Metode Game Edukasi Berbasis Power Point Interaktif Dalam Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
This study aims to develop an interactive power point-based educational game in language development in early childhood. In this study using the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation and evaluation). The subjects in this study used two material experts, two media experts, two design experts and two practitioners. Data collection in this study used a questionnaire method which was then analyzed using data analysis, namely quantitative and qualitative data. Educational games are declared valid with very good qualifications from experts, both from material experts, media and design experts. From these results it can be said that the development of this interactive power point-based educational game has a very high validity value, for teachers to use this power point-based educational game as a medium in learning activities so that it can support learning to optimize the learning process, and researchers can use research This is a reference source and can continue to the effectiveness of interactive power point-based educational games in language development.
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi berbasis power point interaktif dalam pengembangan bahasa pada anak usia dini. Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analisis, perancangan, pengembangan, implementasi dan evaluasi). Subjek dalam penelitian ini menggunakan dua orang ahli materi, dua orang ahli media, dan dua orang ahli desain serta dua orang praktisi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang kemudian dianalisis menggunakan analisis data yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Game edukasi dinyatakan valid dengan kualifikasi sangat baik dari para ahli, baik dari ahli materi, ahli media dan desain. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan game edukasi berbasis power point interaktif ini memiliki nilai validitas yang sangat tinggi, untuk itu kepada guru dapat menggunakan game edukasi berbasis power point ini sebagai media dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat menunjang pembelajaran guna mengoptimalkan proses pembelajaran, serta peneliti dapat menggunakan riset ini sebagai sumber rujukan serta dapat melanjutkan ketahap efektivitas game edukasi berbasis power point interaktif dalam pengembangan bahasa.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggraini & Yeni (2019), Simulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melaui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. PENDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini.
Ardiansah & Miftakhi (2019) : Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Bagi Tenaga Pendidik Paud Himpaudi Kecamatan Gabek Kota Pangkalpinang. STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.,
Arfa (2018). Pendidikan Paud Berbasis Multikultural, Jurnal: Pemikiran Islam dan Ilmu Sosial. Vol.11,No 2.
Anggraini & Yeni (2019), Simulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melaui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. PENDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini.
Antara, P.A, Udayani, N. W. M., Suryani, G. A. T. A., PS, K. M. K. A., & Lestari, N. W. (2022). Pembelajaran Daring Anak Usia Dini dengan Orang Tua Ter-PHK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2896–2909. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1623
Dewi, L. M. I., & Rimpiati, N. L. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Seting Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Universitas Dhyana Pura, 1(1), 31–46.
Dewi, Suryani, & Widyastono (2021), Penggunaan Game Edukasi Terhadap Kemampuan Kosakata Anak Tunarungu. Jurnal Combines 1
Devianty Dosen di Fakutas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UINSU Medan (2017), BAHASA SEBAGAI CERMIN KEBUDAYAAN.,Jurnal Tarbiyah, Vol. 24, No. 2, ISSN: 0854 – 2627
Endang W. & Ghinah (2021), Game Edukasi Berbasis Microsoft Powerpoint Sebagai Jawaban Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SEPAKAT).,Vol. 2, No. 1
Fathoni & Wiriaatmadja (2006), Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi, (Jakarta: PT Rineka Cipta), hal. 104
Haris & Isyanti (2021), Pengembangan Game Edukatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Usia Dini, Jurnal Asghar.,ISSN 2797-5630
Hamid, Abi, Ramadhani, Juliana, Safitri, Jaaludim, & Simarmata (2020), Media Pembelajaran. Diedit oleh Tonni Limbong. Cetakan 1. Yayasan Kita Menulis.
Hendryadi & Suryani (2016), Metode Riset Kuantitatif : Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Penandamedia Group.
Indria (2016), CD Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Berbahasa Bagi Anak Usia Dini Di Ponorogo., Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal Vol.1. No.1 ISSN 2528-004X.
Khumaedi (2012), Reliabilitas Instrument Penelitian Pendidikan.,Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
Kartika & Yunita (2014), Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Ekonomi Untuk Pembelajaran Ips Kelas VII SMP.
Koyan, I. W. (2012), Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.
Vitianingsih (2016), Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Teknik Informatika,Fakultas Teknik Universiti. Jurnal INFORM Vol. 1, No. 1.