Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Project Based Learning terhadap Hasil Belajar

Main Article Content

Desak Ketut Meira Wati
Ni Luh Putu Dian Kresnawati

Abstract

Learning models that involve the activeness of individual and group students in solving problems are often referred to as project-based learning models. This learning refers to scientific stages with a certain time limit which are outlined in a product to be presented to others. This learning is very suitable to be applied in class system English lectures implemented by Undiksha in increasing a sense of diversity and class efficiency in personality development courses, especially in English courses. This hypothesis is a conjecture while researchers are looking for the effect of project-based learning on learning outcomes in the class system English lectures applied by Undiksha to first semester students. Referring of the research above, it can be stated that by using a project-based learning model without using it, there is a difference in student learning outcomes of 5.45 points, so it can be concluded that there is an influence of project based learning to based learning model on learning outcomes in language lectures the british rombel system.


Abstrak:


Model pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa secara individu maupun kelompok dalam memecahkan masalah sering disebut dengan model pembelajaran berbasis proyek. Pembelajaran ini mengacu pada tahapan ilmiah dengan batas waktu tertentu yang dituangkan dalam sebuah produk untuk dipresentasikan kepada orang lain. Pembelajaran ini sangat cocok diterapkan dalam sistem kelas perkuliahan Bahasa Inggris yang dilaksanakan oleh Undiksha dalam meningkatkan rasa keberagaman dan efisiensi kelas dalam mata kuliah pengembangan kepribadian, khususnya mata kuliah Bahasa Inggris. Hipotesis ini merupakan dugaan sementara peneliti sedang mencari pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap hasil belajar dalam sistem kelas perkuliahan bahasa Inggris yang diterapkan oleh Undiksha pada mahasiswa semester pertama. Merujuk pada penelitian di atas, dapat dinyatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek tanpa menggunakan, terdapat perbedaan hasil belajar siswa sebesar 5,45 poin, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap model pembelajaran berbasis hasil belajar pada mata kuliah bahasa sistem british rombel.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad Syafi'i, T. M. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 115-123.
Akmal, M. J., & Rustan, S. D. (2020). Mutu Pendidikan Era Revolusi 4.0 Di Tengah Covid-19. Journal Of Teaching Dan Learning Research.
Albert Riyandi, R. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Abdimas Nusa Mandiri, 37-44.
Ari Subekti, N. N. (2020). Pemanfaatan Video Conference Sebagai Media Permbelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Produktif Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnalseminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 427-437.
Akmal, M. J., & Rustan, S. d. (2020). Mutu Pendidikan Era Revolusi 4.0 di Tengah Covid-19. Journal of Teaching dan Learning Research.
Candiasa, I. M. (2010b). Pengujian Instrumen Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Fivia Eliza, S. D. (2019). Peningkatan Kompetensi Psikomotor Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) di SMKN 5 Padang. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi.
Santyasa, I. W. (2014). Pembelajaran Inovatif. Singaraja: Undiksha.
Sulihin Mustafa, .. H. (2021). PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan, Vol 7, No. 1, 51-55.