PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SD

Main Article Content

Ni Putu Sri Handayani
Ni Ketut Suarni
Ida Bagus Putu Arnyana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (2) validitas isi instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD, (3) reliabilitas menurut expert instrumen kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas V SD, (4) reliabilitas menurut expert instrumen literasi sains pada siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Four D Model). Pengembangannya terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Validitas isi instrumen dibuktikan dengan expert judgement oleh ahli dan praktisi dan dianalisis menggunakan CVR dan CVI. Reliabilitas instrumen dianalisis menggunakan alpha Cronbach untuk instrumen kemampuan berpikir kritis dan KR-20 untuk instrumen literasi sains. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil validitas isi instrumen kemampuan berpikir kritis menunjukan perhitungan CVR didapatkan 10 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.88, (2) ) hasil validitas isi instrumen literasi sains menunjukan perhitungan CVR didapatkan 30 butir instrumen yang valid dan CVI sebesar 0.94, (3) hasil reliabilitas instrumen kemampuan berpikir kritis memiliki nilai sebesar 0,78 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik), (4) hasil reliabilitas instrumen literasi sains memiliki nilai sebesar 0,77 yang berada pada rentang 0,60 <r11 ≤ 0,80 atau berada pada kategori derajat reliabilitas tinggi (baik).

Article Details

Section
Articles

References

Acharya, K.P. 2016. Fostering Critical Thinking Practices at Primary Science Classrooms In Nepal. Research in Pedagogy, Vol. 6, No. 2, 1‐7. https://eric.ed.gov/?id=EJ1149478. Diakses pada tanggal 11 September 2019
Depdiknas. 2007. Naskah Akademik Kajian Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Depdiknas.
Dwimayanti K. 2020. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema Kegiatanku Kelas I Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21. E-Journal Pendasi Volume 4 No. 1, 2613-9553. Diakses Pada Tanggal 23 Juni 2020
Facione, P.A. 2015. Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Insisht Assessment.http://www.student.uwa.edu.au/__data/assets/pdf_file/0003/1922502/Critical-Thinking-What-it-is-and-why-it-counts.pdf. Diakses pada tanggal 11 September 2019
Fischer, A. 2001. Chritical Thinking An Introduction. Cambridge : Cambridge University Press. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep. Diakses Pada Tanggal 22 Maret 2020
Jamaluddin, dkk. 2020. Pengembangan Instrumen Kemampuan berpikir kritis pada Pembelajaran IPA. J. Pijar MIPA, Vol. 15 No.1, Januari 2020: 13-19. https://www.researchgate.net/publication/338494835_Pengembangan_Instrumen_Keterampilan_Berpikir_Kritis_Pada_Pembelajaran_IPA_di_SMP. Diakses Pada Tanggal 22 Maret 2020
Nofiana, M. & Julianto, T. 2018. Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal. BIOSFER Jurnal Tadris Pendidikan Biologi Vol. 9 no.1. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/biosfer/article/download/2876/2067. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
OECD. 2013. PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing. http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en. Diakses pada tanggal 11 September 2019
______. 2018. PISA 2015 Result in focus. http://www.oecd.org/pisa/. Diakses pada tanggal 11 September 2019
P21. 2007. The Intellectual and Policy Foundations of the 21st Century Skills Framework. Washington DC : Partnership for 21st Century Skills
Pertiwi MR, M., dkk. 2108. Kemampuan berpikir kritis Siswa dengan Inkuiri Terbimbing dipadu Carousel Feedback pada Materi Sifat-sifat Cahaya di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 3, no 1, 21-28. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10355. Diakses pada tanggal 11 September 2019
Purwani, L.D. 2018. Analysis of Student’s Scientific Literacy Skills Through Socioscientific Issue’s Test on Biodiversity Topics. Journal of Physics: Conf. Series 1013. http://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1013/1/012019/pdf. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
R. Surya Damayanti, dkk. 2017. Development of Authentic Assessment instruments for Critical Thinking skills in Global Warming with a Scientific Approach. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series. https://jurnal.uns.ac.id/ijsascs/article/view/16730/13514. Diakses pada tanggal 22 Maret 2020
Rahayu, E.S., dkk. 2017. Student’s Science Literacy In The Aspect Of Content Science ?. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(1), 81-87. https://www.researchgate.net/publication/317635720_Student's_Scienc_Literacy_in_the_Aspect_of_Content_Science. Diakses pada tanggal 11 September 2019.Ramdiah, Abidinsyah, Royani, &
Rahayuni, G. 2016. Hubungan Kemampuan berpikir kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Terpadu Dengan Model PBM Dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, Vol. 2, No. 2, 131-146. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/926. Diakses pada tanggal 11 September 2019
Rizki Nur Winastiti, dkk. 2019. Development of Evaluation Tool Based on Science Literacy Development of Evaluation Tool Based on Science Literacy on Topics of Water Recycling. Journal of Primary Education. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/25130/11303. Diakses Pada Tanggal 22 Maret 2020
Saido, G. M., et all. 2015. High Order Thinking Skills Among Secondary School Students in Science Learning. The Malaysian Online Journal of Educational Science, Volume 3. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1085914.pdf. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
Santos, L. F. 2017. The Role of Critical Thinking in Science Education. Journal of Education and Practice, Vol.8, No.20. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED575667.pdf. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
Şentürk, C., & Sari, H. (2018). Investigation of the Contribution of Differentiated Instruction Into Science Literacy. Qualitative Research in Education, 7(2), 197-237. http://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/3383. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
Septiasari P. 2020. Pengaruh Model Reciprocal Teaching Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Kelas V. E-Journal Pendasi Volume 4 Nomor 1, 2613-9553. Diakses Pada Tanggal 23 Juni 2020
Suastra. 2017. Pembelajaran Sains Terkini Mendekatakan Siswa dengan Lingkungan Alamiah dan Sosial Budayanya. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha
Susilawati, dkk. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Berbantuan Multimedia dan Kemampuan Akademik Terhadap Literasi Sains Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Mataram. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/SemnasBIO/article/view/649. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System
Widyastari. 2020. Studi Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas Kelas IV Berbasis Kecakapan Belajar dan Berinovasi Abad 21. E-Journal Pendasi, Volume 4 Nomor 1, 2613-9553. Diakses pada tanggal 23 Juni 2020
Yaumi, dkk. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global Untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. E-Journal Pensa, Volume 05 Nomor 01, 38-45. http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/article/22547/37/article.pdf. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2. http://jurnal.unma.ac.id/ index.php/ CP/ article/ download/ 592/ 565. Diakses pada tanggal 11 September 2019.
Zainab, dkk. 2017. Pengembangan Instrumen Kognitif Literasi Sains pada Pokok Bahasan Tekanan di Kelas VII SMP Kota Bantarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Vol 1 No. 3 Oktober2017.https://www.researchgate.net/publication/335340991_PENGEMBANGAN_INSTRUMEN_KOGNITIF_LITERASI_SAINS_PADA_POKOK_BAHASAN_TEKANAN_DI_KELAS_VIII_SMP_KOTA_BANJARMASIN. Diakses Pada Tanggal 22 Maret 2020