Pengembangan Media Belajar Berbasis Kain Perca Untuk Melatih Kosakata Anak Usia Dini

Main Article Content

Tasya Sofa
I Made Suarjana

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi guru memiliki keterbatasan untuk menciptakan media yang baru untuk meningkatkan kosakata anak usia dini, kurangnya keterampilan dan kemampuan anak untuk merangkai kosa kata dan menggunakannya sesuai konteks yang dibutuhkan. Tujuan peneliti untuk mengetahui bagaimana pengembangan media belajar berbasis kain perca untuk melatih kosakata anak usia dini di TK Dharma Wanita 27 Tambakrejo. Dengan melibatkan guru dan siswa kelas A TK Dharma Wanita 27 Tambakrej sebagai subjek penelitian, penelitian pengembangan berdasarkan model Sugiyono ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk menganalisa data yang diperoleh.  Setelah melakukan analisa, maka penelitian ini mengidentifikasi kesesuaian dan kelayakan media pembelajaran berbasis kain perca untuk meningkatkan kosa kata anak. Hasil ini dipperoleh dari skor sebesar 76,6 dan 83,3 diperoleh masing masing dari hasil angket oleh ahli materi dan ahli media sehingga kedua skor tersebut berada pada kategori Sangat Sesuai atau (SS). Selain itu, skor sebesar 83,3 dan 75,5% diperoleh dari uji coba yang dilaksanakanoleh  guru dan respon siswa, dimana kedua skor tersebut berada pada kategori kelayakan “Layak” karena berada pada interval 61-80 %.


 


 

Article Details

Section
Articles

References

Afnika, F. N. (2016). Pembelajaran Prakarya Dengan Menggunakan Media Kain Perca Bagi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Dr. Ibnu Mas'ud Wiradesa Pekalongan. Eduarts: Jurnal Pendidikan Seni, 5(1), 9-17.
Bawono, Y. (2017). Membangun Budaya Literasi Anak Prasekolah Etnis Madura melalui Pengembangan Keterampilan Berbicara dalam Bahasa Madura.
Al-Faruq, M. S. S., & Sukatin, S. P. I. (2020). Psikologi Perkembangan. Deepublish.
Ehgo, F. A., Sutama, I. M., & Artika, I. W. (2021). Pengembangan Blog Sebagai Sarana Dan
Sumber Bacaan Dalam Kegiatan Literasi Bagi Guru Dan Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19. De_Journal (Dharmas Education Journal), 2(2), 208-218.
Putra, N. (2015). Research & Development Penelitian Pengembangan: Suatu Pengantar.
Laily, L. I., & Andajani, S. J. (2014). Pengaruh metode cerita bermedia gambar seri terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Muslimat Nu 38. PAUD Teratai, 3(3), 1-7.
Usman, M. (2015). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan: Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Deepublish.
Huliyah, M. (2017). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01), 60-71.
Mansur. (2005). Pendidikan Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Kencana.
Murnisari, A. (2016) Peningkatan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Melalui Media Kain Perca Di Kelompok A Tk Karang Duren Panggungrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017.
Mulyani, L. D., Nopriansyah, U., Syarif, A. H., & Susanti, E. D. (2021). Pemanfaatan Limbah Kain Perca menjadi Produk yang Mempunyai Nilai Jual pada Ibu-ibu Rumah Tangga.
Fazalani, R., & Saputra, N. (2022). Kain Perca Batik Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak di Paud Al-Karimah Lombok Tengah. Journal On Teacher Education, 3(2), 127-138. https://doi.org/10.31004/jote.v3i2.3285
Sujiono, Y. N. 2005. Metode Pengembangan Kognitif, Jakarta: Universitas Terbuka.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Susanti, S. (2019). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Sriwijaya Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Sofyan, H. (2018). Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dengan Pendekatan Tematik. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1), 68-76.
Sri, U. (2021). Pengembangan Media Belajar Berbasis The Ulitization Of Quilt Untuk Melatih Kosa Kata Anak Usia Dini (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).

Rahmawati, D. (2020). Pemanfaatan Kain Perca Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Darma Wanita (Doctoral dissertation, Universitas Jambi).
Permendiknas No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional