Pengembangan Skala Kemandirian Belajar Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Main Article Content

Danang Triatmojo
Ni Ketut Suarni
I Ketut Gading

Abstract

Penelitian ini mengarah pada siswa profesional dan poin (1) untuk menentukan keabsahan substansi instrumen otonomi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Eksplorasi ini menggunakan pengujian lanjutan dan menggunakan metode investigasi grafik kuantitatif dengan menggunakan persamaan CVR dan CVI. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik dan instruktur. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan wacana dengan kaidah-kaidah berupa penjelasan dengan jumlah keseluruhan 30 hal proklamasi. Konsekuensi dari pemeriksaan ini menunjukkan bahwa (1) efek samping dari legitimasi CVR menunjukkan bahwa dari 30 pertanyaan yang telah disetujui oleh 5 analis, menunjukkan bahwa hal-hal tersebut mendukung legitimasi instrumen dan eksplorasi. Hal ini menunjukkan bahwa skala kemandirian belajar yang telah dibuat perlu dimanfaatkan sebagai instrumen untuk mengukur kebebasan belajar dengan mengarahkan pengajar pembimbing di sekolah sebagaimana diatur, terutama mengingat perhatian yang sah untuk penelitian. Akibat dari hasil kemajuan tersebut bagi (1) bagi tenaga pendidik BK sebagai upaya untuk mengukur siswa dalam mengatasi masalah-masalah sosial baik di sekolah maupun dalam kondisi yang berbeda; (2) bagi pengelola BK, idealnya nanti lebih baik dan maksimal untuk melayani dan bekerja sama dengan siswa dalam menangani masalah pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Akrim, A. (2018). Menjadi Generasi Pemimpin Apa Yang Dilakukan Sekolah?. Kumpulan Buku Dosen, 1(1).
Asri, K. P., & Nurmina, N. (2019). KONTRIBUSI POLA ASUH TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMA PGRI DIKOTA PADANG. Jurnal Riset Psikologi, 2019(1).
Bahri, S., & Sugiyanto, S. (2014). Hubungan antara Tingkat Stres dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia di Panti Wreda Budi Dharma Yogyakarta (Doctoral dissertation, STIKES'Aisyiyah Yogyakarta).
Djemari Mardapi, P. P. . (2007). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. In Mei 2008. MITRA CENDEKIA.
Kosasih, A., MUDJIMAN, H., ST Y, S. L. A. M. E. T., & SETIAWAN, B. (2013). The Development of Writing Learning Model Based on the Arces Motivation for Students of Senior High School. Development, 4(12).
Kurniawan, H., & Tanjung, M. R. (2017). Sistem informasi geografis objek Wisata Alam di Provinsi Sumatera Utara berbasis mobile android. Sisfotenika, 7(1), 13-24.
Lawhse, C. H. (1975). a Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Zulkifli M. (2014). Validitas Dan Rehabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Applied Mechanics and Materials, 496–500(1), 1510–1515. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510