Arah Minat Siswa Terhadap Pilihan Jurusan Bimbingan dan Konseling

Main Article Content

Mahmuddah Dewi Edmawati
Bambang Susanto
Muhammad Arief Maulana
Rita Kumalasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui arah minat siswa dalam pemilihan jurusan bimbingan dan konseling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan alat pengumpulan data yaitu penilaian non tes berupa angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arah minat siswa SMAN 1 Nguter terhadap pilihan jurusan Bimbingan dan Konseling relatif rendah, hal ini terlihat dari 100 responden yang mengisi angket, ditemukan 15 siswa (15%) tertarik pada pilihan jurusan Bimbingan dan Konseling. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara disimpulkan bahwa rendahnya minat mahasiswa dalam memilih jurusan Bimbingan dan Konseling disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain (1) kurangnya informasi tentang jurusan Bimbingan dan Konseling, (2) Bimbingan dan Konseling. Jurusan BK kurang difavoritkan, (3) minat menjadi guru rendah, (4) Tidak memahami prospek pekerjaan BK, dan (5) Keluarga dan lingkungan.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin, Z. (2011). Pengaruh Pelatihan Resiliensi Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Pamator, Volume 4(No 2), 129–136.
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Arifin, A. A., & Ratnasari, S. (2008). HUBUNGAN MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta., 1(2), 77–82.
Asri, R., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Peningkatan Kematangan Karir Siswa Dengan Teori Holland. 6, 121–132.
Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93–106.
Fadli, R. P., Alizamar, A., & Afdal, A. (2017). Persepsi Siswa tentang Kesesuaian Perencanaan Arah Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Konselor, 6(2), 74. https://doi.org/10.24036/02017627578-0-00
Hanan, A. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Bimbingan Konseling Siswa Kelas VIII C Melalui Bimbingan Kelompok Semester Satu Tahun Pelajaran 2015/2016. Journal Ilmiah Mandala Education, 53(9), 1689–1699.
Hariyanto, D. D., Dewi, E. I., & Susumaningrum, L. A. (2014). Hubungan Persepsi tentang Kesesuaian Harapan Orang Tua dengan Diri dalam Pilihan Studi Lanjut dengan Tingkat Stres pada Siswa Kelas XII di Kabupaten Jember. E-Journal Pustaka Kesehatan, 2(1), 1–7. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/608
Hidayati, N. W. (2014). Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Edukasi, 1(1), 94–101.
Istirahayu, I., Mayasari, D., Fitriyadi, S., & Damayanti, Z. (2018). Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 139. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i2.372
Kartadinata, S. (2003). Inventory tugas perkembangan siswa SMP. UPI Bandung.
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Khadijah, S., Indrawati, H., & Suarman. (2017). Analisis Minat Peserta Didik untuk Melanjutkan Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 178–188.
Kusri, A. M. (2016). Pengaruh layanan informasi peminatan terhadap kemantapan pilihan sekolah lanjutan. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, 2(1), 49. https://doi.org/10.26858/jpkk.v2i1.2063
Marlina, E., Arifin Ahmad, M., & Pandang, A. (2015). Pengembangan Inventori Peminatan Karir (Ipk) Sebagai Alat Ukur Arah Pilih Karir Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling, 1(1), 59–64.
Mujahidah, E., & Listiyandini, R. A. (2018). Pengaruh Resiliensi dan Empati terhadap Gejala Depresi pada Remaja. Jurnal Psikologi, 14(1), 60. https://doi.org/10.24014/jp.v14i1.5035
Mulyadini, I., Dalimunthe, R. Z., & Nurmala, M. D. (2021). Profil minat karir siswa serta implikasi bagi bimbingan dan konseling. 2(1), 28–36.
Nengsih. (2017). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(111), 96–112.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.
Prambon, N., Nursalim, D. M., & Si, M. (2014). PENGEMBANGAN MATERI LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT MELALUI MEDIA WEB SERVER DI KELAS VIII C SMP Oleh : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA. Jurnal BK UNESA, 04(03), 1–10.
Prayitno, & Erman, A. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rhineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rhineka Cipta.
Susilaningsih, C Y, & Rahayu, D. S. (2019). Faktor penyebab rendahnya minat siswa SLTA kota madiun terhadap jurusan Bimbingan dan Konseling. … Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 18–23. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/1372
Susilaningsih, Chaterina Yeni, & Rahayu, D. S. (2019). 2 Minat Siswa SLTA Kota Madiun Terhadap Pilihan Jurusan Bimbingan dan Konseling Berbantuan Analisis Asesmen Non Tes: 1. Chaterina Yeni Susilaningsih, 2 …. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2, 307–312. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/62
Syah, M. (2007). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada.
Umar, L. M., & Mochamad Nursalim. (2020). Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Program Studi Bimbingan Konseling,Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 600–609.
Wahyudi, I., Yusuf, A. M., & Padang, U. N. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Terhadap Holland Theory Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Karir Pada Siswa. 3(5), 1880–1890.
Winkel, W. S. (2002). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta: PT. In Gramedia Mediasarana. Grasindo.
Zaini, A., Sujito, & Andayani, E. (2015). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Orang Tua Terhdap Minat Studi Lanjut Siswa Kelas XII di MA Miftahul Huda Cendono Purwosari Kabupaten Pasuruan. Penelitian Dan Pendidikan IPS, 9(3), 1231–1242.
Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manahemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1), 1–11.