Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Consistency Personality Pada Masa Pra Remaja

Main Article Content

Ni Koming Evi Savitri
Ni Ketut Suarni
Kadek Suranata

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengasilkan produk berupa instrumen pengukuran karakter consistency personality pada pra-remaja siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan dengan langkah-langkah penelitian berdasarkan model 4D yang meliputi define, design, develop, dan dessminate. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampel acak sederhana dengan jumlah 90 peserta didik dari kelas VII dan VIII. Pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner diukur dengan skala likert. Berdasarkan uji ahli oleh 5 validator instrumen dinyatakan layak diujicobakan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji validitas dengan hasil yang didapatkan dengan 35 butir pernyataan didapatkan hasil valid, maka instrumen yang telah disusun oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai layanan Bimbingan Konseling kepada peserta didik. Berdasarkan uji terbatas tersebut maka instrumen pengukuran karakter consistency personality pra-remaja siswa SMP di Kota Singaraja dinyatakan reliabel dengan taraf klasifikasi reliabilitas tinggi.


 


Abstract:


This research was carried out with the aim of producing a product in the form of a consistency personality measurement instrument for pre-adolescent students. This study uses a research and development approach with research steps based on a 4D model which includes define, design, develop, and dessminate. Samples were taken using a simple random sampling technique with a total of 90 students from class VII and VIII. The data collection used in the form of a questionnaire measured by a Likert scale. Based on the expert test by 5 validators the instrument was declared feasible to be tested. The results of the study after the validity test was carried out with the results obtained with 35 statement items obtained valid results, then the instrument that has been prepared by the researcher is feasible to be used as a Counseling Guidance service to students. Based on the limited test, the instrument for measuring the consistency personality character of pre-adolescent junior high school students in Singaraja City was declared reliable with a high level of reliability classification.

Article Details

Section
Articles

References

Anastasi, Anne (2007). Psichological Testing (Alih Bahasa Robertus Hariono S. Imam). Jakarta: PT Indeks.
Azwar, S. (2011). “Reliabilitas dan Validitas”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dwi Siswoyo, dkk. (2007). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Uny Press.
Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).
Fischer, M. (2013). 4D Modeling
Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia secara online di: http://lib. untidar. ac. id/wp-content/uploads [diakses di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].
Hasanah, N. (2017). Peran orang tua dalam pendidikan karakter anak usia dini melalui ranah afektif.
Isbister, K., & Nass, C. (2000). Consistency of personality in interactive characters: verbal cues, non-verbal cues, and user characteristics. International journal of human-computer studies, 53(2), 251-267.
Lickona, T. (2001). What is good character?. Reclaiming children and youth, 9(4), 239.
Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nusa Medika.
Padmawati, D., R. Johar & T. Zubaidah. (2013). Pembelajaran Segitiga dengan Pendekatan Kontekstual Berbasis Karakter di Kelas VII SMP N 3 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA 6 (2): 120-129.
Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6-30. doi: 10.14658/pupj-ijse-2016-1-2.
Pusat Kurikulum. (2010). Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Puskur Kemendikbud.
Rismawaty. (2008). Kepribadian dan Etika profesi. Yogyakarta: Grahailmu.
Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi, (2010).Psikologi Kepribadian. Jakarta: Rajawali Pers.
Weber, M., & Ruch, W. (2012). The role of a good character in 12-year-old school children: Do character strengths matter in the classroom?. Child Indicators Research, 5(2), 317-334.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Bangsa Berparadigma. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Winkel, W.S. 1997. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Yusuf, A Muri. (2011). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Padang: UNP Press.