PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF REGULATED LEARNING DAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

I.W.A. Parantika
Sariyasa
I.G. Astawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menilai  self regulated learning dan kecerdasan emosional pada pembelajaran matematika kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Djmari Mardapi. Pengembangan ini terdiri dari 7 tahapan yaitu : (1) Menyusun spesifikasi tes/non tes, (2) Menulis soal tes/non tes, (3) Menelaah tes/non tes, (4) Memperbaiki tes/non tes, (5) Melakukan uji coba, (6) Menganalisis tes/non tes, (7) Menafsirkan hasil tes/non tes. Bentuk instrumen yang dikembangkan berupa kuisioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Hasil perhitungan  CVR  instrumen self regulated learning  diperoleh 29 instrumen yang valid dengan nilai CVI sebesar 0,98. (2) Hasil perhitungan  CVR  instrumen Kecerdasan emosional   diperoleh 29 instrumen yang valid dengan nilai CVI sebesar 0,98. (3) Hasil uji reliabilitas instrumen self regulated learning   diperoleh hasil 0,847 yang artinya sangat reliabel, (4) Hasil uji reliabilitas instrumen kecerdasan emosional diperoleh hasil 0,852 yang artinya sangat reliabel.

Article Details

Section
Articles

References

Afifilchafid, A. M. (2021). Fenomena kecerdasan emosional terhadap stres kerja dimediasi etos kerja islam pada pegawai pengadilan negeri kabupaten kediri. Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Ananto, M. C., & Vinayanti, A. (2021). Pengembangan Instrumen Kkecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(2), 87–98. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jga.2021.62-04
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidika. PT. Bumi Aksara.
Arini, N. P. P. P., Marhaeni, A. A. I. N., & Lasmawan, I. W. (2020). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Kelas V di SD Negeri 1 Dajan Peken. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 61–68. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpdi.v4i2.3358
Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., & Afdal, Z. (2022). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 14. https://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/13187
Darmiany, Istiningsih, S., Nurmawanti, I., & Nurwahidah. (2022). Pelatihan Self-Reguated Learning pada Mahasiswa PGSD Universitas Mataram Di Era New Normal. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1). https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.16860
Dewi, S. G. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Self Regulated Ma’ Arif Ngumpit Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. IAIN Ponorogo.
Hamonangan, R. H., & Widiyarto, S. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 5–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v7i1.1056
Indrayanto, M. Q. (2019). Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Negeri 20 Gowa. Shaut Al Arabiyyah, 6(2), 142–154. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/saa.v6i2.7125
Lawshe, C. H. (1975). A Quantitative Approach to Content Validity. Personnel Psychology, 28(4), 563–575. http://dx.doi.org/10.1111/j.1744-6570.1975.tb01393.x
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Mitra Cendikia Press.
Mirnawati, & Basri, M. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 56–64. https://doi.org/10.26618/jrpd.v1i1.1240
Nikmah, Khoerun, & Achmad, N. (2021). Analisis Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Bebudaya Terhadap Kinerja Melalui Organizational Citizenship Behaviour (OCB) (Studi pada Karyawan PDAM Surakarta). Universias Muhammadiyah Surakarta..
Prafitriani, S., Umanailo, M. C. B., Indrayani, N., Lisaholit, S., & Chamdidah, D. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Buru. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik., 9(2), 567–580. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jispo.v9i2.6207
Ratni, M. G., Budiarti, I., & Trisna, B. N. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar (Self Regulated Learning) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika., 3(1), 75–83. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v3i1.57
Sa’ida, N. (2018). Perkembangan Regulasi Diri Anak Usia Dini: Peranan Kemampuan Berbahasa dan Regulasi Diri pada Pembelajaran. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 110–115. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4884
Safitri, G. N., Muharsih, L., & Hemasti, R. ayu G. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XII Di SMK Negeri 3 Karawang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana, 2(1), 13–23. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/empowerment.v2i1.287
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada.
Zebua, S. N., Siahaan, E., & Erlina. (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Kemampuan Menyesuaikan Diri Terhadap Kinerja Guru SMA. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 3509–3519. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.923