Pengembangan Panduan Konseling Client Centered untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa

Main Article Content

Ni Putu Ika Septiari
Ni Ketut Suarni
Gede Nugraha Sudarsana

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan buku panduan konseling client centered yang efektif untuk pengembangan karakter kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian dan pengembangan dengan berpedoman pada tahapan model 4D yaitu, define, design, development, dan dessminate. Subjek penelitian ini meliputi 5 pakar dalam bidang bimbingan konseling yang terdiri dari 2 dosen bimbingan konseling dan 18 sampel dari siswa yang diambil menggunakan metode simple random sampling. Kelayakan isi produk diuji berdasarkan penilaian validitas oleh 5 ahli dan dianalisis dengan metode analisis content validity ratio dan content validity index. Uji efektivitas produk diujikan kepada 18 siswa dalam dua tahap yaitu pre-test dan post-test yang dianalisis dengan metode one paired sample t-test. Hasil penelitian ini mendapati bahwa buku panduan konseling client centered untuk mengembangkan karakter kemandirian adalah layak untuk digunakan.


 


Abstract:


This research was conducted with the aim of developing an effective client centered counseling guidebook for the development of students' self-reliance character. This study uses a research and development design guided by the stages of the 4D model, namely, define, design, development, and dessminate. The subjects of this study included 5 experts in the field of counseling guidance consisting of 2 counseling guidance lecturers and 18 samples of students taken using simple random sampling method. The feasibility of the product content was tested based on the validity assessment by 5 experts and analyzed using the content validity ratio and content validity index analysis methods. The product effectiveness test was tested on 18 students in two stages, namely pre-test and post-test which were analyzed using the one paired sample t-test method. The results of this study found that the client centered counseling guidebook to develop the character of independence was feasible to use.

Article Details

Section
Articles

References

Afandi, S. 2011. “Implementasi Pendekatan Konseling Client Centered dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa MAN 4 Martubung Medan”. Jurnal Konseling. 102-l 2. FIP : Universitas Negeri Medan.
Anjani, R. et al. 2018. “Penggunaan Konseling Client Centered untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa”. Jurnal Bimbingan Konseling (ALIBKIN). 06-02. FKIP : Universitas Lampung.
Basri, H. 1996. Remaja Berkualitas Problematika dan Solusinya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Budiman, N. 2006. Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta : Kementrian Pendidikan Tinggi.
Darmayanthi, N. P. W. 2014. “Penerapam Konseling Client Centered dengan Teknik Self Understanding untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII B2 SMP Negeri 2 Sawan”. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 02-01. Singaraja : Undiksha Press.
Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Rosdakarya.
Effendi, Z. 2019. “Implementasi Pendekatan Konseling Client Centered Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa MAN 4 Martubung Medan”. Skripsi. UIN Sumatera Utara.
Kementerian Pendidikan Budaya. 2011. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta : Pusat Kurikulum.
Lawshe, C. H. 1975. A Quantitative Approach to Content Validity : A Paper Presented at Content Validity. Bowling Green : State University.
Lestari, I. et al. 2018. “Urgensi Habituasi Nilai Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan”. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 114–119.
Luddin, M. 2014. Pengantar Kepribadian untuk Konselor (Teori dan Praktik). Binjai : Difa Grafika.
Lusiana, E. 2017. “Penggunaan Konseling Client Centered dalam Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa”. Skripsi. Fakultas Keguran dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Mujiyati, M. 2015. “Optimalisasi Active Learning dan Character Building dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. Prosiding Seminar Nasional. FKIP : Universitas Ahmad Dahlan.
Mulyadi, G. 2016. “Penerapan Client Centered Therapy terhadap Klien yang Mengalami Grieving di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Bandung”. Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial. 15-01. Bandung : Peksos.
Nasruloh, A. R. 2014. “Penerapan Teknik Konseling Client Centered untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII MTs Selotopeng Kecamatan Banyakan Kabupaten Kediri TP 2014/2015”. Jurnal Psikologi dan Konseling. 03-05. Kediri : FKIP UIN Kediri.
Natawidjaja, R. 1987. Pendekatan Pendekatan Penyuluhan Konseling Kelompok. Bandung : Diponegoro.
Pebriyanti, L. 2020. “Pengaruh Konseling Individu dengan Pendekatan Client Centered terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Ips 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.
Rogers, R. C. 2012. On Becoming an Effective Teacher : Person Centered Teaching, Psychology, Philosophy, and Dialogues. London : Routledge.
Ridha, A. A. dan Idham, A. F. 2020. “Efektivitas Konseling dengan Pendekatan Client Centered Therapy untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa dalam Belajar. Jurnal Insight. 16-2. Jember : Fakultas Psikologi UMJ.
Thiagarajan, S. 1974. “Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis”. Minnesota : Leadership Training Institute Special Education, University of Minnesota.
Willis, S. 2010. Remaja & Masalahnya, Bandung : Alfabeta.
Zakri, A. H. 2020. “Pengaruh Implementasi Teknik Konseling Client Centered Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 33 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020”. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung.