Pengembangan Buku Panduan Konseling Karir Berlandaskan Teori Cognitive Behavior Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa SMP

Main Article Content

Putu Ayu Ana
Ni Ketut Suarni
Gede Nugraha Sudarsana

Abstract

This development research aims to develop, test the acceptability and determine the effectiveness of counseling guidebooks based on cognitive behavior theory modeling techniques to improve career exploration of junior high school students. The product development of this guidebook is used as a guide for providing counseling services, especially online and offline counseling guidance as a reference for schools. This guidebook product that has been developed is then tested by 5 experts in the field of guidance and counseling. These 5 experts consist of 3 guidance and counseling lecturers at Ganesha Education University, and 2 counseling guidance teachers. The results of the assessment are then calculated using the formulas CVR (Content Validity Ratio) and CVI (Content Validity Index). The manual book CVR result is 18.8 while the guide book CVI result is 0.85. the results of the calculation of the data obtained using an effect size of ES is 1.327, this refers to the criteria table for the size of the effect size, the effect of developing a counseling guide book based on cognitive behavior theory and the modeling technique provided is very high.


 


Abstrak:


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan panduan konseling berdasarkan teknik pemodelan, menguji akseptabilitasnya, dan menentukan efektivitasnya melalui teori perilaku kognitif untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa SMP. Produk pengembangan buku pedoman ini digunakan sebagai pedoman dalam memberikan pelayanan konseling khususnya bimbingan konseling online dan offline sebagai acuan bagi sekolah. Produk buku panduan yang telah dikembangkan ini kemudian diuji oleh 5 orang ahli di bidang bimbingan dan konseling. 5 tenaga ahli ini terdiri dari 3 orang dosen BK di Universitas Pendidikan Ganesha, dan 2 orang guru BK. Hasil penilaian kemudian Itu dihitung menurut rumus CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index). Hasil CVR buku manual adalah 18,8 sedangkan hasil CVI buku panduan adalah 0,85. hasil perhitungan data yang diperoleh dengan menggunakan effect size ES adalah 1,327, hal ini mengacu pada tabel kriteria size of effect size, pengaruh pengembangan buku panduan konseling berdasarkan teori perilaku kognitif dan teknik pemodelan yang diberikan sangat tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Adiputra, S. (2015). Penggunaan Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Fokus Konseling, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.26638/jfk.70.20
Agustia, N. A. E., & Rosada, U. D. (2021). Pengembangan Media Permainan Uno Stacko Dalam Bimbingan Karir Tentang Pemahaman Eksplorasi Karir. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 5(2), 141. https://doi.org/10.21043/konseling.v5i2.10830
Aini, D. K. (2019). Penerapan Cognitive Behaviour Therapy dalam Mengembangkan Kepribadian Remaja di Panti Asuhan. Jurnal Ilmu Dakwah, 39(1), 70. https://doi.org/10.21580/jid.v39.1.4432
Amanullah, A. S. R. (2019). Pendekatan Konseling Kognitif Perilaku. JURKAM : Jurnal Konseling Andi Matappa, 3(1), 8–14.
Aminnurrohim, A. W., Saraswati, S., & Kurniawan, K. (2014). Survei Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57–63.
Ayu Made Diah Naraswari, I., Dantes, N., & Suranata, K. (2020). Pengembangan Buku Panduan Konseling Cognitive Behavior Untk Mening-katkan Self Esteem Siswa SMA: Studi Analisis Validitas Teoretik. Indonesian Journal of Guidance and Counselin:Theory and Application, 9(1), 8–16. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk