Pengaruh Self Efikasi dan Emotional Stability terhadap Pengendalian Kecemasan Akademik Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19

Main Article Content

Kadek Ari Dwiarwati
Sariyasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh self efikasi dan emotional stability terhadap tingkat kecemasan akademik di kalangan mahasiswa. Kehadiran pandemi COVID-19 telah menimbulkan sejumlah tantangan serius, termasuk masalah kesejahteraan mental seperti kecemasan. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian, dan analisis data menggunakan metode statistik, khususnya regresi linear berganda, untuk menguji hipotesis penelitian. Temuan dari penelitian ini menyediakan wawasan tentang peran self-efficacy dan emotional stability dalam mengelola kecemasan akademik pada mahasiswa. Penelitian ini memiliki relevansi penting dalam konteks tantangan psikologis yang dihadapi mahasiswa selama pandemi COVID-19. Hasil penelitian ini direncanakan akan dipublikasikan dalam Jurnal Bisma The Journal of Counseling. Implikasi dari temuan ini dapat membantu lembaga pendidikan dan konselor dalam merancang intervensi yang efektif untuk mengatasi kecemasan akademik di masa krisis seperti pandemi.

Article Details

Section
Articles

References

Aini, A., & Sriasih, M. (2020). Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Tempat Kerja Sebagai Upaya Pencegahan Penularan Covid 19. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 3(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.466
Andri, J., Padila, P., & Arifin, N. A. W. (2021). Tingkat Kecemasan Pasien Kardiovaskuler pada Masa Pandemi COVID-19. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 382–389. https://doi.org/10.31539/joting.v3i1.2167
Ardilasari, N. (2017). Hubungan self control dengan perilaku cyberloafing pada pegawai negeri sipil. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 5(1), 19–39. https://doi.org/10.22219/jipt.v5i1.3882
Astika, I. W., Suwindra, I. N. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Hubungan self-efficacy dan self-esteem dengan prestasi belajar fisika siswa di kelas x MIPA SMA Negeri. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 8(2), 77–85. https://doi.org/10.23887/jjpf.v8i2.20642
Astuti, S. R. P. (2020). Kontribusi Self Control dan Kecanduan Game Online Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI Di SMK ISFI Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.1.1590
Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi (studi fenomenologis pada mahasiswa Fakultas Psikologi UNDIP). Jurnal Psikologi, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.14710/jpu.12.1.1-13
Cahyono, T. (2020). Dampak Negatif Academic Procrastination terhadap Rendahnya Tingkat Kelulusan Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 3(2), 135–144. https://doi.org/10.24235/prophetic.v3i2.7589
Ekawaty, D. (2021). Pengalaman Pasien Covid-19 yang Menjalani Perawatan di Rumah Sakit Darurat Covid Wisma Atlet Jakarta. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 698–705. https://doi.org/10.31539/jks.v4i2.1922
Endriyani, S., Damanik, H. D. L., & Pastari, M. (2021). Upaya mengatasi kecemasan masyarakat di masa pandemi covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Membangun Negeri, 5(1), 172–183. https://doi.org/10.35326/pkm.v5i1.1197
Harmalis, H. (2020). Prokrastinasi Akademik dalam Perspektif Islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(1), 83–91. https://doi.org/10.32939/ijcd.v2i01.876
Imansyah, Y., & Setyawan, I. (2019). Peran konformitas teman sebaya terhadap prokrastinasi akademik pada siswa laki-laki ma boarding school al-irsyad. Jurnal Empati, 7(4), 1388–1392. https://doi.org/10.14710/empati.2018.23455
Jiunistari, M., Simbolon, B. R., & Sinaga, D. (2023). Hubungan Self Control Dan Perhatian Orangtua Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xi Ips Di Sman 30 Jakarta. Cakrawala Repositori IMWI, 6(3), 368–385. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i3.364
Kasrudin, I., Agus, F., Kurniawan, W., Meilansyah, I., Aulia, D., & Tosepu, R. (2021). Perilaku Hidup Bersih Sehat (Phbs) Dalam Mendukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat Kota Kendari Pada Masa Pandemik COVID-19. Jurnal Keperawatan, 4(3), 19–27. https://doi.org/10.46233/jk.v4i03.462
Listina, O., Solikhati, D. I. K., & Fatmah, I. S. (2020). Edukasi Corona Virus Desease 19 (Covid-19) Melalui Penyebaran Poster Kepada Masyarakat Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 1(2), 10–10. https://doi.org/10.36308/jabi.v1i2.210
Marisda, D. H., Thahir, R., & Windasari, D. P. (2021). Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Dalam Mewujudkan Masyarakat Yang Produktif. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(2), 354–363. https://doi.org/10.31764/jmm.v5i2.4021
Marsh, H. W., Pekrun, R., Parker, P. D., Murayama, K., Guo, J., Dicke, T., & Arens, A. K. (2019). The murky distinction between self-concept and self-efficacy: Beware of lurking jingle-jangle fallacies. Journal of Educational Psychology, 111(2), 331. https://doi.org/10.1037/edu0000281
Mistica, R., Zubair, A. G. H., & Nurhikmah, N. (2023). Kecenderungan Perfeksionisme sebagai Prediktor Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Psikologi Karakter, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.56326/jpk.v3i1.1996
Mugiarso, H., Setyowani, N., & Tedra, L. B. (2018). Self-efficacy dan persistensi mahasiswa ketika mengerjakan skripsi ditinjau dari kecemasan akademik. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 171–175. https://doi.org/10.26539/teraputik.13151
Mukhtar, S. (2020). Psychological health during the coronavirus disease 2019 pandemic outbreak. International Journal of Social Psychiatry, 66(5), 512–516. https://doi.org/10.1177/0020764020925835
Nafeesa, N. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yang menjadi anggota organisasi siswa intra sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53–67. https://doi.org/10.24114/antro.v4i1.9884
Nugroho, S. A., Istiqomah, B., & Rohanisa, F. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Self Efficacy Vaksinasi Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Universitas Nurul Jadid. Jurnal Keperawatan Profesional, 9(2), 108–123. https://doi.org/10.33650/jkp.v9i2.2768
Pratiwi, S. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Masyarakat Terhadap Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Usada, 4(2), 21–32. https://doi.org/10.54107/medikausada.v4i2.100
Rahmatiani, S. S., Rohaeti, E. E., & Ningrum, D. S. A. (2023). Gambaran Self Control Siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Cisarua. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 6(4), 329–334. https://doi.org/10.22460/fokus.v6i4.10728
Roy, A., Singh, A. K., Mishra, S., Chinnadurai, A., Mitra, A., & Bakshi, O. (2021). Mental health implications of COVID-19 pandemic and its response in India. International Journal of Social Psychiatry, 67(5), 587–600. https://doi.org/10.1177/0020764020950769
Rusdi, M. S., Efendi, M. R., Putri, L. E. P., Kamal, S., & Surya, S. (2021). Edukasi penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.25008/altifani.v1i1.123
Samudro, E. G., & Madjid, M. A. (2020). Pemerintah Indonesia Menghadapi Bencana Nasional Covid -19 Yang Mengancam Ketahanan Nasional. Jurnal Ketahanan Nasional, 26(2), 132–154. https://doi.org/10.22146/jkn.56318
Satria, R. M. A., Tutupoho, R. V., & Chalidyanto, D. (2020). Analisis Faktor Risiko Kematian dengan Penyakit Komorbid Covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(1), 48–55. https://doi.org/10.31539/jks.v4i1.1587
Sibero, I., Hulu, V. T., Pakpahan, E. L. E., & Siahaan, P. B. C. (2023). Pengalaman Hidup Pasien Covid-19 Di Rumah Sakit Umum Delia Tahun 2021: Sebuah Studi Kualitatif. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 2346–2357. https://doi.org/10.31004/jkt.v4i2.15841
Siregar, R. R. (2020). Self-Control Sebagai Prediktor Terhadap Perilaku Agresif Pada Remaja. Jurnal Ilmiah Psyche, 14(2), 93–102. https://doi.org/10.33557/jpsyche.v14i2.1160
Subaidi, A. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika. Sigma, 1(2), 64–68. https://doi.org/10.53712/sigma.v1i2.68
Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di MTs N 2 Ciamis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 1(2), 39–44. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548
Trisiana, A., & Syaibani, I. (2020). Menumbuhkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk memutus rantai penyebaran wabah Covid-19. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 9(1), 51–62. https://doi.org/10.33061/jgz.v9i1.3889
Ulayya, S., & Mujiasih, E. (2020). Hubungan antara self control dengan perilaku konsumtif pengguna e-money pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 9(4), 271–279. https://doi.org/10.14710/empati.2020.28950
Yupartini, L., Rustiawati, E., & Sulastri, T. (2021). Stres kerja dengan perilaku caring petugas kesehatan dalam penanganan pasien pada masa pandemi covid-19. Jurnal Keperawatan Silampari, 4(2), 683–689. https://doi.org/10.31539/jks.v4i2.1946
Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi diri dalam proses pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667
Zuraida, Z. (2019). Hubungan prokrastinasi akademik dengan prestasi belajar pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Potensi Utama. Jurnal Psikologi Kognisi, 2(1), 30–41. https://doi.org/10.22303/kognisi.2.1.2017.30-41