Pengembangan Buku Panduan Konseling Kognitif Behavioral Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Self-Control Siswa

Main Article Content

I Gusti Ayu Agung Krisna Sudewi
I Ketut Gading
Gede Nugraha Sudarsana

Abstract

Penlitian ini bertujuan untuk mengembangkan serta menguji keterterimaan dan efektivitas buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management untuk meningkatkan self-control siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan konseling yang bertugas untuk menguji keterterimaan buku panduan. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 1 dengan kategori sangat baik, dengan demikian buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management telah memenuhi ketentuan keterterimaan. Uji efektivitas buku panduan dilaksanakan kepada 10 siswa dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikansi 0,001, yang berarti penggunaan buku panduan konseling kognitif behavioral teknik self-management ini efektif untuk meningkatkan self-control siswa SMA. Berdasarkan hasil tersebut instrumen konseling kognitif behavioral teknik self-management layak untuk meningkatkan self-control siswa.


Abstract:


This study aims to develop and test the acceptability and effectiveness of the cognitive behavioral counseling manual on self-management techniques to improve students' self-control. This research is a type of development research using 4D development procedures (Define, Design, Develop, and Disseminate). This study involved 3 experts and 2 practitioners in the field of guidance and counseling in charge of testing the acceptability of the guidebook. The research data was collected by means of a questionnaire which was analyzed with the formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Index (CVI), and t-test. The results of the CVR analysis showed that all statements of the questionnaire items were accepted and obtained a CVI value of 1 with a very good category, thus the guidebook for cognitive behavioral counseling self-management techniques has met the acceptance requirements. The test of the effectiveness of the guidebook was carried out to 10 students using a one group pre-test post-test experimental design. The results of the t-test showed a significance value of 0.001, which means that the use of the cognitive behavioral counseling manual for self-management techniques is effective in increasing the self-control of high school students. Based on these results, the cognitive behavioral counseling instrument with self-management techniques is feasible to increase students' self-control.

Article Details

Section
Articles

References

Alamri, N. (2015). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.259
Arumsari, C. (2016). Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. 2(1), 11.
Astuti, M. P. (2019). Tingkat Kontrol Diri Remaja Terhadap Perilaku Negatif [Skripsi]. Universitas Sanata Dharma.
Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi (2 ed.). PT Refika Aditama.
Emalia, R. (2017). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Self-control Siswa Pada SMP NEGERI 8 Banda Aceh [Universitas Syiah Kuala]. https://etd.unsyiah.ac.id/baca/index.php?id=34418&page=13
Gading, I. K. (2014). Keefektifan Pelatihan Kendali Diri untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik. Semnar Nasional Riset Inovatif, 2.
Gading, I. K. (2014). Pengaruh Pelatihan Kendali Diri dan Jenis KelaminTerhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa SMP [Disertasi]. Universitas Negeri Malang.
Ghufron, M. N., & Risnawita S, R. (2012). Teori-teori Psikologi. AR-RUZZ MEDIA.
Kurniati, R. (2019). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Self-management Untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP NEGERI 4 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Kurniawan, S. (2017). Pengaruh Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Pengguna Sosial Media Di SMP N 2 Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Lestari, F. A., & Nursalim, M. (2019). Layanan Konseling Kelompok Strategi Self-management untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas XI SMA Negeri 11 Surabaya. 9.
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media. http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/6667/1/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Özdemir, Y. (2014). Depression, loneliness and Internet addiction: How important is low Self-control? Computers in Human Behavior, 8.
Rini, S. C., & Setiawati, D. (2017). Penerapan Layanan Konseling Kelompok Strategi Self-management Untuk Meningkatkan Self Control Pada Siswa Kelas XI Di SMK Negeri Rengel Tuban. Jurnal BK UNESA, 7(3).
Sidi, P. A. (2020). Menumbuhkan Kontrol Diri Untuk Menekan Kecenderungan Kenakalan Remaja. http://www.ditjenpas.go.id/menumbuhkan-kontrol-diri-untuk-menekan-kecenderungan-kenakalan-remaja
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children.
Titisari, H. T. D. (2017). Hubungan antara Penyesuaian diri dan Kontrol diri dengan Perilaku Delikuen pada siswa SMA Muhammadiyah 1, Jombang. 16(2), 10.