Pengembangan Instrumen Pengukuran Karakter Tanggung Jawab Pada Masa Pra Remaja

Main Article Content

Yansen Milton Manihuruk
Nyoman Dantes
Ni Ketut Suarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) validitas expert (isi) instrumen pengukuran karakter tanggung jawab pada peserta didik SMP (2) validitas empirik instrumen pengukuran karakter tanggung jawab pada peserta didik SMP (3) reliabilitas instrumen pengukuran karakter tanggung jawab pada peserta didik SMP. Penelitian merupakan penelitian R&D. Dirancang berdasarkan model penelitian dan pengembangan dengan menggunakan pengembangan instrumen afektif. Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan delapan langkah dalam pengembangan instrumen afektif. Data dikumpulan melalui observasi dan penyebaran kuesioner, dan didapatkan sampel sebanyak 274 siswa dan selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji validitas isi, uji validitas empirik dan laporan hasil uji reliabilitas. Hasil penelitian ini bahwa (1) hasil analisis validitas konten uji jugde lawshe dapat disimpulkan jika hasil CVR dan CVI sebesar 1 artinya sangat sesuai, (2) hasil analisis validitas empirik terbatas dan luas didapatkan keseluruhan butir yaitu rxy (hitung) ≥ rxy (tabel) yang mengisyaratkan seluruh butir soal dinyatakan valid (3) hasil uji reliabilitas didapatkan hasil klasifikasi “sangat tinggi”

Article Details

Section
Articles

References

Djemari Mardapi, P. P. . (2007). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. In Mei 2008. MITRA CENDEKIA.
Edy Surahman, M. (1974). Talking with People about to Die. British Medical Journal, 3(5922), 25–27. https://doi.org/10.1136/bmj.3.5922.25
H. Wirda, Mamesah.M, A. R. . (1993). Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa ( Studi Eksperimen Siswa Kelas XII Audio Video 2 SMKN 5 Jakarta ). 56–71.
Lawhse, C. H. (1975). a Quantitative Approach To Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. https://doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Novitasari, K. (2018). Tanggung Jawab Pada Anak Kelompok B Di Tk Nasima Kota. 1–9.
Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah Development of measurement instrument on students ’ responsibility attitude of madrasah aliyah. 6(2), 134–141.
P. Lumban Gaol, M Khumaedi, M. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Percaya Diri pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 63–70. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16209
Putri, S., & Ramli, M. (2016). Pengembangan Media Permainan Simulasi Ular Tangga Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p040
S. Puspita Sari, J. E. B. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter Sioratna. 7(1), 110–121.
Zulkifli M. (2014). Validitas Dan Rehabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Applied Mechanics and Materials, 496–500(1), 1510–1515. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510