IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI TRI HITA KARANA TERHADAP SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN HASIL BELAJAR IPA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning berorientasi Tri Hita Karana. Jenis penelitian ini yaitu quasi-experimental dengan non equivalent post-test only control group design. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas III SD. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial (manova dan anova). Hasil analisis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berorientasi tri hita karana terhadap sikap peduli lingkungan siswa diperoleh (Fhitung =17,072, sig 0,000<0,05), 2) tenrdapat pengaruh model pembelajaran PBL berorientasi tri hita karana terhadap hasil belajar IPA diperoleh (Fhitung =8,828, sig 0,004 <0,05) dan 3) terdapat pengaruh secara simultan model pembelajaran PBL berorientasi tri hita karana terhadap sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berorientasi tri hita karana dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan dan hasil belajar IPA.
Article Details
References
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas Penggunaan Model Discovery Learning Dan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 3 Sd. Jurnal Basicedu, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.20
Bosica, J., S.Pyper, J., & MacGregor, S. (2021). Incorporating problem-based learning in a secondary school mathematics preservice teacher education course. Teaching and Teacher Education, 102, 103335. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103335.
Devi, P. S., & Bayu, G. W. (2020). Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Visual. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(2), 238–252. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i2.26525
Dewi, S. M., Gunawan, G., Harjono, A., Susilawati, S., & Herayanti, L. (2020). Generative learning models assisted by virtual laboratory to improve mastery of student physics concept. Journal of Physics: Conference Series, 1521(2), 0–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/2/022013
Elma Jaya, P. G. G., & Sri Asri, I. G. A. A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 486–494. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jippg.v3i2
Fatmawati, E. T., & Sujatmika, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Wacana Akademika, 2(2), 163–171. https://doi.org/doi.org/10.30738/wa.v2i2.2786
Fauzan, M., Gani, A., & Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Mingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01), 27–35. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi
Hermanto, Y. B., Agustini, V., & Srimulyani. (2021). The Challenges of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1). https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1.29703
Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14
LaForce, M., Noble, E., & Blackwell, C. (2017). Problem-Based Learning (PBL) and Student Interest in STEM Careers: The Roles of Motivation and Ability Beliefs. Education Sciences, 7(4), 92. https://doi.org/10.3390/educsci7040092
Lubis, M. (2020). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Nur, S., Pujiastuti, & Rahman. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Jurnal Saintifik, 2(2), 133–141. https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105 .
Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763
Pradnyawathi, N. N. C., & Agustika, G. N. S. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89–98. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660
Santyasa, I. W. (2015). Pendidikan Agama Hindu.
Saptiani, N. W. W., & Astawan, I. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Berbasis Lingkungan Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Dan Kompetensi IPA. International Journal of Elementary Education, 4(1), 44–53. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24332
Saputra, W. F. A., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 51–61. https://doi.org/10.23887/jpmu.v1i2.20771
Seruni, R., Munawaroh, S., Kurniadewi, F., & Nurjayadi, M. (2020). Implementation of e-module flip PDF professional to improve students’ critical thinking skills through problem based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042085
Suprijono, A. (2017). Model-Model Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Susanto, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Jakarta: Pernada Media Group.
Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111
Syauqi, K., Munadi, S., & Triyono, M. B. (2020). Students’ perceptions toward vocational education on online learning during the COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 9(4), 881. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766
Tiarini, N. P., Dantes, N., & Yudiana, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(3), 299–309. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21422
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Inovatif Beroreintasi Kontruktivistik. Prestasi Pustaka.
Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri BerpengaruhTerhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 13–25. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.25154
Utami, N. M. S., & Astawan, I. G. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogo Dan Pembelajaran, 3(3), 416–427. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.27030
Wulandari, A., & Suparno, S. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Karakter Kerjasama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.448
Zaman, B. (2019). Urgensi pendidikan karakter yang sesuai dengan falsafah bangsa ndonesia. AL GHAZALI , Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 2(1), 16–31. https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/101