KONTRIBUSI KOMPETENSI GURU, KONSEP DIRI AKADEMIS DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD GUGUS VI KECAMATAN KUTA SELATAN

Main Article Content

Indah Nurdiana
I Made Ardana
I Made Gunamantha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi kompetensi guru, konsep diri akademis dan budaya sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD gugus VI Kecamatan  Kuta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian expost-facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Gugus VI kecamatan Kuta Selatan dengan jumlah 210 siswa. Sedangkan sampel pada penelitian ini berjumlah 136 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Data kompetensi guru, konsep diri akademis dan budaya sekolah dikumpulkan dengan kuesioner, sedangkan data prestasi belajar siswa menggunakan nilai ulangan harian siswa di sekolah. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah regresi sederhana, regresi ganda, dan korelasi parsial. Seluruh analisis pada penelitian ini berbantuan SPSS 17.0 for Windows. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus VI kecamatan Kuta Selatan dengan kontribusi sebesar 54,7% dan sumbangan efektif sebesar 30,61%, 2) terdapat kontribusi yang signifikan konsep diri akademis terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus VI kecamatan Kuta Selatan dengan kontribusi sebesar 51,5% dan sumbangan efektif sebesar 16,20%, 3) terdapat kontribusi yang signifikan budaya sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus VI kecamatan Kuta Selatan dengan kontribusi sebesar 37% dan sumbangan efektif sebesar 14,27%, dan 4) secara bersama -sama, terdapat kontribusi yang signifikan Kompetensi Guru, Konsep Diri Akademis, dan budaya sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SD Gugus VI kecamatan Kuta Selatan dengan kontribusi sebesar 61%.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah. 2008. Prestasi Belajar. Malang: UIN.
Adnan Hakim. 2015. Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) On the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering and Science (IJES)/Vol. 4 Issue 2. ISSN (e): 2319-1813 ISSN (p): 2319-1805.
Agustiani, Hendriati. 2009. Psikologi Perkembangan. Pendekatan Ekologi Kaitannya Dengan Konsep Diri Dan Penyesuaian Diri Pada remaja. Bandung: Refika Aditama.
Agustini, Ni Kadek Ayulina, dkk. 2020. Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Mimbar Ilmu PGSD Undiksha Volume 8 Nomor 1.
Christiani, Paulina. 2016. Pengaruh Budaya Sekolah Dan Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Belajarmata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian danPendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 1.
Christiani, Paulina. 2016. Pengaruh Budaya Sekolah Dan Dukungan Orangtua Terhadap Prestasi Belajarmata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian danPendidikan IPS (JPPI) Volume 10 No 1.
Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menegah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Pusat Kurikulum, Badan penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Djaali, H. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Prestasi Belajar dan kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Feralys Novauli,M. 2015. Kompetensi Guru Dalam Peningkatan Prestasi Belajar pada SMP Negeri Dalam Kota Banda Aceh. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. ISSN 2302-0156.
Gage, N.L & Berliner, C. David. 1990. Educational Psychology. Chicago; Rand Mc Nelly, College Publishing Company.
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Haruna, Hasisa dan Siti Marlina. 2018. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 5 Bone. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokoaminoto Palopo Volume 4 Nomor 1.
March, H.W. (1992). Content specificity of Relation between academic achievement and academic self concept. Journal of Education Psychology, 84(1), 35-42.
Muhaimin. dkk. 2011. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Rehanja, Maman. 2017. Pengaruh Konsep Diri Akademis Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa Volume 6 Nomor 9.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja. Grafindo Persada.
Shavelson, R.J., Bolus, R. (1982). Self-concept: the interplay of theory and methods. Journal of Educational Psychology, 74(1), 3-17
Slamento. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Spencer, Lyle & Signe M. Spencer. 1993. Competence at Work, Models For Superior. Performance. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Supardi. 2015. Sekolah Efektif: Konsep Dasar dan Praktiknya. Jakarta: Raja Grafinda Persada.
Sutardi dan Sugiharsono. 2016. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan IPS Harmoni Sosial Volume 3 Nomor 2.
Syaiful Bahri Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi guru.Surabaya : Usaha nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 200 5tentang Guru dan Dosen.