PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI I PENATIH

Main Article Content

Ni Made Rusniasa
Nyoman Dantes
Ni Ketut Suarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri I Penatih Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri I Penatih Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 64 orang siswa. Dalam penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling, didapatkan bahwa: kelas IV A sebagai kelompok eksperimen, sedangkan kelas IV B sebagai kelompok kontrol. Data minat baca dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan analisis Manova berbantuan SPSS 17.00 for windows.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,terdapat pengaruh yang signifikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri I Penatih Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Kedua,terdapat pengaruh yang signifikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri I Penatih Kecamatan Denpasar Timur Tahun Pelajaran 2019/2020. Dan ketiga, terdapatpengaruh yangsignifikan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD Negeri I Penatih Kecamatan Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020.

Article Details

Section
Articles

References

Abidin, Yunus. Dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta. Bumi Aksara.
Anjani, Sri. 2019. Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus II Kuta Utara. E-Jurnal Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 3 No 2.
Bergbauer, Annika dan Surette van Staden. 2018. Social Interaction Determinants of South African Reading Literacy Achievement: Evidence from prePIRLS 2011. International Journal of Instruction April2018, Vol.11,No.2e-ISSN: 1308-1470, www.e-iji.netp-ISSN: 1694-609X.
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta; Andi.
Dantes, Nyoman. 2017. Pedagogik Dalam Perspektif. Singaraja; Undiksha Press.
Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2016. Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Atas, tersedia dari: http://dikdas.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Panduan-Gerakan-Literasi-Sekolah-di-SMA.pdf, diunduh pada 10 Januari 2017.
Faradina, Nindya. 2017. Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah An-NajahJatinom Klaten. Jurnal Hanata Widya Volume 6 Nomor 8.
Juniawan, Made Edy. 2020. Pengaruh Pembelajaran Saintifik Berbasis Literasi Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Dan Hasil Belajar Pelajaran Kelompok Sosial Humaniora Siswa Kelas V SD di Gugus 1 Kuta. E-Jurnal Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 4 No 1.
Kalida dan Mursyid. 2015. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri. Yogyakarta: Aswaja Presindo.
PISA .2015.Result in Focus. 2016, tersedia dari https://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf, diunduh pada 13 Januari 2017.
Santoso, Ridwan, Berchah Pitoewas, dan Yunisca Nurmalisa. 2018. Pengaruh Program Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Peserta Didik SMAN 2 Gadingrejo. Jurnal Kultur Demokrasi Volume 5 Nomor 9.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung; Alfabeta.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PTRemaja Rosdakarya.
Zikra, Sari Dariska Zikrayanti Sari. 2018. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMAN 3 Takengon. Jurnal LIBRIA Volume 10 Nomor 2.