Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berdasarkan Teori John Holland Melalui Media Website Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMA Dwijendra Denpasar Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berdasarkan Teori John Holland Melalui Media Website Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMA Dwijendra Denpasar

Main Article Content

Bella Ningrum Salsabila

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan produk dengan metode Research and Development (RnD) dengan tahapan pengembangan produk sebagai berikut: (1) Studi Pendahuluan, (2) Perencanaan, (3) Uji Kelayakan Produk, (4) Perbaikan Produk, ( 5) Uji Lapangan, dan (6) Kajian Produk Akhir. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul panduan dengan model layanan informasi karir berdasarkan teori John Holland melalui media website untuk meningkatkan kemampuan perencanaan karir siswa SMA Dwijendra Denpasar. Hasil penelitian ini melibatkan 6 orang ahli di bidang bimbingan dan konseling, diantaranya 3 orang Dosen Bimbingan Konseling, dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, dan 3 orang Guru Bimbingan dan Konseling SMA Dwijendra Denpasar. Selain itu peneliti menggunakan sampel dengan Teknik Simple Random Sampling Probability dan menggunakan rumus Slovin, sehingga total sampel untuk penelitian ini adalah 72 siswa yang terdiri dari 36 siswa kelas XI MIPA 2 dan 36 siswa XI IPS 3. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli, diketahui bahwa materi dan media produk bernilai 0,70 dan 0,73 berada pada kategori “Tinggi”. Selain itu, hasil uji-t diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah < 0,001, sehingga nilai probabilitas ini lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan hasil perhitungan nilai effect size diperoleh nilai 3 dengan kategori Big Effect.


 


This research is a product development research using the Research and Development (RnD) method with the following product development stages: (1) Preliminary Study, (2) Planning, (3) Product Feasibility Test, (4) Product Improvement, (5) Field Test, and (6) Final Product Study. The purpose of this research is to develop a guidance module with a career information service model based on John Holland's theory through the media website to improve the career planning abilities of Dwijendra Denpasar High School students. The results of this study involved 6 experts in the field of guidance and counseling, including 3 Counseling Lecturers, from the Faculty of Education, Ganesha University of Education, and 3 Guidance and Counseling Teachers at SMA Dwijendra Denpasar. In addition, the researcher used a sample using the Simple Random Sampling Probability Sampling technique and used the Slovin formula, so that the total sample for this study was 72 students, 36 students of class XI MIPA 2 and 36 students of XI IPS 3. Based on the results of validation by experts, it is known that the material and product media is worth 0.70 and 0.73 in the "High" category. In addition, the t-test results obtained Sig. (2-tailed) is <0.001, so this probability value is smaller than the significance level of 0.05. Then H0 is rejected and Ha is accepted. While the results of the calculation of the effect size value obtained a value of 3 with the Big Effect category.

Article Details

Section
Articles

References

Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability, and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142.
Alparizi, A. S. (2018). Konseling Karir Jhon L. Holland Dan Layanan.
Agustina, R., Suprianto, D., & Rosalin, S. (2019). Pelatihan Internet Dan Program Microsoft Office Untuk Membantu Administrasi Di Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 129-144.
Ardana, I. N. S., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Karir Holland Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Kelas X TKJ 1 SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).
Fatmayanti, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi dan Konseling, 165.
Fikriyani, D. N., Nurbaeti, N., & Hidayat, D. R. (2020). Pemilihan Karir Berdasarkan Kepribadian Pada Siswa Kelas X MAN 2 Tangerang “Teori Kepribadian Karir John L. Holland”. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).
Harahap, N. A., Amalianingsih, R., & Hidayat, D. R. (2020). Tipe Kepribadian dalam Mengambil Keputusan Karir Berdasarkan Teori John L. Holland. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 40-46.
Hendryadi, H. (2017). Validitas isi: tahap awal pengembangan kuesioner. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 2(2), 259334.
Heru, H. P. (2015). Kemampuan Pengambilan Keputusan Karir Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga. Disertasi (tidak diterbitkan). Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Negeri Yogyakarta.
Insan Aprilian, R. (2018). Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling Siswa Di SMP Negeri 7 Kota Tasikmalaya (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
Konda, E. K. (2017). Pengaruh Layanan Informasi Tentang Dunia Kerja Terhadap Kemandirian Dalam Memilih Karir Pada Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Kedungwuni Pekalongan (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).