Pengaruh Self Esteem dan Self Control terhadap Pengendalian Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Semester 6 Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling Universitas Pendidikan Ganesha

Main Article Content

Kadek Ari Dwiarwati
Made Vina Arie Paramita
Yeni

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian terhadap masalah prokrastinasi akademik yang kerap menjadi penghambat pencapaian prestasi akademik maksimal di kalangan mahasiswa semester 6 Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling di Universitas Pendidikan Ganesha. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh self-esteem dan self-control terhadap pengendalian prokrastinasi akademik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Subjek penelitian melibatkan mahasiswa semester 6 sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan regresi berganda, dan hasil menunjukkan bahwa self-esteem dan self-control memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pengendalian prokrastinasi akademik pada mahasiswa semester 6. Implikasi praktis dari temuan ini adalah perlunya upaya meningkatkan self-esteem dan self-control mahasiswa sebagai langkah untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor-faktor psikologis seperti self-esteem dan self-control dapat menjadi fokus dalam memahami dan mengatasi prokrastinasi akademik di kalangan mahasiswa, yang pada akhirnya dapat berdampak positif pada prestasi belajar mereka.

Article Details

Section
Articles

References

Adiputra, S. (2015). Keterkaitan self efficacy dan self esteem terhadap prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(2). https://doi.org/10.52657/jfk.v1i2.101
Apriani, P. (2018). Hubungan antara konsep diri dengan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 42–51. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1625
Arsini, Y., Rusmana, N., & Sugandhi, N. (2022). Profil Resiliensi Remaja Putri di Panti Asuhan dilihat Pada Aspek Empathy, Emotion Regulation dan Self-Efficacy. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 76–83. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.151
Astuti, S. R. P. (2020). Kontribusi Self Control dan Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Di SMK ISFI Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.1.1590
Bunyamin, A. (2021). Mengelola Stres dengan Pendekatan Islami dan Psikologis. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 145–159. https://doi.org/10.24252/idaarah.v5i1.20971
Clara, C., Dariyo, A., & Basaria, D. (2017). Peran Self-Efficacy Dan Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Sma (Studi Pada Siswa Sma X Tangerang). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 159–169. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.802
De Vega, A., Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 433–439. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.227
Elvina, S. N. (2019). Teknik Self Management dalam Pengelolan Strategi Waktu Kehidupan Pribadi Yang Efektif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 123–138. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1058
Fatriyani, U., & Mudjiran, M. (2019). Kontribusi Self Esteem Terhadap Prokrastinasi Akademik Dalam Pengerjaan Skripsi Pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Riset Psikologi, 2(1). https://doi.org/10.24036/jrp.v2019i1.6342
Harmalis, H. (2020). Prokrastinasi Akademik dalam Perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.32939/ijcd.v2i01.876
Hasan, U. R., Nur, F., Rahman, U., Suharti, S., & Damayanti, E. (2021). Self Regulation, Self Esteem, dan Self Concept Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 38–45. https://doi.org/10.24176/anargya.v4i1.5715
Hendrawan, S. T. A., & Sulastra, M. C. (2022). Studi Komparasi Dimensi Parenting Style terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMA “X.” Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 137–146. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1478
Ikbal, M., & Nurjannah, N. (2016). Meningkatkan Self Esteem dengan Menggunakan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy pada Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah Jati Agung Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 73–86. https://doi.org/10.24042/kons.v3i1.556
Indrati, C. E. N., & Aprilian, E. (2018). Pengaruh Body Dysmorphix Dysorder pada Self Esteem Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 53–61. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2245
Junita, E. D., Sugiharto, D. Y. P., & Awalya, A. (2014). Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan Penguasaan Konten. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1). https://doi.org/10.15294/ijgc.v3i1.3746
Khairunisa, K., Yusuf, A. M., & Firman, F. (2022). Implementasi Teknik Self Management Untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(2), 85–96. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i2.7110
Mawardi, K. (2019). Tingkat prokrastinasi akademik dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa aktivis. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 24(1), 120–130. https://doi.org/10.24090/insania.v24i1.2801
Mistica, R., Zubair, A. G. H., & Nurhikmah, N. (2023). Kecenderungan Perfeksionisme sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.1996
Muntazhim, M. A. (2022). Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi. Acta Psychologia, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.21831/ap.v4i1.47654
Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53–67. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
Nitami, M., Daharnis, D., & Yusri, Y. (2015). Hubungan motivasi belajar dengan prokrastinasi akademik siswa. Konselor, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.24036/02015416449-0-00
Novalina, S. D. (2015). Efektivitas Konseling Realitas untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 7(2), 99–104. https://doi.org/10.31289/analitika.v7i2.824
Nurjan, S. (2020). Analisis teoritik prokrastinasi akademik mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(1), 61–83. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i1.2586
Permana, B. (2019). Gambaran prokrastinasi akademik siswa SMA darul falah cililin. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(3), 87–94. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498
Rahman, A. A., Permana, L., & Hidayat, I. N. (2019). Peran Mindfulness dalam Meningkatkan Behavioral Self Control pada Remaja. Jurnal Ilmu Perilaku, 3(2), 110–117. https://doi.org/10.25077/jip.3.2.110-117.2019
Rahmatiani, S. S., Rohaeti, E. E., & Ningrum, D. S. A. (2023). Gambaran Self Control Siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Cisarua. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 6(4), 329–334. https://doi.org/10.22460/fokus.v6i4.10728
Rahmawati, I. (2022). Pengantar Psikologi Sosial. Bumi Aksara.
Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16–22. https://doi.org/10.29210/120182133
Riansyah, H., Satrianta, H., & Astriyaningsih, A. (2018). Bimbingan Kelompok Teknik Role Play Untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 72–78. https://doi.org/10.52657/jfk.v4i1.527
Sandya, S. N., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(1), 202–213. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v9i1.5680
Sari, N. N., & Irmayanti, N. (2021). Hubungan Self Control Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 2(2), 32–41. https://doi.org/10.38156/psikowipa.v2i2.73
Savira, F., & Suharsono, Y. (2013). Self-regulated learning (SRL) dengan prokrastnasi akademik pada siswa akselerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 66–75. https://doi.org/10.22219/jipt.v1i1.1358
Setiawan, H. P., & Faradina, S. (2018). Perfeksionisme dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Univeritas Syiah Kuala. Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(2), 20–36. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i2.11570
Siregar, R. R. (2020). Self-Control Sebagai Prediktor Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(2), 93–102. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v14i2.1160
Sugiyono, P. D. (2019). MetodePenelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. In Sugiyono. Remaja Rosdakarya. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sulaima, I., Khamidah, D. A., Rohmaniyah, H. E., & Zuhro’Fitriana, A. Q. (2023). Self Control Pada Anak Abk Di SLB Negeri Jember. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora Dan Seni, 1(2), 244–249. https://doi.org/10.47233/jishs.v1i2.745
Surawan, S., & Norvia, L. (2022). Kontribusi Pembinaan Akhlak Dalam Menanamkan Self-Control Siswa Sekolah Dasar Negeri. Sittah: Journal of Primary Education, 3(2), 102–116. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.461
Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan antara self control dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 9(4), 271–279. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28950
Widyastari, D., Atrizka, D., Ramadhani, B., & Damanik, D. S. (2020). Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Kontrol Diri Pada Siswa-Siswi SMA Swasta Ar-Rahman Medan. Jurnal Penelitian, Psikologi Dan Kesehatan, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i2.25
Wulandari, M., & Mariskha, S. E. (2020). Pengaruh efikasi diri dan kontrol diri terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa universitas 17 Agustus 1945 Samarinda. Motiva: Jurnal Psikologi, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31293/mv.v3i1.4808
Zuraida, Z. (2019). Hubungan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30–41. https://doi.org/10.22303/kognisi.2.1.2017.30-41