Pengembangan Instrumen Digital Learning Pada Anak Usia Dini

Main Article Content

Idam Cholik
Putu Aditya Antara
Dewa Gede Firstia Wirabrata

Abstract

Abstrak: Penelitianinibertujuanuntukmengetahuikelayakaninstrumenpenilaian matematika awal pada anak Taman Kanak-kanak, yang dilakukandi TK Tunas Harapan dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian yangdigunakanyaitupenelitianpengembangan(ResearchandDevelopment)yangdilakukan dengan model RDR (Research, Development, Research). Subjek penelitianadalah instrument digital matematika awal pada anak dan 15 siswa kelompokB TK Tunas Harapan. Instrumen digital matematika awal pada anakkelompokBinitelahdiujiolehduaorangahliataupakaruntukmengukurvaliditasdandua orang guru yang diuji coba pada anak untuk mengetahui tingkat reliabilitas. Hasilanalisis data berdasarkan uji ahli atau pakar, pernyataan yang valid sebanyak 10 butiryang dihitung menggunakan rumus Gregory. Hasil perhitungan validitas instrumenmatematika awalpadaanaksebesar1dengankriteriavaliditassangattinggi,danuji validitas butir yang dihasilkan adalah 10 butir pernyataan dinyatakan valid. Hasiluji reliabilitas instrumen pada anak kelompok B sebanyak 15 siswa, yang dihitungmenggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 1,08 dengan kriteria reliabilitas tinggi.Maka dapat disimpulkan, instrumen yang telah diuji berdasarkan tingkat validitas danreliabilitasnya dapat digunakan sebagai alat penilaian yang akurat untuk mengukurtingkatkemampuan

Article Details

Section
Articles

References

Refrensi/References

Ariani, K., Jampel, I. N. , & Antara, P. A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan MengenalLambang Bilangan Pada Anak Kelompok A. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 119-128https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.3362
Astiwi, K. P. T. , Antara, P. A. & Agustiana, I. G. A. T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Mata Pelajaran PPKn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 461-469http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i3
Andriyani Lisa.(2016).Strategi Pembelajaran Matematika Realistik dalam Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Kelompok A di TK Ananda Kudus. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 49–54.
Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini. Jurnal Studi Gender dan Anak, 45-55.
Jamaris, M. (2014). Pengembangan Instrumen Baku Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. Jurnal Parameter 25 No. 2 doi.org/10.21009/parameter.252.08
Lestari KW. 2011. Konsep Matematika untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal. Kementerian Pendidikan Nasional.
Masykur, R. , Nofrizal, & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Jurnal Pendidikan Matematika, 177 – 186.
Maharani, F. A. (2018). Pengenalan Konsep Matematika Permulaan melalui Media Bade Maze pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Terpadu Putra Bangsa Tembarak Temanggung. (Skripsi): Universitas Negeri Semarang.