MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR IPA

Main Article Content

N.L.P.A. Paramita A
I.W. Suastra
I.G. Margunayasa

Abstract

Kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran flipped classroom berbantuan Powerpoint dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Gugus Dewi Sartika Kota Denpasar yang terdiri dari 288 siswa. Pengambilan sampel penelitian berdasarkan teknik group random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 116 siswa dengan masing-masing jumlah kelompok kontrol dan eksperimen yaitu 58. Data dalam penelitian ini berupa skor keamampuan berpikir kritis siswa dan skor Prestasi Belajar IPA yang dianalisis menggunakan uji Multivariate Analysis of Variance. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa yang mengikuti model pembelajaran Flipped Classroom berbantuan Powerpoint dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung (F=12,295; p<0,001). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantuan powerpoint berpengaruh dan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar IPA siswa daripada model pembelajaran langsung.

Article Details

Section
Articles

References

Adhitiya, E. N. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional flipped dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 116–126. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7451.

Aisyah, S., Riyanto, Y., & Suhanadji, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.7

Amelia, W. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA (Penelitian Eksperimen Siswa Kelas V SDN 20 Kota Serang Banten). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru SD, 1(1), 109–122. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i1.286

Angellena, M., Switoro, E., & Putri, D. H. (2020). Pengaruh Pembelajaran Dengan Model Problem Solving Fisika (Psf) Terhadap Prestasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.83-90

Ardiya, L. I., & Shofiyah, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Siklus 5e Berbantuan Aplikasi Solar System Scope Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11–20. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v5i1.3480

Bung Ashabul Qahfi, & Rahmatillah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Simulasi PhET Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMAN 1 Donggo. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(2), 133–139. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i2.1591

Dian Pancaningrum, & Wahyudi. (2022). Efektivitas Model Pbl Dan Problem Solving Berbantuan Powerpoint Interaktif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Iv Sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1439–1448. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3273

Dwi Sanderayanti. (2015). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 222–231. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/484

Fayudha, B. R. (2021). Pengaruh Model Alc Berbantuan Aplikasi Lingmat Terhadap Minat Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6560

Fuad, A. J., & Permatasari, A. D. (2019). Penggunaan Media Slide Powerpoint dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Tematik. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 61–78. https://doi.org/10.33367/jiee.v1i1.683

Gawise, G., Tarno, T., & Lestari, A. A. (2021). Efektifitas Pembelajaran Model Flipped Clasrooom masa Pandemi Covid -19 terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 246–254. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.328

Juhaeriah, D., Hidayat, S., & Sudrajat, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Lkpd Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 157–165. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.495

Leonard & Niki Amanah. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (AQ) dan Kemampuan Berfikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/3302

Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Malawi, I., & Tristiar, A. (2016). Pengaruh Konsentrasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V Sdn Manisrejo I Kabupaten Magetan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 3(02), 118–131. https://doi.org/10.25273/pe.v3i02.272

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada peningkatan Kemampuan Berfikir Krit. Edutcehnologia, 3(2), 160–170. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147

Mayasari, M. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Instruksional, 1(1), 87. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.1.87-97

Mulyanti, N. M. B., Gading, I. K., & Diki. (2023). Dampak Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(1), 109–119. https://doi.org/10.23887/jippg.v6i1.59276

Nastiti, D. P. P., Cholifah, P. S., & Umayaroh, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Powerpoint Interaktif terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN pada Materi Kegiatan Ekonomi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(10), 961–973. https://doi.org/10.17977/um065v2i102022p961-973

Nurrahmah, A., & Nurfitriyanti, M. (2023). Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Probabilistik Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 119–130. https://doi.org/10.36526/tr.v7i1.2836

Pande, M. W., Aswasulasikin, A., & Marhamah, M. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Office 365 Terhadap Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Sd Kelas V Gugus Iv Kecamatan Sambelia. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 2(2), 196–205. https://doi.org/10.51878/edutech.v2i2.1302

Pebriani, M. (2021). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 1 Pagaralam). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 280–294. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18389

Pratiwi, R., Hikmawati, H., & Gunada, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 213–220. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1207

Rahayu, S., Sugiyarto, S., & Sunarno, W. (2013). Pembelajaran Ipa Melalui Pendekatan Kontekstual Menggunakan Simulasi Komputer Dan Model Kerja Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Dan Gaya Belajar. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 2(03). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9802

Rais, M. (2010). Project-Based Learning : Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skills. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya. 1-17. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=hH8FlycAAAAJ&citation_for_view=hH8FlycAAAAJ:u5HHmVD_uO8C

Sari, W. P., Hidayat, A., & Kusairi, S. (2018). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA dalam Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 751–757. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11155

Sopian, S. B. P., Mutiarasari, M. R. V., Fitriani, M., & Aeni, A. N. (2022). Penyuluhan Pentingnya Memahami Pendidikan Karakter Islami Anak bagi Calon Guru Sekolah Dasar. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 31. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v2i1.2670

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. CV Alfabeta.

Suraya, L. Subagia, I.W., & Tika, I. N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran TPS Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4 (1)(2), 1–11. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/1105/0

Susianita, D., & Koto, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning melalui Media Nyata Terhadap Kemampuan Konseptual dan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 45 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 47–59. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8679