Pengembangan Skala Kemandirian Pengambilan Keputusan Studi lanjut Pada Siswa

Main Article Content

Rausyan Risyda
I Ketut Gading
Gede Nugraha Sudarsana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan alat pengambilan keputusan independen untuk melanjutkan pendidikan siswa sekolah menengah. Alat ini merupakan alat ukur bagi guru bimbingan konseling untuk mengukur tingkat kemandirian siswa dalam pengambilan keputusan dalam penelitian lanjutan. Penelitian ini merupakan penelitian exploratory design, dibagi menjadi 8 tahap: 1) penelitian dan pengumpulan data 2) perencanaan 3) pra pengembangan 4) uji lapangan pertama 5) perbaikan produk 6) uji lapangan 7) uji lapangan perbaikan produk 8) penjualan dan implementasi. Tiga ahli dan dua praktisi dari bidang konsultasi berpartisipasi dalam penelitian ini, tugas mereka adalah menguji kelayakan instrumen yang dikembangkan. Mengguunakan rumus rasio kredibilitas konten (CVR) dan indeks kredibilitas konten (CVI) untuk mengumpulkan dan menganalisis data penelitian. kategori. Uji instrumen menguji 100 siswa. Hasil uji skala dianalisis, dan penggunaan validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa skala keputusan independen memenuhi standar efektif dan reliabel untuk penelitian lebih lanjut, dan menjadi alat untuk mengukur kemandirian pengambilan keputusan studi lanjut siswa sekolah menengah atas. Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen pengambilan keputusan independen untuk melanjutkan studi dikatakan sangat layak.


 


Abstract:


The aim of this study was to develop an independent decision-making tool for continuing education of secondary school students. This tool is a measuring tool for counseling guidance teachers to measure the level of student independence in decision making in further research. This research is an exploratory design research, divided into 8 stages: 1) research and data collection 2) planning 3) pre-development 4) first field test 5) product improvement 6) field test 7) product improvement field test 8) sales and implementation. Three experts and two practitioners from the consulting field participated in this study, their task was to test the feasibility of the developed instrument. Using the content credibility ratio (CVR) and content credibility index (CVI) formulas to collect and analyze research data. category. The instrument test tested 100 students. The results of the scale test were analyzed, and the use of validity and reliability showed that the independent decision scale met the effective and reliable standards for further research, and became a tool to measure the independence of decision making in advanced studies of high school students. Based on these results, the independent decision-making instrument to continue the study is said to be very feasible.

Article Details

Section
Articles

References

Adib, Helen Sabera. 2015. Teknik Pengembangan Instrumen Penelitian Ilmiah Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Sains Dan Teknoogi: 139–57.
Agustiani, H. (2009). Psikologi Perkembangan : Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Pada Remaja (1st ed.). Refika Aditama.
Hurlock, E. (1991). Psikologi Perkembangan. Erlangga.
Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity”.Personnel Psychology. A Quantitative Approach to Content Validity”.Personnel Psychology, 561–580.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharnan, *. (2012). Pengembangan Skala Kemandirian. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 66–76. https://doi.org/10.30996/persona.v1i2.26
Suryabrata, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children.