MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PPKN KELAS V MELALUI BUKU SAKU DIGITAL

Main Article Content

I. Noerdiansyah
I.N. Sudiana
Sariyasa

Abstract

Pentingnya pengintegrasian teknologi ke dalam materi pembelajaran saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku saku digital untuk meningkatkan hasil PPKn kelas V SD. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research Development, dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian ini adalah 82 siswa kelas V, 6 orang ahli, dan 2 orang guru. Instrumen pengumpulan data pada kuesioner terdiri dari terdiri dari validasi aspek materi, bahasa, dan kegrafikan. Kemudian instrumen angket respon guru dan respon siswa. Teknik analisis data pada pengembangan buku saku digital ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini diantaranya adalah hasil validasi ahli materi sebesar 5,00 dengan kategori sangat baik dengan skor maksimum 5.00, kemudian ahli bahasa sebesar 4,50 dengan kategori sangat baik dengan skor maksimum 5.00, dan ahli kelayakan kegrafikan sebesar 4,43 dengan kategori sangat baik dengan skor maksimum 5.00. Hasil tahapan one to one evaluation dan small group evaluation yang memperoleh hasil rata-rata sebesar 3,6 untuk one to one evaluation dan 3,4 untuk small group dan termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil efektivitas juga menunjukkan bahwa presentasi ketuntasan menunjukkan 100% peserta didik memiliki nilai yang tuntas, artinya materi dalam buku digital mampu dipahami. Pada nilai perolehan (N-Gain) mendapat hasil perolehan termasuk kategori sedang sehingga bahan ajar buku digital memiliki pengaruh dengan kategori sedang terhadap pemahaman materi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa buku saku digital yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif sehingga dapat digunakan pada pembelajaran PPKn kelas V SD.

Article Details

Section
Articles

References

Andayani, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas IV SDN Gadingrejo 01 Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 4(4), 37-48. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2176.
Anita, Y., Thahir, A., Komarudin, K., Suherman, S., & Rahmawati, N. D. (2021). Buku Saku Digital Berbasis STEM: Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1004
Chairudin, M., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 951–962. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index
Falah, B. N., & Fatimah, S. (2019). Pengaruh gaya belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Euclid, 6(1), 25-35. https://doi.org/10.33603/e.v6i1.1226
Hindatulatifah, H. (2017). Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Al- Qur’an Dengan Metode Dan Bahan Ajar Iqro’ Braille Pada Siswa Kelas III SDLB–A Yeketunis Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 14(2), 203–232. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/jpai.2017.142-03
Khaulani, F., Noviana, E., & Witri, G. (2019). Penerapan Metode Brainstorming Dengan Bantuan Media Gambar Grafis Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1), 18-25. https://doi.org/10.33578/pjr.v3i1.6305.
Komarudin, K., Utari, I. D., Farida, F., & Suherman, S. (2021). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis STEM Terhadap Pemahaman Konsep Matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(2), 97–106. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.3221.
Larasati, D. E. (2022). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Android Mata Pelajaran Ppkn Kelas VII SMP. Jurnal: Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 7(1), 139–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um019v7i1p139-148
Listyarini, D.W., As'Ari, A.R., & Ruraidah. (2018). Pengaruh Model Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Halma terhadap Minat dan Hasil Belajar pada Materi Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 538–543. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i5.10930
Mediatati, N., & Suryaningsih, I. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay Dengan Media Flipchart Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(2), 113. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i2.10146
Meyanasari, S., & Widiyanto, W. (2017). Pengaruh Minat Dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Man 1 Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 602-611. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/16448.
Murdiono, M. (2014). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Wawasan Global Warga Negara Muda. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 349–357. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2379
Murnaka, N. P., & Yuniarti, N. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII. Kreano Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 28–37. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.10957
Ningsih, Y. L., & Jayanti. (2016). Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Penerapan Model Blended Learning Pada Mata Kuliah Persamaan Diferensial. RAFA: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1–11. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1237.

Prayitno, P., & Mardianto, M. F. F. (2020). Peningkatan Hasil Evaluasi Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 Berdasarkan Media Powerpoint Interaktif. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 171–181. https://doi.org/http://doi.org/10.30651/must.v5i2.6119
Reza, M. F. A., & Purwanti, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Buku Saku Digital Berbasis Android Materi Ajar Gerak Dan Gaya Di Smk 1 Kedungwuni. Edu Komputika Journal, 4(2), 1–1. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/edukomputika.v4i2.13684
Setiyani, S., Fitriyani, N., & Sagita, L. (2020). Improving student’s mathematical problem solving skills through Quizizz. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 276–288. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.10696
Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 193. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistri, E., Sunarsih, E., & Utama, E. G. (2020). Pengembangan Buku Saku Digital Berbasis Etnosains di Sekolah Dasar Kota Singkawang. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 522–531. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2842
Sulistyawati, E. (2020). Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi , minat belajar , dan apresiasi terhadap matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 6(1), 27–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v6i1.1421
Sulkipani, S. (2017). Perencanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) untuk mengembangkan kesadaran bela negara mahasiswa. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(1), 51-62. https://doi.org/10.21831/civics.v14i1.14561.
Sumardjoko, B., & Musyiam, M. (2018). Model of civic education learning based on the local wisdom for revitalizing values of pancasila. Cakrawala Pendidikan, 37(2), 201–211. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.18037
Suwarni, N. W. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKN. Mimbar Ilmu, 24(3), 330–337. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/21467/13375
Waluya, E. B., Hakim, L., & Sakti, N. C. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Insert Ekonomi Syariah dengan Intervening Kecerdasan Spiritual Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Kota Malang. Jurnal Penelitian, 13(2), 325-352. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jp.v13i2.6001.
Zuliana, L., Yunarti, Y., & Sulistiowati, D. L. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Kontekstual pada Materi Relasi dan Fungsi. Journal of Mathematics Educariton, 2(1), 84–95. http://repository.radenintan.ac.id/676/1/SKRIPSI_TIRA_AMBARWATI_1111.pdf