Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa

Main Article Content

Dian Oktaviana
Hadi Warsito Wiryosutomo

Abstract

This study aims to determine the effect of assertive training to improve interpersonal communication skills in class XI-TTL students of SMK Negeri 2 Surabaya. The subjects in this study were students of class X.TTL SMK Negeri 2 Surabaya who had low interpersonal communication. The data collection method used is a questionnaire to measure the level of interpersonal communication skills and observation. Analysis of the data used is the Wilcoxon test, based on the results of data analysis, the score of interpersonal communication skills between before and after being given assertive training is significant. Thus it can be concluded that the exercise of assertiveness can improve interpersonal communication skills.


 


Abstrak:


Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan asertif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal pada siswa kelas XI-TTL SMK Negeri 2 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas kelas X.TTL SMK Negeri 2 Surabaya yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengukur tingkat keterampilan komunikasi interpersonal dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah Uji Wilcoxon,berdasarkan hasil analisis data diperoleh skor keterampilan komunikasi interpersonal antara sebelum dan sesudah diberikan latihan asertif yaitu signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latihan asertif dapat meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal.

Article Details

Section
Articles

References

Corey, G. (2013). Teori dan praktek konseling & psikoterapi. Bandung: Refika Aditama
DeVito, J. (2011). Komunikasi Antarmanusia Edisi Kelima. Jakarta: Karisma Publishing group
Djarwanto, 2003. Statistik Non Parametrik. Yogyakarta: BPFE.
Erozkan, A. (2012) The Effect of Communication Skills and Interpersonal Problem Solving Skills an Social Self_ Efficacy. Educational Sciences Theory and practice.
Mashudi, Farid. Psikologi Konseling. Jogjakarta: IRSiSoD. 2013.
Nursalim,dkk. 2005. Strategi Konseling. Unesa University Press
Purwanta, E. (2012). Modifikasi perilaku alternatif penanganan anak berkebutuhan khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rakhmat, J. (2012). Psikologi komunikasi. Bandung: Rosdakarya
Siegel, Sidney. 1986. Statistik non-Parametrik untuk ilmu-ilmu sosial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Suranto, A. (2011). Komunikasi interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologi. Yogyakarta.:Kanisius