ANALISIS KEINTEGRASIAN MUATAN PELAJARAN SEKOLAH DASAR KELAS I TEMA BENDA, HEWAN DAN TANAMAN DI SEKITARKU

Main Article Content

Luh Ermayani
Nyoman Dantes
Anak Agung Istri Ngurah Marhaeni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan keintegrasian pada materi pembelajaran, rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, rancangan penilaian, rancangan media dan sumber belajar Sekolah Dasar kelas I tema Benda, hewan dan Tanaman di Sekitarku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian bahwa: 1) terdapat keintegrasian pada materi pembelajaran sebesar 91,07% kategori sangat baik yang cenderung pada klasifikasi integrasi intradisipliner. 2) terdapat keintegrasian pada rancangan langkah-langkah kegiatan pembelajaran sebesar 92,31% kategori sangat baik yang cenderung pada klasifikasi integrasi intradisipliner, 3) terdapat keintegrasian pada rancangan penilaian sebesar 85,13% kategori baik yang cenderung pada klasifikasi integrasi intradisipliner, 4) terdapat keintegrasian pada rancangan media dan sumber belajar sebesar 83,33% kategori baik yang cenderung pada klasifikasi integrasi intradisipliner. Adanya keintegrasian pada keempat komponen pembelajaran menunjukkan buku guru dan buku siswa baik diimplementasikan di Sekolah Dasar.

Article Details

Section
Articles

References

Agung, A.A. Gede. 2016. Statistik Dasar Untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Cahyani, Isah. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cet. II. Jakarta: Dirjen Pendis Kemenag.
Dantes, Nyoman. 2014. Landasan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha& Graha Ilmu.
Hakim, Iman Nur. 2014.“Pembelajaran Tematik-Integratif di SD/MI dalam Kurikulum 2013”. Insania Volume 19, Nomor 1.
Gunawan, Adi W. 2012. Genius Learning Strategy:Petunjuk Praktis Untuk Menerapkan Accelerated Learning. Cet. V. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Margunayasa, I Gede, dkk. 2014. Pembelajaran Terpadu Konsep dan Penerapannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Maryati, dkk. 2019. “A content analysis study of scientific approach and authentic assessment in the textbook of Curriculum 2013”. Jurnal Prima Edukasia. Volume 7. Nomor 2. 128-138.
Millah, Dliyaul & Syah, M. Noor Sulaiman. “Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Barongan Kudus”. Jurnal Elementary. Volume 5 No.2.
Milez, M.B. dan Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif.Penerjemah Tjetjep Rohendi. Jakarta: UI- Press.
Najmi, Hayatun, dkk. 2020. “Efektivitas Media Pembelajaran Melalui Model Discovery Learning terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik SDN 193 Pekanbaru. Instructional Development Journal (IDJ). Volume: 3 Nomor: 1.
Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu:Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta:Rajawali Pers.
Rhosalia, Lulu Anggi. 2017. “Pendekatan Saintifik (Scientific Approach) Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Versi 2016”. JTIEE,Volume 1 No.1.
Sari, Novika Auliyana. 2018. “ Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan. Volume 3, Nomor 12.
Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran Berbasis Tema. Panduan Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Permatasari, Eka, dkk. 2019. “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Integratif Dengan Pendekatan Saintifik Pada Siswa Kelas II Dan V Di SDN I Bolorejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Sekolah Dasar. Volume 4. No. 02.
Widiastuti, Agnesia Maya Kurnia, dkk. 2019. “Keefektivan Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan dengan Pembelajaran Tematik Buku Guru dan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD Gugus Gedong Songo. Jurnal Efektor. Volume 6 Nomor 1