PENGARUH TEKNIK KLARIFIKASI NILAI (TKN) TERHADAP KECERDASAN SOSIAL DAN HASIL BELAJAR SISWA TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN KELAS V SD NEGERI GUGUS LETDA MADE PUTRA KECAMATAN DENPASAR UTARA TAHUN 2019/2020

Main Article Content

Ni Putu Yuniari
I Wayan Lasmawan
Ida Bagus Putu Arnyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi teknik klarifikasi nilai (TKN) dalam pembelajaran PKn baik secara simultan dan terpisah terhadap kecerdasan dan hasil belajar peserta  didik kelas V sekolah dasar (SD) Gugus Letda Made Putra. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD di Gugus Letda Made Putra Denpasar Utara Tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 409 siswa. Dari jumlah itu, dipilih 120 siswa dengan teknik sampel acak. Data kecerdasan sosial dikumpulkan dengan kuesioner skala Likert dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes isian singkat. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan formula MANAVA pada taraf kesalahan 5% dengan bantuan SPSS. Hasil analisis menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap kecerdasan sosial dengan probabilitas sebesar 0,00, 2) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap hasil belajar dengan probabilitas sebesar 0,00 dan 3) terdapat pengaruh signifikan Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) terhadap kecerdasan sosial dan hasil belajar secara simultan dengan nilai probabilitas sebesar 0,00. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa TKN secara simultan dan terpisah berpengaruh terhadap kecerdasan dan hasil belajar  siswa. Temuan ini berimplikasi pada penerapan teknik klarifikasi nilai dalam pelajaran PKn sebagai upaya memperbaiki dan meningkatkan kecerdasan sosial dan hasil belajar siswa khususnya pada tema “peristiwa dalam kehidupan’. Saran penelitian ini adalah perlunya evaluasi materi pelajaran PKn yang dapat dibelajarkan dengan teknik klarifikasi nilai dan guru harus demokratis ketika siswa memilih karakter yang disukai.

Article Details

Section
Articles

References

Adisusilo, Sutarjo J.R. 2012. Pembelajaran Nilai- Karakter. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Bunyamin Maftuh. (2008). Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist Vol. 2 No. 2, 60-78.
Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan KTSP. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Djahiri, AK. 1992. Strategi Pengajaran Nilai-nilai Moral VCT dan Games dalam VCT. Bandung: Jurusan PMKPKN IKIP Bandung.
Goleman, Daniel. 2015.Social Intelligence. (Alih Bahasa: Hariono S. Imam). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Peterson,C.2006.A primer in positive psychology. Oxford, England: Oxford University Press.
Zubaidi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat.Yogyakarta : Pustaka Pelajar