https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/issue/feed Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia 2025-04-18T12:55:16+08:00 Luh Astiti ejournalpascasarjana@gmail.com Open Journal Systems <p align="justify"><strong>Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia&nbsp;</strong>is an interdisciplinary publication of original research and writing on education which publishes papers to international audiences of educational researchers. The JERE aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of education and plays an important role in promoting the process that accumulated knowledge, values, and skills are transmitted from one generation to another; and to make methods and contents of evaluation and research in education available to teachers, administrators and research workers. The journal encompasses a variety of topics, including child development, curriculum, reading comprehension, philosophies of education and educational approaches, etc. p-ISSN :<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512956197">&nbsp;2613-957x</a> (Print) e-ISSN :&nbsp;<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1567536772">2686-1933</a> (Online).</p> <p align="justify"><strong>Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia</strong> &nbsp;has become a member of CrossRef with a DOI: 10.23887/jpepi so that all articles published by the Indonesian Journal of Educational Research and Evaluation will have a unique DOI number. Indonesian Journal of Educational Research and Evaluation was first published in 2011 and regularly published twice a year in March and August since 2018 until now. Indonesian Journal of Educational Research and Evaluation is accredited by the Ministry of Research, Technology / National Research and Innovation Agency (RISTEKBRIN), Republic of Indonesia, which is ranked Class Four (Rank 4, Sinta 4) from Volume 12, Number 1, 2022 until Volume16, Number 2, 2026 based on Decree No. 225/E/KPT/2019 regarding the Accreditation Ranking of Scientific Journals Period VI 2022, December 7, 2022. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia<span class="Y2IQFc" lang="en">&nbsp;is published twice a year, namely in <strong>March</strong> and <strong>August</strong>.</span></p> <p align="justify"><strong>Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia</strong>&nbsp;&nbsp; from&nbsp;<strong>2021&nbsp;</strong>published an article from the issue of Vol 11 No 1 on OJS 3, this was due to a system error in OJS 2, Cut-Off System. To view the publications of Indonesian Journal of Education and Learning from&nbsp;<strong>2011-2020 &gt;&gt;<a href="https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/issue/archive">&nbsp;Click Here</a></strong></p> https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4804 PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR DIGITAL BERKEARIFAN LOKAL BALI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR 2025-04-18T12:54:57+08:00 D.A. Yasrini yasrini1985@gmail.com I.B. Putrayasa ib.putrayasa@undiksha.ac.id I.N. Sudiana nyoman.sudiana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku cerita bergambar digital berkearifan lokal Bali untuk siswa kelas II Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (<em>Development Research</em>) dengan mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Menghasilkan buku cerita digital yang berjudul “Tikus Si Jero Ketut” sebagai salah satu cerita rakyat Bali. Validitas diukur menggunakan uji ahli yang meliputi ahli media dan materi. Data kepraktisan media bersumber dari praktisi pembelajaran di sekolah dasar, dan 3 siswa untuk uji coba perorangan, dan 6 siswa untuk uji coba kelompok kecil. Pengujian efektivitas dilakukan dengan menggunakan desain <em>one group pretest-posttest</em> pada 27 orang siswa kelas II. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang telah terkumpul kemudian dikonversi menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) rata-rata keseluruhan hasil uji validasi mencapai 97,71% dan berada pada interval 81%-100% termasuk dalam kriteria sangat valid; 2) rata-rata keseluruhan uji kepraktisan mencapai 92,43% dan berada pada interval 81%-100% termasuk kriteria sangat praktis; 3) uji keefektifan berdasarkan rata-rata hasil belajar 86,96 dapat dinyatakan efektif.&nbsp; Simpulannya bahwa buku cerita digital berkearifan lokal Bali “Tikus Si Jero Ketut” dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk pembelajaran serta layak untuk dikembangkan.</p> 2025-04-18T12:03:46+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4806 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN APLIKASI CANVA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS 2025-04-18T12:54:59+08:00 M. Ratnasari milaratnasari1981@gmail.com I.W. Lasmawan wayan.lasmawan@undiksha.ac.id D.P. Parmiti parmiti@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai sebanyak 249 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik <em>random sampling. </em>Desain penelitian yang digunakan, yaitu <em>post-test only kontrol group design. </em>Metode dalam mengumpulkan data menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner untuk motivasi belajar dan tes obyektif pilihan ganda untuk hasil belajar IPS. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 &lt; 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi belajar pada nilai Sig. 0,001 &lt; 0,05; (3) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap hasil belajar IPS pada nilai Sig. 0,001 &lt; 0,05. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan canva terhadap motivasi dan hasil belajar IPS kelas VI SD Negeri Gugus I Gusti Ngurah Rai baik secara simultan maupun terpisah. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai rekomendasi dalam peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa SD.</p> 2025-04-18T12:20:37+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4827 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL BERBASIS BUDAYA LAMPUNG PADA MATERI GAYA DAN GERAK UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK 2025-04-18T12:55:01+08:00 M.Y. Sari mirayuliasari99@gmail.com I.B. Putrayasa ib.putrayasa@undiksha.ac.id I.N. Sudiana nyoman.sudiana@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran komik digital berbasis budaya Lampung pada materi gaya dan gerak untuk meningkatkan minat baca dan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan yaitu <em>analyze, design, development, implementation, dan evaluation. </em>Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes pilihan ganda. Data validitas media pembelajaran diperoleh dari 2 orang ahli yang menilai pada aspek media dan materi pembelajaran serta bahasa. Data kepraktisan media diperoleh dari praktisi lapangan meliputi 2 orang guru dan 6 peserta didik dalam uji coba kelompok kecil. Data uji efektivitas menggunakan desain <em>one group pre-test post test</em> terhadap 30 peserta didik sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) komik digital memiliki rancang bangun yang dibuat menggunakan aplikasi <em>pixton</em> dengan spesifikasi dari segi ukuran, tata letak, dan karakter serta ilustrasi yang baik. 2)&nbsp; komik digital sudah memenuhi uji validasi kelayakan produk yang dilakukan oleh ahli materi dengan skor sebesar 98% dan ahli media dengan skor sebesar 94% sehingga dapat dikategorikan “Sangat Layak”. 3) uji kepraktisan guru diperoleh skor sebesar 97% dan kepraktisan peserta didik diperoleh skor sebesar 97% dapat dikategorikan “Sangat Praktis”. 4) uji efektivitas menggunakan uji <em>paired sample t-test</em> pada hasil belajar dan minat baca yang telah dilakukan dapat terlihat bahwa kedua nilai signifikan (<em>sig 2 tailed</em>) adalah sebesar 0,000 &lt; ∞ = 0,05 dapat dikategorikan “Sangat Efektif”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara data <em>pre-test</em> dan <em>post-test</em> hasil belajar dan minat baca terhadap penggunaan media komik digital berbasis budaya Lampung pada materi gaya dan gerak yang telah diterapkan di SD Negeri 2 Sukabumi, Bandar Lampung.</p> 2025-04-18T12:08:34+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4807 PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR 2025-04-18T12:55:04+08:00 N.W.S. Sukanadi niwayansrisukanadi@gmail.com I.N. Sudiana nyoman.sudiana@undiksha.ac.id I.B. Putrayasa ib.putrayasa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional, (2) pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPAS siswa, (3) perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi, (4) perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (<em>quasi experiment</em>) dengan rancangan <em>Posttest Only Non-Equivalent Control Group Design</em>. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji ANAVA 2 jalur yang dilanjutkan dengan uji <em>Least Significant Difference </em>(LSD).Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (F = 6,292 ; p&lt;0,05), (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar IPAS siswa (F = 25,189 ; p&lt;0,05), (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar tinggi (F = 90,376 ; p&lt;0,05), dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPAS antara siswa yang belajar dengan model <em>Problem Based Learning </em>berbasis etnosains dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah (F = 5,552 ; p&lt;0,05).</p> 2025-04-18T12:39:36+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4808 PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR 2025-04-18T12:55:07+08:00 Y. Maliani yanti.maliani@gmail.com I.N. Suastika nengah.suastika@undiksha.ac.id N. Dantes dantes@undiksha.ac.id <p class="TableParagraph" style="margin-right: -.05pt; text-align: justify; text-justify: inter-ideograph;"><span lang="id" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Arial','sans-serif';">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis permainaan berbantuan Quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila baik secara simultan maupun sendiri-sendiri. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eskperimen dengan rancangan post-test only control group design. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi sebanyak 215 siswa. Kelompok eksperimen adalah siswa kelas V SD No. 4 Mengwi yang terdiri dari 28 orang sedangkan kelompok kontrol adalah siswa kelas V SD No. 1 Mengwi yang sebanyak 26 orang. Instrumen data pada penelitian ini adalah angket untuk motivasi belajar dan tes untuk prestasi belajar Pendidikan Pancasila yang dianalisis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Kedua, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Ketiga, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis permainan berbantuan quizizz terhadap prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa Kelas V SD Negeri Gugus VIII Mengwi. Berdasarkan temuan-temuan tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis permainan berbantuan Quizizz berpengaruh positif terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar Pendidikan Pancasila siswa.</span></p> 2025-04-18T12:12:44+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4805 PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR 2025-04-18T12:55:09+08:00 N.L.E.S. Handayani nihandayani31@guru.sd.belajar.id I.M. Ardana ardanaimade@undiksha.ac.id I.W. Kertih wayan.kertih@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Berbasis Etnomatematika terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus Dewi Sartika. Rancangan penelitian ini mengikuti rancangan eksperimen <em>The</em> <em>postest only control group design. </em>Sebanyak 344 siswa yang menjadi populasi penelitian yang berasal dari siswa kelas VI Gugus Dewi Sartika. Sebanyak 49 siswa yang dipilih menjadi sampel melalui <em>random sampling.</em> Dalam memperoleh data penelitian, digunakan metode non tes berupa kuisioner untuk motivasi belajar dan metode tes untuk prestasi belajar siswa. Analisis data diperoleh melalui analisis MANOVA dan ANAVA. Penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut: 1) secara simultan terdapat perbedaan motivasi dan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 141,538 dengan Sig = 0,000), 2) terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 262,270 dengan Sig = 0,000), 3) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang signifikan antara kelompok siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik (PMR) berbasis etnomatematika dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (F hitung sebesar 23,38 dengan Sig = 0,000). Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh PMR berbasis etnomatematika terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus Dewi Sartika.</p> 2025-04-18T12:14:57+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/3664 EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI MODEL CIPP 2025-04-18T12:55:12+08:00 N. Angelika neindealika8@students.unnes.ac.id A. Rusilowati rusilowati@mail.unnes.ac.id <p>Evaluasi satuan pendidikan jenjang menengah di kota Semarang masih jarang ditemukan secara menyeluruh dari awal perencanaan sampai akhir pembelajaran. Salah satunya evaluasi kurikulum merdeka yang dilakukan satuan pendidikan cenderung lebih terfokus terhadap pelaksanaan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengasilkan suatu keputusan dalam mengavalusi program kurikulum merdeka dalam satuan Pendidikan tepatnya pada pembelajaran Biologi. Penelitian ini menggunakan metode Mixed Method dengan data yang diambil secara kuantitatif an kualitatif dengan merapkan tahapan dari model CIPP (Context, Input, Process, Produk). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yakni purposive sampling dengan sample yang berada pada fase E pada kelas X dan F pada kelas XI. Jumlah sampel yang terlibat yakni 108 sampel. Tempat penelitian di SMA Negeri 2 Semarang, Jawa Tengah. Instrument pengumpulan data yang dibutuhkan mencakup lembar dokumentasi, lembar wawancara, lembar observasi, lembar tes, maupun lembar angket.&nbsp; Teknik analisis data yang digunakan deskriptif melalui triangulasi data. Software yang mendukung analisis data diantaranya SPSS dan Microsfof Excel. Hasil penelitian menujukkan pada aspek context hasil evaluasi berada pada tahap siap begitupun aspek input hasil evaluasi berada pada tahap siap. Sedangkan aspek proses dan produk berada pada kategori baik. Dengan demikian evaluasi program yang kurikulum merdeka pada satuan Pendidikan tepatnya pembelajaran biologi masih perlu ditingkatkan menjadi kriteria tahap mahir dan sangat baik dalam mengimplementasikannya demi kebutuhan dan kemajuan peserta didik.</p> 2025-04-18T12:36:04+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ep/article/view/4797 MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL TOPIK BENTUK BUMI DALAM PEMBELAJARAN IPAS SISWA KELAS V SD 2025-04-18T12:55:14+08:00 L.E. Septiani - enikid50@gmail.com I.N. Sudiana sudiana@undiksha.ac.id I.B. Putrayasa ib.putrayasa@undiksha.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Game edukasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V SD, Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model ADDIE yang melibatkan lima tahapan: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini memperoleh data melalui teknok non-tes kuesioner dan tes pilihan ganda. Uji validitas media dianalisis dengan formula Gregory terhadap skor uji judges, uji kepraktisan dianalisis dengan rata-rata kategorisasi terhadap skor uji kepraktisan dan uji efektivitas dianalisis dengan uji-t melalui paired sample t-test terhadap skor pre dan post test hasil belajar IPAS. Hasil penelitian menunjukkan media Game edukasi Wordwall yang dikembangkan terbukti valid dari segi materi, media dan bahasa melalui uji judges, terbukti praktis melalui uji praktisi oleh 10 guru dan 24 siswa dan terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas V dengan pemerolehan t hitung &gt; t tabel yakni 8,05 &gt; 1,68023 selain itu juga diperoleh nilai sig. (1-tailed) &lt; 0,05 (t = 8,05, p &lt; 0,05, effect size = 1,2135 (tinggi)). Jadi, media Game edukasi Wordwall terbukti valid dan praktis sebagai sumber belajar serta efektif untuk meningkatkan hasil belajar.</p> 2025-04-18T12:50:59+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia