2012): 9. Supra catatan kaki nomor 8.
Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development) (bandung: Alfabeta, 2015).
Nusa Putra, Research and Develophment Penelitian Dan Pengembangan (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015).
Desti Ayu Novianti, “Pengembangan Media Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 Di SMKN 2 Buduran,” Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2015): 4.
Desti Ayu Novianti, “Pengembangan Media Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 Di SMKN 2 Buduran,” Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2015): 4.
Herawati, H. (2016). Pengembangan Modul Keanekaragaman Aves Sebagai Sumber Belajar Biologi. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 28-36.
Fajar, S. I. Sulistiyawati,―Pengembangan MajalahBIORE (Biologi Reproduksi) Submateri Kelainan dan Penyakit pada Sistem Reproduksi Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa SMA/MA‖. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 28.
Novianti, D. A. (2015).Pengembangan modul akuntansi aset tetap berbasis pendekatan saintifik sebagai pendukung implemetasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK)