KONTRIBUSI SIKAP SOSIAL, STATUS SOSIAL EKONOMI DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD DI GUGUS III KECAMATAN KERAMBITAN TABANAN

Main Article Content

Desak Gede Suryawati
I Wayan Lasmawan
I Made Ardana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi sikap sosial, status sosial ekonomi dan konsep diri terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di gugus III Kecamatan Kerambitan Tabanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan expost-facto. Populasi yang diambil sejumlah 87 siswa yang semuanya merupakan siswa kelas lima di sekolah tersebut. Sementara sampel yang digunakan adalah semua dari jumlah populasi tersebut karena populasi yang diambil tidak terlalu banyak. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Data sikap sosial, status sosial ekonomi dan konsep diri dikumpulkan dengan kuesioner, sementara data terkait hasil capaian belajar siswa diambil dari nilai ujian pertengahan semester. Untuk analisa datanya dilakukan dengan hubungan parsial, regresi ganda dan sedehana. Sehingga kesimpulan yang didapatkan, yaitu: 1) Adanya kesignifikansi kontribusi antara hasil belajar siswa dan sikap sosial sebesar 57,9% dan kefektifan sambungan sebesar 36,29%, 2) Adanya kesignifikansi kontribusi antara hasil belajar siswa dan status sosial ekonomi sebesar 48% dan kefektifan sambungan sebesar 14,99%, 3) Adanya kesignifikansi kontribusi antara hasil belajar siswa dan konsep diri sebesar 45,3% dan kefektifan sambungan sebesar 22,50%, dan 4) Gabungan dari ketiga variabel tersebut, Adanya kesignifikansi kontribusi antara hasil belajar siswa dengan sikap sosial, status sosial ekonomi, dan konsep diri sebesar 73,8%.

Article Details

Section
Articles

References

Adriani, Deni. 2018. Pengaruh Percaya Diri, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan Vol. 2 No. 1 Mei 2018 Hal. 19 – 28.
Chotimah, dkk. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial Volume 11 Nomor 2.
Devito, Joseph A. 1997. Human Communication. Alih Bahasa Agus Maulana dkk, Komunikasi Antar Manusia. Jakarta: Profesional Book.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Dimyati, Mahmud. 1990. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
Ernawati, Lia dan Yustina Sri Aminah. 2016. Pengaruh Kondisi Fisik Siswa Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Bidang Studi Ekonomi Siswa Kelas X MA NU Ibtidaul Falah Kudus Tahun Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal Nomor 6 Volume 1 tahun 2017.
Hanifah dan Agung Prasetyo Abadi. 2019. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Grup. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Volume 10 Nomor 2 Halaman 141-145.
Mukhlis, dkk. 2020. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Konawe. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika Volume 5 Nomor 1.
Munandir. 1996. Program Bimbingan Karir di Sekolah. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nasution. 1994. Berbagai Pendekatan Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Rahmawati dan Dian. 2014. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Prestasi Belajar Mahasiswa Semester IV Program Studi Diploma III Kebidanan Unipdu Jombang. Jurnal Edu Health, Vol. 4 No. 2, September 2014.
Sagita, Putu Yeni. 2014. Kontribusi Sikap Sosial dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa SMP Kelas VIII SMP Negeri 1 Melaya, Kecamatan Melaya Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Volume 4 Nomor 3.
Saputra, Nanda dan Nelda Azhar. 2019. Kontribusi Konsep Diri Dan Pemanfaatan Fasilitas Praktikum Terhadap Hasil Belajar Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika danInformatika Volume 7 Nomor 2.
Sarwono, S.W dan Eko A.M. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika
Uno, H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi. Aksara
Usman Sunyoto. 2004. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar