PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PAI BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MURID MI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas pengembangan bahan ajar Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis video di tingkat madrasah ibtidaiyah, dengan fokus pada topik Wali Songo dalam buku ajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan bahan ajar PAI dalam meningkatkan pemahaman murid MI melalui video pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan analisis kebutuhan, perencanaan, produksi, validasi oleh ahli bahan ajar dan ahli materi, serta uji coba di lapangan. Hasil analisis kebutuhan menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman murid terhadap materi PAI. Validasi oleh ahli bahan ajar dan ahli materi menunjukkan kualitas materi pembelajaran yang baik dalam hal sistematika, keruntutan materi, keakuratan konsep, dan keterkaitan dengan perkembangan ilmu. Uji coba di kelas VI MI Miftahul Hidayah menunjukkan respon positif dari murid dengan hasil rata-rata skor 84% masuk pada kriteria sangat paham. Penggunaan video pembelajaran juga menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih terfokus dan tertib. Dalam kesimpulannya, pengembangan bahan ajar PAI berbasis video memberikan kontribusi positif terhadap pembelajaran di MI Miftahul Hidayah, menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam di tingkat dasar.
Article Details
References
Ahmad, Hasnawati, & Hasirah. (2022). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19. Edukasi, 10(1), 17–30. https://doi.org/10.32520/judek.v10i1.1970
Aisya, S. M., & Ishafit, I. (2019). Pengembangan bahan ajar eksperimen fisika berbasis video based laboratory menggunakan wahana permainan taman kanak-kanak pada materi mekanika. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 35. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v6i1.13394
Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 16–25. https://doi.org/10.51276/edu.v1i2.33
Atik Silvia, & Inayati, M. (2023). Penerapan Teori Belajar Kontekstual Perspektif John Dewey Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 10(2), 188–199. https://doi.org/10.58518/madinah.v10i2.1761
Christianto, J., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Cricket Berbasis Mobile Learning Pada Tim Olahraga Cricket Universitas Negeri Malang. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(2), 168. https://doi.org/10.17977/um040v3i2p168-174
Darsih, T., Koto, I., & Winarni, E. W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Powerpoint Kombinasi Animasi dan Video Pembelajaran Materi Rotasi dan Revolusi Bumi untuk Siswa Kelas VI. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 5(2), 220–228. https://doi.org/10.33369/dikdas.v5i2.20183
Eliwatis, E., & Sabarullah, S. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Aplikasi Wondershare Filmora. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 25. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.3319
Falaq, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Keterampilan Meneliti Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Menengah Pertama Se-Kabupaten Kudus. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 3(2). https://doi.org/10.21043/ji.v3i2.6298
Harahap, M. (2018). Revolusi industri 4.0 dan pengaruhnya terhadap peran pendidik di abad 21 dalam dunia pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 2, 578–580. http://digilib.unimed.ac.id/35807/1/33.%20Masleni%20Harahap.pdf
Hidayat, W. A., & Nyoto, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Video Pembelajaran Tematik Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 3(1), 1452–1464. http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473
Holis, K., Quraisy, S., & Nurhadi, A. (2023). Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Stakeholder Madrasah Aliyah. Consilium: Education and Counseling Journal, 3(1), 140. https://doi.org/10.36841/consilium.v3i1.2934
Imama, H. N. (2021). Pengaruh Efektivitas Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Praktikum Akuntansi dengan Self-Efficacy sebagai Moderasi. Akuntabel, 18(3), 435–443. https://doi.org/10.30872/jakt.v18i3.10083
Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349
Muhammad, Holis, K., & Abd. Mukhid. (2023). Implementasi Metode Storytelling Berbasis Materi Moderasi Beragama dalam Meningkatkan Kecakapan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Al-Qalam Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 15(1), 51–56. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i1.1959
Sarpong, D., Boakye, D., Ofosu, G., & Botchie, D. (2023). The three pointers of research and development (R&D) for growth-boosting sustainable innovation system. Technovation, 122. https://doi.org/10.1016/j.technovation.2022.102581
Shofiyani, A., & Rahmawati, R. D. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Model Komunikatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Jurnal Education And Development, 8(4), 238–238. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2147
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, 4(2), 88–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/widyacarya/article/view/796
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun, I. (2002). Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2002 Tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Lembaran Negara RI Tahun 2002 Nomor 4219, 53(9).
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3612
Yusuf, M. (2020). Pengayaan Materi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Di Aceh Jaya. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 10(1), 75–90. https://doi.org/10.22373/jm.v10i1.6791