PENGEMBANGAN INSTRUMEN KETERAMPILAN PROSES SAINS TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KD MENGANALISIS SIKLUS AIR DAN DAMPAKNYA PADA PERISTIWA DI BUMI SERTA KELANGSUNGAN MAKHLUK HIDUP DAN LOCUS OF CONTROL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Destriantini Ni Wayan
Nyoman Dantes
I Made Gunamantha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) validitas instrumen keterampilan proses sains dan locus of control; 2) reliabilitas instrumen keterampilan proses sains dan locus of control. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4D (four D) yang terdiri atas empat tahapan, yaitu: define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Data yang dikumpulkan pada penelitian ini meliputi data keterampilan proses sains dan locus of control. Data keterampilan proses sains dikumpulkan berupa lembar pertanyaan (soal uraian), sedangkan data locus of control dikumpulkan dengan menggunakan lembar pernyataan (kuesioner). Data dianalisis menggunakan CVR dan Alpha Cronbach. Validitas diukur menggunakan uji expert sebanyak 5 orang yang terdiri dari 2 orang dosen ahli dan 3 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Untuk instrumen keterampilan proses sains, berdasarkan uji ahli terdapat 22 soal yang dinyatakan valid dengan 0,60 ≤ vy ≥ 1,00 dan 3 soal dinyatakan tidak valid dari 25 soal yang diuji. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,71 berada pada kategori tinggi; 2) Untuk instrumen locus of control, berdasarkan uji ahli terdapat 43 soal yang valid dengan 0,60 ≤ vy ≥ 1,00 dan 7 soal dinyatakan tidak valid dari 50 soal yang diuji. Hasil uji reliabilitas sebesar 0,70 berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan instrumen keterampilan proses sains dan locus of control yang valid dan reliabel.

Article Details

Section
Articles

References

Agustini. A. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Starter Experiment Approach terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 3. No. 2. Agustus 2019
Ayu, P.E. Sastrika. 2018. Pengembangan Instrumen Asesmen Keterampilan Belajar dan Berinovasi pada Mata Pelajaran IPA SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol.2, No. 2, Agustus 2018
Barbara. 2009. Fundamental Nursing Skill and Concept. United States of America.
Dewi, Komala. 2017. Pengaruh Strategi Guided Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Abiansemal Kabupaten Badung. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol.1, No. 1, Pebruari 2017
Dwimayanti, K. 2020. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema Kegiatanku Kelas I Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, Vol. 4, No. 1, Pebruari 2020.
Hendryadi. 2017. Pengembangan Skala Locus of Control. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(3), 417 – 424.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 81 A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Marlena, Devi, dkk. 2019. Penyusunan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 14 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitain Pendidikan Sains, Volume 9, No. 1, November 2019
Maulidati, . 2018. Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berorientasi Science Environment Technology Society terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Vol.2, No. 2, Agustus 2018
Nilayanti, P.M. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi Sains Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol. 3, No. 1, Pebruari 2019
Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN, PISA, TIMSS. INAP. Puspendik
Nurhayati, dkk. 2019. Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Materi Fisika untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, Vol. 17, No. 2, Desember 2019
Permendikbud. 2016. Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan. Tersedia di https://bsnpindonesia.org/wpcontent/uploads/2009/09/Permendikbud_Tahun2016_Nomor023.pdf. (Diakses tanggal 14 Mei 2020).
Phares, E. J. 1976. Locus of control in personality. Morristown. NJ: General Learning Press.
Purbarani, Dyah Aini. 2018. Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1, Pebruari 2018.
Rustaman, Nuryani Y. 2005. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: IKIP Malang.
Samatowa. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks
Septiani, Yulia. 2016. Pengaruh Locus of Control terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM, Vol.02, No. 01, 01 Des 2016
Septiasari. 2020. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol.4, No. 1, Pebruari 2020
Suastra. I W. 2017. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
………... 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Thiagarajan, S. et. Al. 1974. Instructional Development for Training Teacher of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University
Weiner, B. 1974. Achievement Motivation and Attribution Theory. Morristown, NJ: General Learning Process.