Dukungan Sosial Orang Tua dan Resiliensi Akademik Siswa SMP Selama Pembelajaran Daring

Main Article Content

Bunga Tara Ayodani
Doddy Hendro Wibowo

Abstract

Pembelajaran daring menuntut siswa untuk beradaptasi pada berbagai perubahan dalam kehidupan akademiknya yang sering menyebabkan mereka menjadi stres. Oleh karena itu, dukungan sosial yang diberikan orang tua diharapkan dapat membantu mereka untuk beradaptasi dalam situasi yang sulit. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan dukungan sosial orang tua dan resiliensi akademik siswa SMP selama pembelajaran daring. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMP Muhammadiyah Plus Salatiga dengan jumlah sampel sebanyak 102 partisipan yang berada di kelas IX. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri dari instrumen skala dukungan sosial orang tua berjumlah 50 aitem dan skala resiliensi akademik berjumlah 30 aitem. Metode analisis data menggunakan teknik Spearman Rho untuk mengetahui hubungan dari kedua variabel penelitian. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,105 (p>0,05) yang dapat ditafsirkan bahwa hubungan dukungan sosial orang tua dan resiliensi akademik siswa SMP selama pembelajaran daring memiliki korelasi yang sangat lemah. Implikasi dari penelitian ini adalah dukungan sosial orang tua tidak menjadi faktor utama dalam menentukan tingkat resiliensi siswa. Faktor-faktor lain seperti dukungan teman sebaya dapat berpengaruh terhadap resiliensi yang dimiliki siswa.

Article Details

Section
Articles

References

Ainayyah, R. & Nursalim, M. (2022). Hubungan antara kecerdasan emosional dan dukungan sosial terhadap resiliensi akademik peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Waru Sidoarjo selama belajar dari rumah (BDR). Jurnal BK Unesa, 12(3), 947-957.
Arifin, S. (2020). Pengaruh religiusitas, kecerdasan emosional dan dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi siswa kelas VII SMP IT masjid Syuhada Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020 (Tesis). Fakultas Ilmu Agama Islam. Universitas Islam Indonesia: Yogyakarta. Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/23690
Azwar, S. (2012). Penyusunan skala psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bakia, M., Shear, L., Toyama, Y., & Lasseter, A. (2012). Understanding the implications of online learning for educational productivity. US: Educational Technology.
Cassidy, S. (2015). Resilience building in students: the role of academic self efficacy. Frontiers in Psychology, 6, 1-14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01781
Chaterine, R. N. (2020). Siswa belajar dari rumah, KPAI: Anak-anak stres dikasih banyak tugas. Detik News. Diakses pada 17 September 2021 https://news.detik.com/berita/d-4944071/siswa-belajar-dari-rumah-kpai-anak-anak-stres-dikasih-banyak-tugas
Dianto, M. (2017). Profil dukungan sosial orangtua siswa di SMP negeri Kecamatan Batang Kapas Pesisir Selatan. Jurnal Counseling Care, 1(1), 42-51.
Ekasari, A., & Yuliyana, S. (2012). Kontrol diri dan dukungan teman sebaya dengan coping stress pada remaja. Jurnal Soul, 5(2), 55-66.
Elizabeth, Y. R. S. (2021). Tingkat stres remaja dalam menghadapi pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19. Skripsi. Fakultas Bimbingan dan Konseling. Universitas Sanata Dharma: Yogyakarta.
Hurlock, E. B. (1993). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Lee, H. & Detels. (2007). Readiness for self-directed learning and the cultural values of individualism/collectivism among American and South Korean college students seeking teacher certification in agriculture. Texas A: University Press.
Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2009). Human development (11th ed). New York: McGraw-Hill.
Pidgeon, A. M., Rowe, N. F., Stapleton, P., Magyar, H. B., & Lo, B. C. (2014). Examining characteristics of resilience among university students: an international study. Open journal of social sciences, 2 (11), 14.
Prayitno, E. (2006). Buku ajar: psikologi perkembangan remaja. Padang: Angkasa Raya.
Putri, E. P. (2014). Hubungan dukungan sosial orang tua, pelatih, dan teman dengan motivasi berprestasi akademik dan motivasi berprestasi olahraga (basket) pada mahasiswa atlet basket Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1-11.
Qosim, A. (2008). Hafal Al-Qur’an dalam sebulan. Solo: Qiblat Press.
Raharjo, D. B., & Sari, R. R. N. (2020). Belajar online di tengah corona, ada siswa mengeluh tensi darah naik. Suara. Diakses pada 17 September 2021 https://www.suara.com/news/2020/03/19/205940/belajar-online-di-tengah-corona-ada-siswa-mengeluh-tensi-darah-naik
Ramadhana, N. S., & Indrawati, E. (2018). Kecerdasan adversitas dan dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik siswa SMP X Jakarta Timur. Humaniora: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(2), 39-45.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence: perkembangan remaja (terjemahan edisi keenam). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sarafino, E. P. (2007). Health psychology biopsychosocial interaction (6th ed). New York: John Wiley & Sons, Inc.
Sarafino. (2011). Health psychology: biopsychosocial interaction (7th ed). Queensland: John Wiley & Sons Australia ltd.
Sari, J. & Suhariadi, F. (2019). Kontrak psikologis terhadap commitment to change: Resiliensi akademik sebagai variabel mediasi. Jurnal Psikologi Indonesia: Persona, 8(2), 178-192.
Sari, P. K. P., & Indrawati, E. S. (2016). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan resiliensi akademik pada mahasiswa tingkat akhir jurusan X Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(2), 177-182.
Sepfitri, N. (2011). Pengaruh dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi siswa MAN 6 Jakarta (Skripsi). Tidak diterbitkan. Fakultas Psikologi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah: Jakarta.
Sihotang, N., Yusuf, A. M., & Daharnis. (2013). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap pencapaian tugas perkembangan remaja awal dalam aspek kemandirian emosional (studi eksperimen di SMP Frater Padang). Jurnal Konselor, 2 (4), 172-185. https://doi.org/10.24036/02013242898-0-00
Sochib. (2008). Pola asuh orangtua. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wistarini, N. N. I. P., & Marheni, A. (2019). Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018. Jurnal Psikologi Udayana, 164-173.
Yuyun. (2011). Masalah kesehatan mental remaja di era globalisasi.