Pengembangan Buku Bimbingan dan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus

Main Article Content

Gusti Apriani Utari
I Ketut Gading
Kadek Ari Dwiarwati

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilaksanakan karena kurangnya ketersediaan buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus. Hasil wawancara bersama guru BK di SLB Negeri 2 Buleleng dan beberapa mahasiswa didapatkan bahwa masih banyaknya mahasiswa yang ragu dan takut dalam memberikan layanan kepada anak berkebutuhan khusus dikarenakan kurangnya pemahaman dan juga referensi terkait bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prototype buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus dan mengetahui kelayakan dari buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis PAP. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket atau kuesioner. Hasil penelitian dari pengembangan buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus yaitu (1) prototype buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus  berdasarkan model pengembangan 4D yang melalui 4 tahapan yaitu Define, Design, Develop, Disseminate (2)  buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus dinyatakan layak berdasarkan: hasil review 5 judges yang terdiri dari 3 orang pakar yaitu dosen Universitas Pendidikan Ganesha dan 2 orang praktisi yaitu guru BK SLB Negeri 2 Buleleng. Berdasarkan review judges memperoleh skor 91,5% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa buku bimbingan dan konseling anak berkebutuhan khusus yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Anwar, M. F. (2019). Landasan Bimbingan dan Konseling Islam. Deepublish.
Dakwah, F. (2015). Urgensi layanan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. 7(1), 46–64.
Daroni, G. A. (2018). Impact of Parent’S Divorce on Children’S Education for Disability Kids. IJDS:Indonesian Journal of Disability Studies, 5(1), 1–9.
Evi, T. (2020). MANFAAT BIMBINGAN DAN KONSELING BAGI SISWA SD. Jurnal Pendidikan dan
Konseling (JPDK), 2(1), 72-75.
Febriani, Luh Putu Ayu. 2015. Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Model ADDIE Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMK Negeri 3 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Hasriani, G. (2019). Interview as a learning technique in speaking subject: Students’ perspective. Language Circle: Journal of Language and Literature, 13(2).
Handayani, I.M. 2013. Interaksi social anak berkebutuhan khusus di SDN 016/016 inklusif Samarinda :
Studi kasus anak penyandang autisme. eJournal SosiatriSosiologi. Vol. 1, No. 1. Pp. 1-9.
Hidayat, F., Maulana, A., & Darmawan, D. (2019). Komunikasi Terapeutik dalam Bimbingan dan Konseling Islam. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 16(2), 139151.
Jaya, H. (2017). Keterampilan Vokasional Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Perawatan dan Perbaikan Alat Elektronika.
Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan konseling sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(4), 447454.
Karya, B. 2016. Implementasi kebijakan pendidikan inklusif pada SDN 9 Palangka di kota palangka Raya. Tesis.
Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Tidak dipublikasikan.
Khairun Nisa, Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik Dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33–40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632
Kibtyah, M. (2017). Pendekatan bimbingan dan konseling bagi korban pengguna narkoba. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(1), 52-77.
Kurniati, E. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah; Prinsip Dan Asas. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 54-60.
Kustawan, D., & Meimulyani, Y. 2013. Mengenal pendidikan khusus & pendidikan layanan khusus serta implementasinya. Jakarta : Luxima
Lattu, D. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi.
Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(1), 61–67. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i1.236
Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan Dan Konseling). Yayasan Kita Menulis.
Muhdar Mahmud, “Layanan Bimbingan bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Wilayah Kota Bandung, Tesis (Bandung: Program BP-BAK PPs UPI, 2003), hlm. 31-32 Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. 8.
Prayitno. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, departemen Pendidikan Nasional, 2004
Putra, F., & Ramdani. 2014. Jurnal konseling dan pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(2), 55–61.
Rahmadani, U. (2021). Artikel bimbingan dan konseling prinsip prinsip bimbingan dan konseling.
Riadin, A., & Usop, D. S. (2017). KARAKTERISTIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR NEGERI ( INKLUSI ) DI KOTA PALANGKA RAYA Children Characteristics of Special Needs in Primary School ( Inclusion ) in Palangka Raya. 17(1), 22–27.
Sartika, M., & Yandri, H. (2019). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap konformitas teman sebaya. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 9-17.
Setianingsih, E. S. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendekatan Islam Di Kelas Inklusi. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(2), 1–24.
Sunarya, P. B., Irvan, M., & Dewi, D. P. (2018). Kajian Penanganan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 11-19.
Tarbiyah, F., Keguruan, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, B. (2018). Pelaksanaan layanan bimbingan konseling pada siswa slb sekota banda aceh.
Tegeh, I Made dan I Made Kirna. 2010. Metodelogi Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I Made., dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha. Thompson, J. 2012. Memahami anak berkebutuhan khusus. Jakarta : Erlangga
Tohirin, Bimbingan Dan Konseling di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi), (Jakarta: Grafndo Persada, 2007), hlm. 147
Utina, S.S. 2014. Pendidikan anak berkebutuhan khusus. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2, Pp. 72-78.