MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PETA PINTAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Problematika yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas pembelajaran melalui aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas siswa, motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis, serta hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 4 pertemuan. Subjek penelitian yaitu siswa kelas V SDN Pantai Hambawang berjumlah 12 orang siswa terdiri dari 7 orang siswa laki-laki dan 5 orang siswa perempuan. Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Tolak ukur keberhasilan penelitian yakni 76% siswa memperoleh atau melampaui KKM yang ditentukan yaitu ≥70. Berdasarkan data temuan dan hasil dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran PETA PINTAR (Problem Based Learning, Eksperimen, Team Games Tournament) mampu memberikan peningkatan terhadap aktivitas, dan motivasi belajar serta keterampilan berpikir kritis.
Article Details
References
Adirilany, S. F., Sari, S. Y., Ferdiansyah, S., Nisa, K., Dos, J., Doutel, S., Malang, U. N., & Timur, J. (2023). Pengawasan Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa di Era. 1(2), 359-362. Proceedings Series of Educational Studies Prosiding. http://conference.um.ac.id/index.php/pses/article/view/7903
Afif, K., Sunismi, & A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Bermuatan 6C (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, Communication, Character, dan Citizenship) pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII. Jp3, 16(1), 284–293. http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/jp3/article/view/9830
Agusta, A. R., Noorhapizah, & Arlinda, R. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Benda-benda di Sekitar Kita Muatan PPKN Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan Snowball Throwing Pada Siswa Kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 1–10. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/795
Agusta, A. R., Setyosari, P., & Sa’dijah, C. (2018). Implementasi Strategi Outdoor Learning Variasi Outbound untuk Meningkatkan Kreativitas dan Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 453–459. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10745
Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020),2(2), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752
AlFath, A. M., & Sugito, S. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Iv Melalui Media Video. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 219–227. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1394
Aliyyah, R. R., Amini, A., Subasman, I., Sri, E., Herawati, B., & Febiantina, S. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Anjani, E. D. (2022). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. (PTK Di Kelas IV SDN Cibogo Kec. Cikeusal). UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten., 21(4). https://doi.org/10.1136/emj.2003.012435
Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.)). PT Bumi Aksara. 41-50. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-RwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=menjelaskan+bahwa+penelitian+tindakan+kelas+yaitu+rangkaian+tiga+buah+kata+yang+masing masing+dapat+dijelaskan+sebagai+berikut:+1)+Penelitian+merupakan+kegiatan+mencermati+suatu+o
Arum, W. F., Prihandono, T., & Yushardi, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning in Science) dengan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Fisika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 138–144. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i2.23150
Aslamiah, & Agusta, A. R. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan IPA Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5B SDN Sungai Miai 7. Jurnal Paradigma, 10(1), 67–76. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2842
Aslamiah, & Fauzi, Z. A. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Keputusan Bersama Melalui Model Mind Mapping Yang Divariasi Dengan Role Playing Di Kelas V Sdn Teluk Tiram 2 Banjarmasin. Paradigma, 9(2), 37–40. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2802
Aslamiah, & Riandy, A. A. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Ekosistem Dengan Muatan Ipa Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inquiry Learning, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (Savi) Dan Team Game Tournament (Tgt) Pada Kelas 5B Sdn Sungai Miai 7. Jurnal Paradigma, 10(1), 1689–1699. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/paradigma/article/view/2842
Asniwati, Fauzi, Z. A., & Rahima, L. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ppkn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Numbered Heads Together (NHT), Dan Make a Match Pada Kelas IV SDN Pekauman 3. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 155–166. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13648
Binawati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Gerak Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry Pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Ngablak. Science and Education Journal, 2(1), 54–61. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/sicedu.v2i1.80
Cik‘ani, M. (2021). Meningkatkan Aktivitas Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Berorientasi Pembelajaran High Order Thinking Skills Dan Keterampilan Abad 21 Siswa Smp. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 652–664. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.129
Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tety. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 01(02), 65–74. http://dx.doi.org/10.31002/nse.v1i2.273
Chrismawati, M., & Septiana, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Flipped Classroom Berbantuan Media Power Point Dan Audio Visual Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1928–1934. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/695.
Destiyani, J. (2021). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn Kelas V SDN Peninggilan 1 Skripsi. Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 23-Aug-2021, 229.
Dewi, S. S., Chasanatun, F., & Pradana, L. N. (2022). Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Video Pembelajaran Dapat Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 979–984. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/3046
Dimas, T., Pupun, N., & Djumhana, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 21–30. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v5i3.30041
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529
Fauzi, Z. A., Asniwati., Maulana, Z. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPkn Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Problem Based Learning, Mind Mapping Dan Word Square Di Kelas IV SDN Sungai Pantai 2 Barito Kuala. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 167. http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/213%0Ahttps://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/download/213/193
Febriandari, E. I., Khakiim, U., & Pratama, N. A. E. (2018). Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Menerapkan Ice Breaking Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(4). https://doi.org/10.28926/briliant.v3i4.253
Haqiqi, A. K., & Syarifa, S. N. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 193. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048
Hidayat, A., & Jannah, F. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 31–38. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/12248/7697
Hignasari, L. V. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ICARE Berbantuan Permasalahan Matematika Realistik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Ketermapilan Berpikir Kritis. Journal on Education, 5(2), 3302–3316. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1002.
Irma Wahdatul Ummah. (2021). The Effect of the TGT (Teams Games Tournament) Learning Model on the Collaborative Skills of Class VI Students on the Theme of Unity in Difference. 4(6), 8377–8842. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/shes.v4i6.68587
Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal Of Islamic Elementary School. http://dx.doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211
Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. http://dx.doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404
Khusna, M., Sudaryanto, & Dian, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 274–282. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/8117/pdf
Kotto, M. A., Babys, U., & Gella, N. J. M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Melalui Model PBL (Problem Based Learning). Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 5(1), 24–27. https://doi.org/10.24246/juses.v5i1p24-27
Lestari, S. D., & Istyanto, S. B. (2020). Pola Komunikasi Guru Dan Siswa Berbasis Pendidikan Karakter Dengan Penerapan Mutu Bahasa Metode SENTRA (Studi di SDIT Harapan Bunda Purwokerto). Journal of Scientific Communication (Jsc), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.31506/jsc.v2i1.7873
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v12i3.9826
Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167–175. https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.335
Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Adenan, F. (2019). Implementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (Air), Mind Mapping Dan Course Review Horay (Crh) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas Iva Sdn Sungai Lulut 5 Kota. Paper Knowledge .Toward a Media History of Documents, 5(2), 77–88. https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/785
Muhtar, Nurhayati, N., & Bissalam, U. (2020). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri (Man) 1 Majene Melalui Pelatihan Public Speaking. Abdimas Toddopuli: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), 106–116. https://doi.org/10.30605/atjpm.v1i2.258
Noorhapizah, Nur’alim, Agusta, A. R., & Fauzi, Z. A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Keterampilan Membaca Pemahaman Dalam Menemukan Informasi Penting Dengan Kombinasi Model Directed Inquiry Activity (DIA), Think Pair Share (TPS) Dan Scramble Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP, 5(3), 248–253. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/13656
Noorhapizah, Pratiwi, Diani, A., & Ramadhanty, K. (2022). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Smart Model Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2(2), 613–624. https://doi.org/10.53625/jcijurnalcakrawalailmiah.v2i2.3773
Noorhapizah, Pratiwi, D. A., Prihandoko, Y., Ayuni, H., & Putri, T. A. S. (2022). Development of HOTs-Based Teaching Materials, Multiple Intelligence, and Baimbai Wood Characters for River-Bank Elementary Schools. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 94–107. https://doi.org/10.51276/edu.v4i1.302
Nugroho, W. (2021). Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 211. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12259
Nur, W. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN Sidomulyo. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 6(1), 63–70
Okpatrioka, & Ari, N. (2022). Penerapan Metode Eksperimen pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat Cahaya Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Melalui Library Research). Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 174–181. https://doi.org/10.20961/jpd.v8i1.41027
Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262.
Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1267
Purwanti, R., Talia, Y. N., Aslamiah, & Meliha. (2019). Implementasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization And Intelectually (SAVI) Dan Course Review Horray (CRH) Untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa Kelas VA Di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 127–138. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/809
Rachman, A. W. N. A., & Kartiko, D. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Ketuntasan Belajar Shooting Bola Basket. Jpok, 9(1), 193–203. https://doi.org/10.17509/eh.v8i2.5135
Rachmawati, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarka. JIPMat, 6(1), 43–59. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8080.
Raharjo, S. (2023). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar dengan Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Andragogi. EDUSIANA : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37985/edusiana.v1i1.34
Rezki, I. (2022). Kelayakan Pengembangan Materi Ajar Pokok Bahasan Hak Asasi Kelayakan Pengembangan Materi Ajar Pokok Bahasan Hak Asasi Manusia Berbasis Multimedia Interaktif Di SMP Manusia Berbasis Multimedia Interaktif Di SMP Feasibility Of Development Of Teaching Materi. Jurnal Pendidikan Ekonomi V, 8(1), 62–65. https://doi.org/https://doi.org/10.33084/tunas.v5i2.1489
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’S Efforts in Building Student Interaction Using a Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332
Seco, V. Y. R., & Cendana, W. (2022). Penerapan Refleksi Pribadi Untuk Membantu Guru Menjalankan Peran Sebagai Fasilitator Pada Pembelajaran Daring. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(02), 103–116. https://doi.org/10.53977/ps.v1i02.371
Sihaloho, G. T., Sitompul, H., & Appulembang, O. D. (2020). Peran Guru Kristen Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Kristen [the Role of Christian Teachers in Improving Active Learning in Mathematics in a Christian School]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 200. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.1988
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106–117. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93
Sugiarti, T., Saputri, R. R., Murtikusuma, R. P., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP KELAS VIII. 9, 59–68. https://doi.org/10.31316/jderivat.v9i2.1934
Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Kata kunci:Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together Dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C Sdn Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. Jurnall Ilmiah Kependidikan, 15(2), 74–86. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/jpl.v15i2.1184
Suhaimi, & Putri, A. (2019). Implementasi Kombinasi Model Team Assisted Individualization, Numbered Head Together, Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Sisiwa PKn pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 167–178. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/812
Suhaimi, & Putri, A. (2019). Implementasi Kombinasi Model Team Assisted Individualization, Numbered Head Together, Team Games Tournament untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Sisiwa PKn pada Siswa Kelas V SDN Pengambangan 9 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 167–178. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/812
Suhendra, A., Ramlawati, & Asmawati. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Global Journal Saince IPA, 1(1), 334–341. https://doi.org/https://doi.org/10.35458/ipa.v1i2.675
Sumantri, L. (2021). Proses Internalisasi Kearifan Lokal Intangible Melalui Pendidikan Informal Untuk Memperkuat Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan, 30(3), 421–432. https://doi.org/10.32585/jp.v30i3.1759.
Sumar, W. T. (2020). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jambura Journal of Educational Management, 1(4), 49–59. http://dx.doi.org/10.37411/jjem.v1i1.105
Supit, D. (2020). Hubungan media pembelajaran video dan motivasi belajar siswa kelas V SD Advent Tikala The relationship of using video as instructional media and student motivation for students grade V SD Advent Tikala. Cogito Smart Journal |, 6(1), 73–82. https://doi.org/10.31154/cogito.v6i1.209
Suriansyah, A., Agusta, A. R., & Setiawan, A. (2021). Model Blended learning ANTASARI untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Memecahkan Masalah. Journal of Economics Education and Entrepreneurship, 2(2), 90–110. https://doi.org/10.20527/jee.v2i2.4102
Suriansyah, A., & Amelia, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Ips Menggunakan Kombinasi Model Think Pair And Share (TPS), Mind Mapping Dan Course Review Hooray (Crh) Pada Siswa Kelas Iv Sdn Pemakuan Kabupaten Banjar. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 25–32. https://rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/779
Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (Pbl), Think Pair and Share (Tps) Dan Teams Games Tournament (Tgt) Di Kelas Vb Sdn Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, -, 5(1), 27–36. https://www.rumahjurnal.net/index.php/PS2DMP/article/view/797
Suriansyah, A., Aslamiah, Sulaiman, & Noorhapizah. (2014). Strategi Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada.
Suriansyah, A., & Hikmah, M. (2023). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Manajemen Pendidikan Sekolah Dasar Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru. 1(01), 24–37. https://dikseda.winayailmu.id/index.php/1/article/view/3
Sutarman, E. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Tgt Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Ix G Semeseter I Smp Negeri 1 Kedunggalar. Wahana, 71(1), 21–28. https://doi.org/10.36456/wahana.v71i1.1890
Suryani, T. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) Siswa. Wahana Didaktika, 20(1), 68–81. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/3859
Syahroni, I. (2021). Dampak Penghargaan Dalam Pembelajaran IPS DI Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 37–44. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.351.4
Syafa’ah, F. R., Bektiarso, S., & Supriadi, B. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Dengan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X 7 SMA Negeri 3 Lumajang. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.19184/jpf.v1i1.23137
Thalita, A. R., Fitriyani, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 147–156. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20543
Triza, H. (2023). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika tentang Listrik Dinamis dengan Metode Eksperimen Sederhana di Kelas XII IPA 1 MAN 1 Solok Penulis Koresponden. Progressive Of Cognitive and Ability, 2(1), 39–47. https://doi.org/10.56855/jpr.v2i1.148
Utami, A. W., & Nisa, A. F. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn Sidomulyo. Action : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.51878/action.v2i2.1198
Wahyuni, S., Laila Fatmawati, T. K., & Hartini, S. (2020). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Daring Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VI SD Muhammadiyah BAN. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan., 153–166. 10.26877/jp2f.v10i2.3650
Wani, K. E., & Sutarini. (2022). Analisis Dampak Pemberian Reward and Punishment Pada Proses Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SDN 064955 Medan. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(3), 233–247. http://dx.doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3350
Warsiki, N. M. (2018). Implementasi Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i1.15331
Wayan Ekayanti, N., Paramitha, G. A., Putri, E., & Puspawati, D. A. (2018). Pechakucha: Inovasi Pembelajaran untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Calon Guru Pechakucha: The Learning Inovation to Develop Speaking Skill of Teacher Candidates. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 676–682. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/33042
Windarti, A., Pambudi, D. I., & Asiyah, Y. N. (2020). Penerapan Model Problem-Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di Kelas Iva Sd Unggulan ‘Aisyiyah Bantul. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, 15(1), 165–175. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21489
Wulan, D. C. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Video Youtube Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian, April, 1337–1343. https://snhrp.unipasby.ac.id/prosiding/index.php/snhrp/article/view/479
Zahriani, N. (2021). Upaya Kepala Sekolah Dalam Peningkatkan Kinerja Guru Dan Partisipasi Orangtua Terhadap Pelaksanaan Aktivitas Pembelajaran Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Tk Swasta Tunas Bangsa Medan Timur. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–109. https://doi.org/10.47006/pendalas.v1i1.65
Zulaekho, S. (2020). Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar IPA pada tema peristiwa dalam kehidupan bagi siswa kelas VA SD Negeri 2 Leteh kecamatan Rembang. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.20961/jpd.v8i1.41027.