EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-LKPD DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI TEMATIK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan karakteristik e-LKPD, 2) mengetahui validitas e-LKPD, 3) mengetahui kepraktisan e-LKPD, 4) menganalisa tingkat keefektivan e-LKPD materi tematik Subtema Manusia dan Lingkungan bagi siswa sekolah dasar. Jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling yang berjumlah 60 yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimen. Data dikumpulkan melalui observasi, instrumen uji ahli, dan kuesioner motivasi belajar serta pre-test dan posttest. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-LKPD merupakan salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan sebagai solusi meningkatkan efektivitas dan motivasi sesuai dengan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-LKPD cukup efektif meningkatkan hasil posttest dan motivasi belajar siswa sehingga perlu dikembangkan.
Article Details
References
Aisyiah, S., Taufina, T., & Montessori, M. (2020). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kritis Siswa Menggunakan Metode Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 784–793. https://doi.org/https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.454
Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Education, 4(2), 51-64. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v4i2.55
Cholifah, S. N., & Novita, D. (2022). Pengembangan E-LKPD Guided Inquiry-Liveworksheet untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Submateri Faktor Laju Reaksi. Chemistry Education Practice, 5(1), 23–34. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3280
Darmawiguna, I. G. M., Santradiputra, G. S., & Pradnyana, G. A. (2019). Pelatihan Implementasi Gamafikasi dalam Pembelajaran dengan Platform Kahoot bagi Guru di SMK Negeri 1 Nusa Penida. Prosiding SENADIMAS, 4, 967–972. https://doi.org/10.23887/jwl.v9i1.22369
Hartiyani, S. D., & Ghufron, A. (2020). Pengembangan Dan Kelayakan Multimedia Berbasis Android Untuk Pembelajaran Bahasa Arab Di Islamic Boarding School Bina Umat. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 275-289. https://doi.org/https://Doi.Org/10.31800/Jtp.Kw.V8n2.P275--289
Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan. JPP Guseda, 2(1), 10–15. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v2i1.988
Lubis, M. A., & Azizan, N. (2020). Pembelajaran Tematik SD/MI. Kencana A.
Marwanto, A. (2021). Pembelajaran pada Anak Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 2098–2105. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1128
Nahak, K. E. N., Degeng, I. N. S., & Widiati, U. (2019). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(6), 785–794. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12527
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i4.460
Rahmadani, Y., Yuniawatika, & Bintartik, L. (2021). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis React Materi Pecahan pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(20), 847–854. https://doi.org/DOI: 10.17977/um065v1i102021p847-854
Saifuddin, M. Y. (2021). The Development Of Electronic-Worksheets (E-Worksheets) With Sub-Materials Of Waste Recycling Based On Ecopreneurship To Train Entrepreneurship Interest Of Students. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 418–426. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p418-426
Simanjuntak, H. (2021). Motivasi Belajar Mempengaruhi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. As-Syar’i: Jurnal Bimbingan & Konseling Keluarga, 9–17, 149-157. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/as.v4i1.94
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Afabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susilawati, S. A., Musiyam, M., & Wardana, Z. A. (2021). Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Muhammadiyah University Press.
Ulhusna, M., Putri, S. D., & Zakirman, Z. (2020). Permainan Ludo untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika. International Journal of Elementary Education, 4(2), 130–137. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/ijee.v4i2.23050
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 133–141. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Yuliansah. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Powerpoint Berbasis Animasi Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar. Jurnal Efisiensi – Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 24–32. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24491
Yuniastuti, E. (2021). Penerapan Metode Presentasi dan Metode Diskusi dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Pendidikan Pancasila Universitas Tridharma. OJS Untri, 4(2), 44-49. https://doi.org/https://doi.org/10.35439/research.v4i2.43