Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Self-Responsibility Pada Para Siswa

Main Article Content

Putu Ngurah Subangkit Mahosadhi
Ni Ketut Suarni
I Ketut Dharsana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument dan menguji kelayakannya sehingga menghasilkan instrument yang valid dan reliabel instrument karakter tanggung jawab pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Devolopment, yang terdiri dari 8 tahapan yang meliputi: Menentukan spesifikasi instrumen, menulis instrumen, menentukan skala instrumen, menentukan sistem penskoran, mentelaah instrumen, melakukan uji coba, menganalisis instrumen, dan merakit instrumen. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket atau kuesioner menggunakan google form. Subyek dalam penelitian melibatkan 71 orang siswa yang dipilih dengan menggunakan simpel random sampling. Pengujian validitas instrument menggunakan Formula Lawshe dengan melibatkan lima orang pakar dan praktisi bimbingan konseling untuk pernyataan yang mengacu pada kisi-kisi instrument yang telah disusun. Pengujian validitas empirik menggunakan Pearson Correlation dengan cara menghitung korelasi antara nilai yang diperoleh dari pernyataan. Sedangkan pengujian reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach yang disebar melalui googleform. Berdasarkan uji validitas instrument, uji validitas empirik, dan uji reliabilitas instrument karakter tanggung jawab pada siswa termasuk kedalam kategori validitas dan reliabilitas dengan nilai validitas instrument dapat dikatakan layak.


 


Abstract:


This study aims to develop an instrument and test its feasibility so as to produce a valid and reliable instrument for the character of responsibility for students. This study uses the Research and Development method, which consists of 8 stages which include: Determining the specifications of the instrument, writing the instrument, determining the scale of the instrument, determining the scoring system, reviewing the instrument, conducting trials, analyzing the instrument, and assembling the instrument. In this study, the data collection technique was carried out using a questionnaire technique using google form. The subjects in the study involved 71 students who were selected using simple random sampling. Testing the validity of the instrument using Lawshe's Formula by involving five experts and counseling guidance practitioners for statements that refer to the instrument grid that has been prepared. Empirical validity testing using Pearson Correlation by calculating the correlation between the values obtained from the statement. Meanwhile, the reliability test used the Cronbach Alpha technique which was distributed through googleform. Based on the instrument validity test, empirical validity test, and the reliability test of the instrument's character of responsibility on the students included in the category of validity and reliability with the value of instrument validity can be said to be feasible.

Article Details

Section
Articles

References

Aisyah, S. (2015). Perkembangan peserta didik dan bimbingan belajar. Deepublish.
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dharsana, I. K. (2015). Seri RPBK untuk Pengembangan Variabel Terikat Self-1 : (Achievment, Defference, Order, Exhibition & Autonomy). Singaraja: Prodi Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.
Gafur, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Sano Nggoang Manggarai Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(1).
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, I. (2012). Pendidikan Karakter. 15/12/2015, 18. Retrieved from http://fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/15.1_Pendidikan-Karakter.pdf
Hendryadi, H. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). Pendidikan Karakter (Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah). Yogyakarta: Kata Pena.
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach To Content Validity ^. (1), 563–575.
Luailiyah, A. N. (2019). Strategi Guru Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Ips Kelas Xi Sma Tanggung Jawab Siswa Ips Kelas Xi Sma Assa’ Adah Bungah Gresik. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/16141/
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Narwanti, S. (2011). Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta: Familia.
Oktaviani, C. (2018). Metode Penelitian. 61–74. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/63123/6/BAB III_Skripsi_Claudya Oktaviani_14520241005.pdf
Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Pada Pembelajar (perspektif Psikologi barat dan psikologi Islam). 3, 36–54. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/murabbi/article/view/1700
Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110–121.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Landasan Pendidikan Drs. Ahmad SuriansYah, M.Pd’, Ph.D, 13. Retrieved from http://idr.uin-antasari.ac.id/6633/1/Buku Landasan Pendidikan.pdf
Thahir, A., & Hidriyanti, B. (2014). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang Bandar Lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 1(2), 55-66.
Tirtarahardja, U., & La Sulo, S. L. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Utami, Y. P. (2020). Membangun Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Literasi Media Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Internasional Kolokium 2020, 0, 53–62. Retrieved from http://digital.library.ump.ac.id/810/
Wahono, M. (2018). Pendidikan Karakter: Suatu Kebutuhan Bagi Mahasiswa Di Era Milenial. Integralistik, 29(2), 1–7. https://doi.org/10.15294/integralistik.v29i2.16696
Wiyani, Novan Ardy. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Zahro, I. (2018). Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Tanggung Jawab Peserta Didik di MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung. 153–176. Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/9415/
Zulfa, K. (2012). Penggunaan Media Visual Gambar Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan siswa Kelas V Mi Tasmirit Tarbiyah Sumbergayam Durenan Trenggalek Tahun 2011-2012.