PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA BERORIENTASI HOTS PADA SISWA KELAS V SD

Main Article Content

P.Y.L. Nugraha
I.W. Suastra
I.G. Astawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis HOTS dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analyze, design, development, implementation and evaluation. Penelitian ini sampai pada tahap implementation. Subjek penelitian ini adalah 2 ahli, 3 orang guru dan 30 orang siswa kelas V. Data yang dikumpulkan, dianalis dengan metode statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Validitas RPP dan LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan secara umum terkategori sangat valid dengan skor RPP rata-rata 3,89 dan skor LKPD rata-rata 3,9. 2) Kepraktisan RPP berbasis HOTS yang dikembangkan terkategori sangat praktis bagi guru dengan nilai rata-rata 3,87 dan bagi siswa terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,64, LKPD berbasis HOTS yang dikembangkan terkategori sangat praktis bagi guru dengan nilai rata-rata 3,81 dan bagi siswa terkategori sangat praktis dengan nilai rata-rata 3,79. 3) Tedapat efektivitas LKPD berbasis HOTS pada siswa kelas 5, diperoleh dari peningkatan hasil belajar kelas V A dari pre-test ke post-test, sebagai pembanding menggunakan KKM sekolah untuk mata pelajaran IPA yaitu 70.

Article Details

Section
Articles

References

Anderson, L. W., &Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy For Learning, Teaching And Assessing: A Revision Of Bloom’s Taxonomy Of Educational Objectives: Complete Edition.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT.Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. PT Bumi Aksara.
Barak, M., &Dori, Y. J. (2009). Enhancing Higher Order Thinking Skills Among Inservice Science Teachers Via Embedded Assessment. Journal Of Science Teacher Education, 20(5), 459–474. Https://Doi.Org/10.1007/S10972-009-9141-Z
Cahyono, E., Budi, A. S., Lathif, S., &Pantiwati, Y. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi HOTS Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Penerbit Gava Media.
Destiana, O., S., &Adiastuti, N. (2020). Developing Geometry Side Flat Learning Devices With A Contructivist Appoarch Base On Mathematica. M A T H L I N E Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128–145.
Dewa, I., Putra Widiarta, G., Parmiti, D. P., Gede Margunayasa, D. I., Pendidikan Guru, P., Dasar, S., & Artikel, I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Higher Order Thinking Pada Kelas V Sekolah Dasar. Http://Jurnal.Umk.Ac.Id/Index.Php/Re
Dinni, H. N. (N.D.). Hots (High Order Thinking Skills) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika. Https://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Prisma/
E.Hidayani, A.A.I.N Marhaeni, & I.M.Gunamantha. (2020). Pengembangan Rpp Berbasis Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Abad Ke 21 Untuk Kelas Iii Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 42–52.
Hadi, S. (2019). Timss Indonesia (Trends In International Mathematics And Science Study).
Handika Putra, R., Asrial, A., & Marzal, J. (2021). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Model Problem Based Learning Daring Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan. Biodik, 7(01), 84–94. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V7i01.11775
Hastuti, W. S., Pujiastuti, P., Tiarani, V. A., Nugroho, I. A., & Herwin, H. (2021). Pelatihan Pengembangan Pembelajaran Berorientasi Higher-Order Thinking Skills (Hots) Bagi Guru Sekolah Dasar. Foundasia, 12(1). Https://Doi.Org/10.21831/Foundasia.V12i1.36360
Heri Retnawati, Hasan Djidu, Kartianom, Ezi Apino, & Risqa D. Anazifa. (2018). Teachers’ Knowledge About Higher-Order Thinking Skills And Its Learning Strategy. Problems Of Education In The 21stcentury, 76(2).
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. Isnaningsih. 2013. Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1).
Isnaningsih, &D. S. Bimo. (2013). Penerapan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Discovery Berorientasi Keterampilan Proses Sains Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2), 136–141.
Khotimah, K. (2018). Meningkatkan Kemampuan Higher-Order Thinking Menggunakan Problem Based Learning Pada Mata Kuliah Sejarah Asia Tenggara. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 8(2), 181–187. Https://Doi.Org/10.25273/Ajsp.V8i2.2654
King, S., Chambers, C. T., Huguet, A., Macnevin, R. C., Mcgrath, P. J., Parker, L., & Macdonald, A. J. (2011). The Epidemiology Of Chronic Pain In Children And Adolescents Revisited: A Systematic Review. Pain, 152(12), 2729–2738. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pain.2011.07.016
Lucy Asri Purwasi, & Nur Fitriyana. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education, 3(1), 17–25.
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). Indonesian Journal Of Science And Mathematics Education, 2(2), 168–176. Https://Doi.Org/10.24042/Ijsme.V2i2.4342
Putra, N. (2012). Research And Development. Pt Raja Grafindo Persada.
Rahmawati, N. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab: Menuju Higher Order Thinking Skills (Hots).
Riadi, A., & Retnawati, H. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hots Pada Kompetensi Bangun Ruang Sisi Datar Developing Learning Kit To Improve Hots For Flat Side Of Space Competence. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 126–135. Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Pythagoras
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Hots Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i2.25336
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research And Develovment). Alfabeta.
Susanti, E., & Wulandari, A. (2019). Hubungan Kadar Kalsium Dan Fosfor Darah Pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik (Pgk) Di Rumah Sakit Gading Pluit Jakarta Utara. Anakes : Jurnal Ilmiah Analis Kesehatan, 5(1), 43–52. Https://Doi.Org/10.37012/Anakes.V5i1.330
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Pt Bumi Aksara.
Yayuk, E., Deviana, T., & Sulistyani, N. (2019). Implementasi Pembelajaran Dan Penilaian Hots Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Indonesia Bangkok Thailand. Jinop (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(2), 107. Https://Doi.Org/10.22219/Jinop.V5i2.7106