Pengembangan Asesmen Minat-Bakat Berbasis Computer Based Test

Main Article Content

Wayan Eka Paramartha
I Ketut Dharsana

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mengembangkan  prosedur  bimbingan konseling dalam  penerapan  asesmen tes minat bakat berbasis CBT (Computer Based Test) di SMK Negeri 1 Sukasada. Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui pemberian sosialisasi asesmen tes minat bakat berbasis CBT kepada guru BK dan mahasiswa praktik lapangan. Sasaran dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah para Guru BK di SMK Negeri 1 Sukasada dan mahasiswa praktik. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah Model Technical Assistance dalam bentuk Training yang dilaksanakan dengan memberikan pelatihan diberikan kepada guru BK dan mahasiswa PKL dengan peragaan/pemodelan yaitu memberikan demonstrasi tentang cara kerja sistem CBT. Melalui  hasil pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan terjadinya peningkatan kualitas dan efisiensi dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling.

Article Details

Section
Articles

References

Annisak, W., & Pathoni, H. (2017). Desain Pengemasan Test Diagnostik Miskonsepsi Berbasis CBT (Computer Based Test). Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 2(01), 1–12.
Arista, P. D., & Arina, R. (2019). Students’perception On Aegisub And Divxland Media Subtitler In Subtitling Subject At The Sixth Semester Of The State Islamic Institute Of Surakarta In Academic Year 2017/2018.
As’ari, D. R. (2017). Pemanfaatan Wordershare Quiz Creator Dalam Pembuatan Soal-Soal Bahasa Arab. Arabi: Journal of Arabic Studies, 2(1), 37–46.
Fini, U. M. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK) Model Tutorial dalam Mata Pelajaran Fiqih. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Fitriati, I., & Irawati, I. (2018). Implementasi Computer Based Test English Computer (CBT- EC) Untuk Efesiensi Evaluasi Bahasa Inggris Komputer di STKIP Taman Siswa Bima. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(2).
Martin, M., Supriyati, Y., & Budi, A. S. (2018). Pengembangan Computer Based Test (CBT) sebagai alat penilaian pembelajaran fisika SMA pada materi gerak lurus. 478–486.
Mastuti, E. (2016). Pemanfaatan Teknologi dalam Menyusun Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(1), 10–19.
Mulianah, S., & Hidayat, W. (2016). Pengembangan Tes Berbasis Komputer. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 9(2), 27–43.
Nikmah, S. Z. (2019). Sistem Penilaian Computer Based Testing (CBT) Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Peserta Didik MI (Studi Multi Situs MI Perwanida Blitar dan MIN 11 Blitar).
Nurhardini, D. (2017). Studi pendahuluan: Uji validitas konstruk Culture Fair Intelegency Test (CFIT) dengan menggunakan metode Confirmatory Factor Analysis (CFA) di Pusdikbang SDM Perum Perhutani Madiun.
Prasiska, S., Kurniadi, D., & Anwar, M. A. (2018). Analisis Perilaku Penggunaan Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Menggunakan Model UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Technology) Di SMK Negeri 1 Batipuh. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 6(2), 15–21.
Rosyidin, P. (2016). Super TPA OTO BAPPENAS. Tangga Pustaka.
Santi, R., & Rosalina, S. (2017). Tes Potensi Akademik dan Pengetahuan Umum Berbasis Web. JUSIFO, 3(1), 59–72.
Saptono, M. P., & Widjasena, H. (2019). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Atau Computer Based Test (CBT) Di SMK Negeri 1 Kabupaten Sorong. Electro Luceat, 5(2), 5–13.
Setiawati, F. A., Izzaty, R. E., & Hidayat, V. (2018). Analisis respons butir pada tes bakat skolastik. Jurnal Psikologi, 17(1), 1–17.
Sugiyono, S., Sutarman, S., & Rochmadi, T. (2019). PENGEMBANGAN SISTEM COMPUTER BASED TEST (CBT) TINGKAT SEKOLAH. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(1), 1–8.
Suharman, S. (2018). Tes Sebagai Alat ukur Prestasi Akademik. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 93–115.
Sulistyawati, M. E. S., Dewi, N., & Andayani, E. S. (2019). Pemanfaatan Media Komputer Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Dengan Metode Direct Method (Internet Based). JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 6(4), 389–394.
Susilo Rahardjo, M. P., & Zamroni, E. (2019). Teori dan Praktik Pemahaman Individu Teknik Testing. Prenada Media.
Syam, A., & Bahfiarti, T. (2017). Opini Peserta Terhadap Tingkat Transparansi Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Melalui Metode Computer Assisted Test (Cat) Pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulawesi Barat. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 368–386.
Zulkifli, Z. (2018). Perancangan Aplikasi Multimedia Berbasis Computer Based Training (Cbt) Pada Bidang Teknik Vokasi. Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri, 18(1), 40–45.