KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTU MEDIA VISUAL SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

F. Ni’mah
N. Fajrie
D. Kurniati

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peingkatan kemampuan pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran model Mind Mapping berbantu media visual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas selama dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa tentang konsep IPS meningkat secara signifikan. Pada siklus I memiliki persentase rata-rata pemahaman konsep IPS sebesar 73% (baik), dan siklus II menjadi 85% (sangat baik). Persentase siswa dengan nilai lebih dari 70 meningkat siklus I 71% dan siklus II 89%. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa menggunakan model mind mapping dengan media visual dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa.. Penelitian ini menyarankan agar siswa menggunakan pengalaman mencatat dengan mind mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep.

Article Details

Section
Articles

References

Asrori, & Rusman. (2020). Classroom action reserach pengembangan kompetensi guru. In Pena Persada.
Astuti, N. D., Ahsin, M. N., & Masfuah, S. (2020). Efektivitas Model Group Investigation Berbantuan Media Watak Kalinyamatan Terhadap Pemahaman Konsep Siswa. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.24176/wasis.v1i2.5001
Aulia, N. R., Hermawan, R., & Rengganis, I. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jpgsd, 5(1), 71–81. http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index%25
Buchari, A. (2018). Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(2), 106. https://doi.org/10.30984/jii.v12i2.897
Ginting, A. L., Kusuma, J. P., Syarif, M., & Niku, E. (2022). Penulisan Karya Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru KB/TK Untuk Peningkatan Kompetensi Guru. Journal of Caracter Education Society, 5(1), 285–296. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/sjpu.v4i1.4868
Gustini, Muzakkar, W., Widiyanti, A. L., & Baiq. (2022). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Concept Mapping Terhadap Pemahaman Konsep Dan Kreativitas Belajar Ips Siswa Kelas V Sdn 2 Gelora. KASTA : Jurnal Sosial, Agama, Budaya Dan Terapan, 2(1), 28–33. https://doi.org/https://doi.org/10.58218/kasta.v2i1.208
Harefa, D. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Hasil. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 116–131. https://doi.org/https://doi.org/10.51212/jdp.v14i1.2586
Hasanah, N., & Suyadi. (2020). Media Pembelajaran Scrapbook Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Keberagaman Budaya Bangsaku Pada Muatan Ips Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 207–213. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.26618/jrpd.v4i2.5571
Palufi, L. V., & Fauziah, A. N. M. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Membuat Mind Mapping Pada Materi Sistem Ekskresi Pada Manusia. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(1), 109–116. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/42149
Permatasari, S. N., & Kuswendi, U. (2021). Pembelajaran Materi Letak Astronomis Pada Siswa Kelas V Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Berbantuan Media Globe Dan Atlas. COLLASE Journal of Elementary Education, 4(3), 414–420. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.22460/collase.v4i3.5326
Prianda Muhammad alif. (2019). Pengaruh Penggunaan MEtode Mind-Mapping Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Siswa Kelas VII SMP. Prespektif Ilmu Pendidikan, 33(2), 113–122. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/PIP.332.5
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Suhaemi, A., Asih, E. T., & Handayani, F. (2020). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Belajar Ips Sd. Jurnal Holistika, 4(1), 36. https://doi.org/10.24853/holistika.4.1.36-45
Syarah, N. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Inquary Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Iv Di Sdn Bama 2. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 12(2), 181. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v12i2.34267
Trisnani, N., & Puji Utami, W. T. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Widoro. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 422–428. https://doi.org/10.30738/tc.v4i1.6398
Tsabit, D., Rizqia Amalia, A., & Hamdani Maula, L. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Ips Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Video Pembelajaran Ips Sistem Daring Di Kelas Iv.3 Sdn Pakujajar Cbm. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 No 1 June 2020). https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2917
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515