Pengembangan Buku Panduan Konseling Transpersonal Untuk Mengembangkan Karakter Kemandirian Siswa

Main Article Content

I Made Aridana Aditya
Nyoman Dantes
Ni Ketut Suarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan konseling transpersonal untuk mengembangkan karakter kemandirian siswa,. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur model pengembangan yaitu 4D meliputi define, design, dan develop. Subyek pada penelitian pengembangan ini meliputi 5 ahli dalam bidang bimbingan konseling yang terdiri dari 3 dosen dari bimbingan konseling dan 2 konselor sekolah. Serta 15 sampel siswa yang diambil mengunakan metode simple random sampling. Kelayakan isi dari buku panduan diuji berdasarkan penilaian validitas oleh 5 ahli dan diuji menggunakan metode analisis CVR dan CVI. Uji coba efektifitas buku panduan diujikan terhadap 15 siswa dalam dua tahap yaitu pre test dan post test yang dianalisis menggunakan metode one paired sample t-test pada hasil analisis CVR dinyatakan indeks yang baik dan istimewa, sehingga dapat disintesiskan bahwa isi dari panduan konseling transpersonal untuk mengembangkan karakter kemandirian siswa adalah layak untuk digunakan. Berdasarkan hasil tersebut maka instrumen panduan konseling transpersonal dikatakan layak untuk mengembangkan karakter kemandirian siswa.


 


Abstract:


This study aims to develop a transpersonal counseling guidebook to develop students' self-reliance character. This type of research includes development research using the 4D development model procedure including define, design, and develop. The subjects in this development research include 5 experts in the field of counseling guidance consisting of 3 lecturers from counseling guidance and 2 school counselors. And 15 student samples were taken using simple random sampling method. The feasibility of the contents of the manual was tested based on the validity assessment by 5 experts and tested using the CVR and CVI analysis methods. The guidebook effectiveness trial was tested on 15 students in two stages, namely pre-test and post-test which were analyzed using the one paired sample t-test method. The results of the CVR analysis were declared a good and special index, so that it could be synthesized that the contents of the transpersonal counseling guide to develop the character of the student's independence is feasible to use. Based on these results, the transpersonal counseling guide instrument is said to be feasible to develop the character of students' independence.


 

Article Details

Section
Articles

References

Acquah, F. (2011). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dan Konsep Diri dengan Kemandirian Pada Remaja Panti Asuhan Muhammadiyah Karanganyar. 66(July), 37–39.
Ajmain, A., & Marzuki, M. (2019). Peran guru dan kepala sekolah dalam pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 16(1), 109-123.
Esliani, dkk. 2018. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 3 Kendari. Jurnal BENING. Volume 2 Juni 2018
Febriyanto, B., Patimah, D. S., Rahayu, A. P., & Masitoh, E. I. (2020). Pendidikan Karakter Dan Nilai Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1).
Handayani, Ni Nyoman Listiani. 2017. Pengaruh Model Self Directed Learning Terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Singaraja. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan PPs Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 1 Maret 2017. ISSN 1858-4543
Haryati, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Kurikulum 2013. Tersedia secara online di: http://lib. untidar. ac. id/wp-content/uploads [diakses di Bandung, Indonesia: 17 Maret 2017].
Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pegembangan Kuesioner. 2(2), 169–178. ihttps://doi.org/https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47
Jamilah, U., Suarni, N. K., & Gading, I. K. (2020). Pengaruh Model Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Self Autonomy. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 24. https://doi.org/10.23887/jibk.v10i1.22213
Juntika, A. N. 2005. Penerapan Strategi dan Landasan untuk Bimbingan Konseling Remaja. Bandung : Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan Budaya. 2011. Pengembangan Pendidikan Budaya da Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta : Pusat Kurikulum.
Komalasari, G. et al. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta : Indeks.
Lawshe, C. H. 1975. A Quantitative Approach to Content Validity : A Paper Presented at Content Validity. Bowling Green : State University. 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744- 6570.1975.tb01393
Lestari, I. et al. 2018. “Urgensi Habituasi Nilai KarakterKemandirian Dan Tanggung Jawab Peserta Didik Sekolah Menengah Keguruan”. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 114–119. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16525
Marsela, Ramadona Dwi., & Supriatna, Mamat. 2019. Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. Journal Innovative Counseling : Theory, Practice & Research. 3(2), pp. 65-69. ISSN : 2548-3226
Nuryadi. (n.d.). No Title. Dasar-Dasar Statistik Penelitian (Cetakan 1).
Pattaro, C. (2016). Character Education: Themes and Researches. An academic Literature Review. Italian Journal of Sociology of Education, 8(1), 6-30. doi: 10.14658/pupj-ijse-2016-1-2
Puji, P. P., & Hendriwinaya, V. W. (2015). Terapi Transpersonal. Buletin Psikologi, 23(2), 92. https://doi.org/10.22146/bpsi.10566
Sudaryono, dkk. 2013. Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018, October). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (Vol. 1, No. 1, pp. 254-262).
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.