Pengembangan Panduan Model Konseling Behavioral Untuk Meningkatkan Self Management Pada Siswa
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keterterimaan buku panduan konseling model behavioral untuk meningkatkan self management siswa SMA. Penelitian ini termasuk pengembangan (Research&Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, disseminate). Lima orang yang menjadi pakar dan praktisi bimbingan konseling dilibatkan dalam penilaian kelayakan buku panduan yakni para dosen Bimbingan Konseling dan guru bimbingan konseling sekolah. Dalam penilaian ini menggunakan instrumen yang terdiri dari 22 item yang mengacu pada keterterimaan buku panduan. Metode analisis data yang digunakan adalah Content Validity Ratio. Hasil penelitian dengan acuan minimum ≥0.60 menunjukkan hasil validasi isi sebesar 1 dan CVI 1, berdasarkan hasil tersebut maka buku panduan model konseling behavioral untuk meningkatkan self management siswa yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria keterterimaan sebagai instrument dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling di sekolah. Uji efektivitas buku panduan dilaksanakan pada 10 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Banjarangkan dengan menggunakan desain eksperimen one group pre-test post-test. Hasil uji t menemukan nilai signifikansi 0,001 yang berarti penggunaan buku panduan model konseling behavioral efektif untuk meningkatkan self management siswa. Berdasarkan uji tersebut maka buku panduan model konseling behavioral layak digunakan untuk meningkatkan self management siswa.
Abstract:
This study aims to develop and test the acceptability of behavioral model counseling guidebooks to improve self-management of high school students. This research includes research and development using a 4D development model (define, design, develop, disseminate). Five people who became experts and practitioners of counseling guidance were involved in the assessment of the feasibility of the guidebook, namely the Guidance Counseling lecturers and school counseling guidance teachers. In this assessment, an instrument consisting of 22 items refers to the acceptability of the guidebook. The data analysis method used is Content Validity Ratio. The results of the study with a minimum reference of 0.60 showed content validation results of 1 and CVI 1, based on these results, the behavioral counseling model guidebook to improve student self-management developed in this study met the acceptance criteria as an instrument in implementing counseling guidance services in schools. The effectiveness test of the guidebook was carried out on 10 students of class XI SMA Negeri 1 Banjarangkan using an experimental design of one group pre-test post-test. The results of the t-test found a significance value of 0.001 which means that the use of the behavioral counseling model guidebook is effective to improve student self-management. Based on these tests, the behavioral counseling model guidebook is appropriate to be used to improve student self-management.
Article Details
References
Arianto, D. P. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self-management Dalam Belajar Siswa Kelas X SMA Istiqlal Delitua (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).
Asbari, M., Pramono, R., Kotamena, F., Sihite, O. B., Liem, J., Imelda, D., ... & Purwanto, A. (2020). Bekerja Sambil Kuliah dalam Perspektif Self-management: Studi Etnografi pada karyawan Etnis Jawa di Kota Seribu Industri Tangerang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 253-263.
Handoko, A. (2013). Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas X Tkj Smk Bina Nusantara Ungaran. Mengatasi Perilaku Membolos Melalui Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavior Dengan Teknik Self Management Pada Siswa Kelas X Tkj Smk Bina Nusantara Ungaran Tahun Ajaran 2012/2013.
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity. A Paper Presented At Content Validity, A Converence Held At Bowling Green.State Uneversity. 563–575. Https://Doi.Org/10.1111/J.1744-6570.1975.Tb01393.X
Sari, U. (2018). Efektivitas Model Konseling Behavioral Teknik Modeling Dengan Reinforcement Potitive Untuk Meningkatkan Self Exhibition Siswa Kelas Viii Smp Laboratorium Undiksha.
Zulfah, Z. (2021). Karakter: Pengendalian Diri. IQRA: JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 1(1), 28-33.