Pengembangan Buku Panduan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Berlandaskan Teori Gestalt Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA

Main Article Content

Ni Made Yuni Yustia Dewi
Nyoman Dantes
I Ketut Dharsana

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama berlandaskan teori gestalt untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa SMA. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Dalam penelitiaan ini melibatkan 5 pakar/praktisi dalam bidang bimbingan konseling diantaranya yaitu 3 dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang guru Bimbingan Konseling SMA untuk menguji validitas isi (content) buku panduan ini. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah Content Validity Ratio (CVR) dari Lawshe. Untuk menguji kepraktisan buku panduan ini, peneliti melibatkan 15 orang guru BK SMA untuk menjadi penilai. Untuk menguji efektivitas buku panduan, peneliti melibatkan 20 orang siswa kelas X SMA Dwijendra Denpasar secara pre test – post test sebagai subjek uji coba efektivitas buku panduan yang dikembangkan. Dari 22 butir instrumen yang digunakan untuk menilai validitas isi (CVI), dinyatakan buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama berlandaskan teori gestalt untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa memiliki validitas yang baik disetiap butirnya. Penilaian indeks validitas isi (Content Validity Index) terhadap buku panduan ini sangat penting untuk mengetahui bahwa layak digunakan. Pengujian kepraktisan buku panduan memiliki skor sebesar 90 hal ini menunjukkan bahwa kepraktisan buku panduan tergolong nilai A (Sangat Baik). Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Buku panduan bimbingan kelompok teknik sosiodrama berlandaskan teori gestalt untuk meningkatkan keterampilan komunikasi siswa dengan thitung 6.216 dengan taraf signifikansi 0,05 dan nilai ES = 1,392 yang termasuk kategori ES Tinggi.


ABSTRACT


            This study aims to develop a sociodrama technique group guidance guidebook based on gestalt theory to improve interpersonal communication skills of high school students. This type of research includes research and development (Research and Development). The development procedure in this study uses the 4D development model developed by Thiagarajan (1974). This research involved 5 experts/practitioners in the field of counseling guidance including 3 Undiksha FIP Guidance Counseling lecturers and 2 SMA Counseling Guidance teachers to test the validity of the content of this guidebook. The method used in analyzing the data is the Content Validity Ratio (CVR) from Lawshe. To test the practicality of this guidebook, the researchers involved 15 SMA counseling teachers to become assessors. To test the effectiveness of the guidebook, the researchers involved 20 class X students of SMA Dwijendra Denpasar by pre-test – post-test as test subjects for the effectiveness of the guidebook being developed. Of the 22 instruments used to assess content validity (CVI), it was stated that the sociodrama technique group guidance guidebook based on gestalt theory to improve students' interpersonal communication had good validity in each item. Assessment of the content validity index (Content Validity Index) of this handbook is very important to determine if it is feasible to use.The practicality test of the guidebook has a score of 90. This indicates that the practicality of the guidebook is classified as A (Very Good). Testing the hypothesis shows that the sociodrama technique group guidance guidebook is based on gestalt theory to improve students' communication skills with a tcount of 6.216 with a significance level of 0.05 and an ES value of 1.392 which is included in the High ES category.

Article Details

Section
Articles

References

Bimbingan, J., Pendidikan, F. I., & Semarang, U. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa melalui Layanan Penguasaan Konten dengan TeknikSosiodrama. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(2).
Dantes, N. (2021). Asesmen Dan Evaluasi Pembelajaran. Singaraja: Undiksha Press.
Dantes, Nyoman. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok:Rajawali Pers
Dharsana, I. K., Suranata, K., & Mudana, I. N. O. (2014). Penerapan konseling gestalt dengan teknik reframing untuk meningkatkan kesadaran diri dalam belajar siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2013/2014. Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11. Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJBK/article/view/3922
Dharsana, I. K. 2013. Teori-Teori Konseling (Diklat). Singaraja : Jurusan
Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha.
Hamid, I. (2018). Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk Negeri 8 Makassar.Mimbar Kesejahteraan Sosial, 1(November), 1–19.
Isti’adah, F. N., & Arumsari, C. (2020). Efektifitas Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Dalam Mengembangkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Quanta, 4(1), 44– 51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497
Munawaroh, S., & Lubis, M. R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Kelas Viii Mtsn 2 Medan. Jurnal Diversita, 76–82.