PERAN BUDAYA LITERASI DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA

Main Article Content

S.C. Rawin
I.N. Sudiana
I.G. Astawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran budaya literasi dalam menumbuhkan minat baca siswa, dan factor – factor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam meningkatkan minat baca pada siswa kelas 3 SDK Lebao Tengah II Kota Larantuka. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan model interaktif yang meliputi reduksi  dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran budaya literasi pada siswa SD kelas 3 yakni berdasarkan jawaban responden tentang  ketertarikan terhadap buku bacaan melalui kegiatan Pembiasaan yang sering dijalankan oleh siswa  sehingga  diperoleh hasil 63% . Hasil tersebut menunjukkan bahwa  peran literasi di sekolah dasar berjalan dengan baik. (2) Faktor pendukung dalam menumbuhkan peran literasi yaitu minat membaca siswa yang sangat tinggi yakni berdasarkan jawaban responden tentang ketertarikan terhadap buku bacaan diperoleh hasil 89%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa siswa memang memiliki ketertarikan dalam membaca buku. (3) Implikasi peran budaya literasi di antaranya (a) minat siswa semakin meningkat dalam membaca, (b) sikap senang dan ceria, (c) bersemangat dan selalu tertarik untuk membaca. Kegiatan literasi di SDK Lebao Tengah II Kota Larantuka, berperan dalam meningkatkan minat membaca siswa, sekolah melaksanakan kegiatan pembiasaan 15 menit membaca sebelum jam KBM berlangsung dan hambatan pihak sekolah dalam melaksanakan kegiatan literasi di sekolah yaitu kurangnya sarana prasarana  berupa ketersedian buku bacaan yang masih minim dan sangat terbatasnya ruangan perpustakaan.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca Dan Menulis. Bumi Aksara.

Ahmadi, F., Fakhruddin, Trimurtini, & Khasanah, K. (2018). THE Development Of Pop-Up Book Media To Improve 4th Grade Students’ Learning Outcomes Of Civic Education. Asia Pacific Journal Of Contemporary Education And Communication Technology, 4(1), 42–50. Https://Doi.Org/10.25275/Apjcectv4i1edu5

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sd Gugus II Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83. Https://Ejournal-Pasca.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jurnal_Pendas/Article/View/2869

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa SD Islam Terpadu Muhamdyah Klaten. Hanata Widya, 6(8), 61-69. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipmp/article/viewFile/9280/8962

Farida, Rahim. 2012. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Bumi Aksara.

Khoiruddin, M. A., Taulabi, I., & Imron, A. (2016). Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Di Taman Baca Masyarakat. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 1(2), 291–319. Https://Doi.Org/10.33367/Psi.V1i2.295

Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti (Patent No. 23).

Mitasari, L. S. (2017). Peran Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Dan Menulis Siswa Kelas Atas Di Sdn Gumpang 1 [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/50708/1/NASKAH PUBLIKASI.Pdf

Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154-163. Https://Doi.Org/10.25078/Jpm.V3i2.195

Nurdiyanti, E., & Suryanto, E. (2010). Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Sisiwa Kelas V Sekolah Dasar. Paedagogia, 13(2), 115-128. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36000

Putri Pradana, F. A. (2020). Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 81–85.Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V1i2.599

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif , Kualitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Supiandi. (2016). Menumbuhkan Budaya Literasi Di Sekolah Dengan “Program Kata” . Taboli , Bangka Belitung. Http://Simposium.Gtk.Kemendikbud.Go.Id/Karya/Files/Tendik 1 SUPIANDI.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Prenada Media Group.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.

UNESCO. (2012). Information For All Programme (IFAP) : Towards Information Literacy Indicator. Http: Www.Uis.Unesco.Org/ Template/Pdf

Widodo, S., Slamet, & Slamet. (2015). Membangun Kelas Literat Berbasis Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Siswa Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan. https://adoc.pub/membangun-kelas-literat-berbasis-pendidikan-lingkungan-hidup.html