PENGEMBANGAN INSTRUMEN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA KELAS IV SD

Main Article Content

I Putu Suardika Putra
I Wayan Lasmawan
Ni Ketut Suarni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan validitas isi dan reliabilitas instrumen kemampuan literasi humanistik dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran IPA kelas V SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian 4D. Subyek penelitian ini meliputi 2 dosen ahli dan 3 praktisi (guru). Metode pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas is (lawshe) dan uji reliabilitas (alpha Cronbach). Hasil penelitian: 1) hasil uji validitas instrumen kemampuan literasi humanistik yang dikembangkan mendapatkan hasil CVI = 0,68 dengan katagori validitas tinggi. 2) uji validitas instrumen kemampuan pemecahan masalah yang di kembangkan mendapatkan hasil CVI = 0,84 dengan kriteria validitas tinggi. 3) hasil uji reliabilitas  instrumen kemampuan literasi humanistik sebesar r11 = 0,614 dengan kriteria reliabilitas tinggi. 4) hasil uji reliabilitas  instrumen kemampuan pemecahan masalah mendapatkan hasil sebesar r11 = 0,614 dengan kriteria reliabilitas tinggi.

Article Details

Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 2013. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Candiasa, I.M. 2010.Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN DAN BIGSTEP. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.
Dantes, N. 2012.Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi. ISBN: 978-979-29-3463-2.
Djamarah, S. B dan Zain, A. 2006.Stategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rimeka Cipta.

Guo,L. 2020. Scientific Literacy and 21 Century paradigm: Faculty of Education University of Prince Edward Island. Vol 1, No 2. Tersedia pada International Journal of Social Science Research. Diakses 2 Januari 2021
Maulidati.S. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Berbendekatan Saintifik Berorientasi Science Environment Technology Society Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Volume 2 Nomor 2.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Sumayasa, I Nyoman.2015. Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Hasi Belajar IPA Pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Abang Karangasem.E-jurnal Program pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.Volume 5.
Suryani, Helmiah. 2017. “ Development and Validity of Mathematical Learning Assessment Instruments Based on Multiple Intelligence”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Volume 21 No 1.
Trimawati, Karina, dkk. 2020. “Pengembangan Intrumen Penilaian IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMP”. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, Vol. 11, No. 1, 2020, 36-52.
Utami, Diah Ayu Putri, Wardani, Naniek Sulistya. 2020. “Pengembangan Intrumen Penialain Kognitif dalam Pembelajaran Tematik Kelas 5 SD”. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. 13, No. 1 (2020), 1-18.
Wardani, Naniek Sulistya, dkk. 2012. Assesmen Pembelajaran SD. Kabupaten Semarang: Widya Sari Press.