PENGEMBANGAN INSTRUMEN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 1 SD KELAS IV

Main Article Content

D.W.A.T. Udayani
I.M. Candiasa
I.M.C. Wibawa

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengahasilkan instrumen tes HOTS Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 1 SD kelas IV dan instrumen tes HOTS yang memenuhi kelayakan validitas, validasi isi dapat dilihat dari kisi-kisi atau spesifikasi instrumen yaitu dengan cara mengkaji butir-butir instrumen yang digunakan, apakah sudah mewakili materi secara keseluruhan atau belum representative (Koyan, 2011), reliabilitas, uji reliabilitas digunakan untuk menguji atau mengetahui keajegan alat ukur tersebut apabila alat ukur tersebut diberikan secara berulang kali pada objek atau subjek yang sama hasilnya akan relatif sama (Yusuf, 2015), daya beda, uji daya beda adalah kemampuan pada butir tes dalam membedakan antara peserta didik yang berkemampuan tinggi dan siswa yang memiliki kemampuan rendah (Arikunto, 2015). tingkat kesukaran  dan Partial Credit Model (PCM), Sumintono (2015) model PCM mengakomodasi analisis butir yang antara satu dengan lainnya memiliki bobot yang berbeda dapat digunakan pada data politomi yang dihasilkan dengan total skor majemuk atau berbeda-beda dikembangkan pada skala politomi yang memiliki pola skor x sebesar 0,1,2,3,..., mi. Pendekatan penelitian adalah Research and Development (R&D). Tryout dilakukan di SD Gugus VI Sukawati menggunakan 30 responden dalam uji Small Group dan 60 responden field test. Kisi-kisi instrumen berisi muatan pelajaran Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Seni Budaya dan Prakarya yang terdiri dari satu Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi dasar diturunkan menjadi 10 indikator 2 indikator C4/K1, 1 indikator C4/K2, 3 indikator C4/K4, 1 indikator C5/K2 dan 3 indikator C5/K4. Instrumen dikembangkan dalam bentuk tes soal uraian menentukan kualitas instrumen tersebut harus melalui beberapa uji coba. Uji validitas pakar formula Gregory nilai 1 kriteria baik.

Article Details

Section
Articles

References

Anderson, L.W., and Krathwohl, D. . (2001). A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing. A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. Longman.
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Bajpai, R., & Bajpai, S. (2014). Goodness of Measurement: Reliability and Validity. International Journal of Medical Science and Public Health, 3(2), 112. https://doi.org/10.5455/ijmsph.2013.191120133
Budiarta, K., Harahap, M. H., Faisal, & Mailani, E. (2018). Potret implementasi pembelajaran berbasis high order thinking skills (HOTS) di Sekolah Dasar Kota Medan. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 6(2), 102–111.
Candiasa, I. M. (2011). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Candiasa, I. M. (2015). Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Universitas Pendidikan Ganesha.
Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31
Dasar, D. I. S. (2016). Pengembangan Soal Tes Berbasis Hots Pada Model Pembelajaran Latihan Penelitian Di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 74–83.
H., H. R. K. & S. (1985). Item response theory. Kluwer Nijhoff Publisher.
Hidayati, A. U. (2017). TERAMPIL Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Pebelajaran Dasar, 4(20), 143–156.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Artikel Statistik yang Benar. 18210047.
K.O. Litna, N.M.S. Mertasari, & G. Sudirtha. (2021). Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skills (Hots) Matematika Sma Kelas X. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 10–20. https://doi.org/10.23887/jpepi.v11i1.278
Koyan, I. W. (2011). Assesmen dalam Pendidikan. Unversitas Pendidikan Ganesha Press.
Masters, G. N. (2016). Partial Credit Model. taylorfrancis.
Muthoharoh, M. (2020). Inovasi pembelajaran pendidikan agama islam berbasis hots (higher order thinking skill). Journal of Islamic Education, 5(2), 131–143.
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 94. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.6274
Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127. https://doi.org/10.23887/jere.v3i3.21853
Retnawati, H. (2016). Validitas, Reliabilitas, dan Karakteristik Butir. Parama Publishing.
Retnawati, H., Djidu, H., Kartianom, Apino, E., & Anazifa, R. D. (2018). Teachers’ knowledge about higher-order thinking skills and its learning strategy. Problems of Education in the 21st Century, 76(2), 215–230. https://doi.org/10.33225/pec/18.76.215
Riza, S. N. (2021). Analysis of HOTS Indicators on Physics Problems for Senior High Schools in West Pasaman District. 14(2), 94. http://repository.unp.ac.id/34167/
Sani, A. (2019). Pembelajaran HOTS. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=GrfrDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=peserta+didik+berada+pada+level+tersebut+(Sani,+2019).+&ots=kHzXJX4zA-&sig=rPRVWbzXkRD-YaXSf1OLl0zF5uY&redir_esc=y#v=onepage&q=peserta didik berada pada level tersebut (Sani%2C 20
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabet.
Suhady, W., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Soal untuk Mengukur Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa. Jurnal Gantang, 5(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/jg.v5i2.2518
Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Syofyan, H. (2016). Penyuluhan dan Pelatihan Pendidikan Tentang Pembuatan Kisi-Kisi Soal untuk Guru-Guru d Yayasan Perguruan Birrul Waalidain Semplak Bogor. Jurnal Abdimas, 3(1), 12–17. https://journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS
Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The Relationship between Higher Order Thinking Skills and Academic Performance of Student in Mathematics Instruction. International Education Studies, 10(11), 78. https://doi.org/10.5539/ies.v10n11p78
Van de Walle & Bay Williams, J. M. (2009). Elementary and middle school mathematics: Teaching developmentally (7th ed.). Allyn & Bacon/Merill.
Yulianto, A., & Widodo, A. (2020). Indonesian Journal of Primary Education Disclosure of Difficulty Distribution of HOTS-Based Test Questions through Rasch Modeling. 4(2), 197–203.
Yusuf, M. (2015). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Prenadamedia Group.