PEMBERIAN PENGHARGAAN (REWARD) DENGAN BENTUK SHINING STAR TERHADAP HASIL BELAJAR, SIKAP DAN PERSEPSI SISWA KELAS IV DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Isi Artikel Utama

A.D.L. Zamani
A. Utami

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mengetahui perbedaan pemberian reward dengan bentuk shining star terhadap hasil belajar siswa.  Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik SDN Jurumudi 4, Kota Tangerang dengan pengambilan sampel penelitian sebanyak 20 siswa kelas eksperimen dan 20 siswa kelas kontrol. Instrumen yang dipergunakan pada penelitian ini adalah test soal pilihan ganda, lembar observasi dan angket skala likert. Hasil posttest kelas eksperimen mendapatkan nilai tertinggi yaitu 88 sedangkan posttest kelas kontrol dengan nilai tertinggi sebesar 64. Sesuai dengan analisis data, diperoleh thitung sebesar 7,203 > ttabel yaitu 2,101 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada pengajaran dengan pemberian reward dalam bentuk shining star dan dengan tidak menggunakan pemberian reward. Sikap siswa dinilai baik dalam mengikuti pembelajaran dengan Implementasi reward shining star. Berdasarkan hasil penelitian, perspektif siswa terhadap pemberian reward juga dinilai positif. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian rewards dalam bentuk shining star dinilai dapat memberikan dampak positif bagi hasil belajar, sikap serta perspektif siswa.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Akmal, S., & Susanti, E. (2019). Analisis Dampak Penggunaan Reward dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Aceh Singkil. Jurnal Ilmiah Didaktika: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 2, 159–177. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/5031
Andesta, D. (2018). Analisis kebutuhan anak usia dasar dan Implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(1), 82–97. https://doi.org/10.19109/JIP.V4I1.2269
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Pendidikan, 4(1), 80–86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(3). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V7I3.19393
Fadlilah, I., & Laili, A. M. (2019). Pengaruh Reward terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV di SDN 1 Karangan. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 25–34. https://doi.org/10.29407/JPDN.V5I1.13219
Firdaus. (2020). Esensi Reward dan Punishment dalam Diskursus Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 19–29. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4882
Kadarwati, A., & Rulviana, V. (2020). PEMBELAJARAN TERPADU. CV. AE Media Grafika.
Khoiruman, M. (2021). Analisis Hambatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Kajian Linguistik, 9(2), 51-62. https://doi.org/10.35796/KALING.9.2.2021.38949
Miranda, Y., & Fadli, M. (2021). Pandangan Terhadap Pemberian Penghargaan (Reward) Pada Siswa Berprestasi Bidang Seni Di SMK Negeri 4 Selayar - Test Repository. Repository Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/22806/
Nani, & Hendriana, E. C. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SDN 12 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 2(1), 55–62. https://doi.org/10.26737/JERR.V2I1.1853
Novriana, I., Disurya, R., & Ayu, I. R. (2022). Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas 1 di SDN 3 Rambutan. Journal on Teacher Education, 4(1), 685–690. https://doi.org/10.31004/JOTE.V4I1.6742
Nugraha, M. F., Hendrawan, B., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar -. Edu Publisher.
Puspa, S. M. (2022). Pengaruh Pemberian Reward, Media Pembelajaran Berbasis Web Educandy dan Persepsi Peserta Didik Mengenai Kompetensi Pendidik Terhadap Minat Belajar Peserta Didik. Universitas Jendral Soedirman. http://repository.unsoed.ac.id/18209/
Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60–77. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V4I1.2468
Setiawan, A., Nugroho, W., & Widyaningtyas, D. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Gamping. TANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, 2(2), 92–109. https://doi.org/10.55933/TJRIPD.V2I2.373
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Wani, K. E., & Sutarini. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233–247. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1446
Winiari, I. G. A., Meter, I. G., & Negara, I. G. A. O. (2015). Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Dalam Implementasi Kurikulum 2013 DI SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V3I1.5166