PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SD MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ULAR TANGGA

Main Article Content

U. Hasanah
N. Fajrie
D. Kurniati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Pendidikan matematika realistik berbantuan ular tangga dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V SD 3 Adiwarno. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan mengacu rancangan model John Elliot. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Siklus 1 berlangsung selama 2 kali pertemuan dan siklus 2 selama 2 kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sekolah dasar yang terdiri dari 27 orang. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa ada peningkatan pemahaman konsep melalui penddidikan matematika realistik berbantuan media ular tangga

Article Details

Section
Articles

References

Afifah, N., & Hartatik, S. (2019). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga terhadap Motivasi Belajar pada Pelajaran Matematika Kelas II SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(2), 209. https://doi.org/10.30651/must.v4i2.3035

Afsari, S., Islamiani, S., Harhap, S. K., & Munthe, L.S. (2021). Systematic Literature Review : Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika Systematic Literature Review : The Effectiveness Of Realistic. 1(3), 189–197. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.29300/equation.v2i1.2309

Amronah, S. (2022). Matematika Materi Statistika Melalui Pendekatan Pmri Di Kelas V SD Wiyoro Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 485–498. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/2986

Anisa, W. N., Cahyadi, F., & Rahmawati, I. (2023). Pengaruh Media Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN Lebaksiu Kidul 04. 3(1), 427–439. https://doi.org/10.26877/wp.v3i1.11936

Baharuddin, M. R. (2020). Konsep Pecahan dan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 486–492. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.3.2020.442

Chusna, N., Suyoto, & Purwoko, R. Y. (2022). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Konsep Penjumlahan Bilangan Bulat Kelas VI Semester I SD Negeri Kembaran. Jurnal jendela pendidikan. 2(02), 156–163. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.165

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Febriyani, A., Hakim, A. R., & Nadun, N. (2022). Peran Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 87–100. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1546

Fredlina, K. Q., Putri, G. A. M., & Astawa, N. L. P. N. (2021). Penggunaan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Journal Information, 1(1), 1–6. https://eprints.uny.ac.id/20388/

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813

Hery Herwanto , Ida Karnasih, A. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik ( PMR ) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. 4(2), 72–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.679

Hutauruk, A. J. B. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. Sepren, 2(1), 45. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Indah Suciati. (2021). Media Permainan “Ular Tangga” pada Pembelajaran Matematika. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Muthmainnah, R. N., & Purnamasari, M. (2019). Analisis Faktor Penyebab Peserta Didik Dengan Iq Tinggi Memperoleh Hasil Belajar Matematika Rendah. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 81. https://doi.org/10.24853/fbc.5.1.81-86

Prasetyo, E., & Hardjono, N. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Matematika (Mtk) Siswa Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v2i1.1450

Puspaningtyas, N. D., & Indonesia, U. T. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika. 1(1), 24–30. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/351

Rabbani, S., Tussa’adah, M. M., & Novriyanti, R. B. (2021). Pembelajaran Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Menggunakan Media Ular Tangga Berkartu Di Masa Pandemic COVID-19 Melalui Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 46–57. https://doi.org/10.22460/p2m.v8i1p46-57.2176

Siregar, N. (2019). Hubungan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah. Journal Of Mathematics Science And Education, 1(2), 64–72. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i2.459

Ulfah, S. M. (2022). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Dengan Media Visual. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10, 1–6. https://jurnal.uns.ac.id/jkc/article/download/65761/36965

Umayah, Y. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dalam Mengatasi Kecemasan Matematika Siswa SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 74. https://doi.org/10.30656/gauss.v2i2.1778

Widiani, Y. (2019). Matematika dan lingkungan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 39. https://doi.org/10.29300/equation.v2i1.2309

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33369/jpmr.v4i1.7530

Zaini, H., Darmawan, D., Hernawan, H. Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Digital Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Logika Matematika (Penelitian Kuasi Eksperimen Di Kelas X SMKN 2 Garut). Teknologi Pendidikan. 4(2), 816–825. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/tp.v4i1.467.g431